Kisah William Stanley Milligan: si Alter Ego

Heyho, Friday Movie, . . . hehh?!!

Kemaren Lagi searching seraching buat Makeup Challenge eh ada istilah baru yaitu Alter Ego?. Pasti yang tahu langsung #ya saya paham :P
Kalo dibahasa pemrograman SQL, Alter itu artinya ubah line data dan Ego yang Ego manusia, yah dengan simple gw artikan dengan "Ego yang TerAptudet ".

__________________________
Hening. .. . . . 



Oke, kebegoan gw udah makin Parah, mari kita cari bersama Paman Google:

"Alter Ego (yang dalam bahawa latin berarti “Aku yang lain”) adalah diri kedua, personality kedua dalam diri seseorang, yang mana biasanya terlihat jelas dalam tingkah lakunya. Lebih ringkasnya Alter Ego adalah kepribadian ganda."


Wohooooo, bikin gw makin penasaran dengan hal ini cuy, gw paling suka hal yang berbau misteri di dalam diri manusia, sama kayak gw suka banget Film Orphan yang pernah gw tonton sekitar jam 3 malam XD, 
Gile manusia bisa menjadi yang lain dalam arti Jiwa manusia itu benar - benar bisa mengejutkan. Gak pernah nonton? Nonton Donk!, 

Gw suka film psikopat begitu karena lebih melatarbelakangi kejiawaan manusia, yang bisa dijelaskan ilmiah, bahwa ada sisi lain dari manusia, kalo hantu horror kan lebih ke Absruddddd (tapi suka juga walupun penakut). Intinya manusia itu kaloe miring bisa lebih menyeramkan dari Hantu, Tau Jack The Ripper kan ataupun Dukun AS di Medan itu ??

Kepribadian ganda terbentuk dari rasa traumatik masa kecil yang biasanya terjadi antara umur 4-6 tahun. Penderita menghibur diri sendiri dari sesuatu yang menyakitkan dengan menciptakan kepribadian lain buat menampung semua perasaannya. Dengan kata lain anak berusaha melindungi dirinya dari hal yang kurang mengenakan yang pernah dialami.

Sebuah makna yang berbeda untuk alter ego dapat ditemukan dalam analisis sastra, dimana ia menjelaskan karakter dalam karya-karya yang berbeda, yang secara psikologis semacam itu, atau karakter fiksi yang perilakunya, pembicaraan atau sengaja mewakili pikiran para penulis. Demikian pula, alter ego dapat diterapkan pada peran atau persona diambil oleh seorang aktor  atau dengan jenis lainnya berkinerja.

Alter ego juga digunakan untuk merujuk pada perilaku yang berbeda setiap orang dapat menampilkan dalam berbagai situasi. Terkait konsep termasuk avatar, Doppelgänger, peniru, dan kepribadian yang terbelah.

Istilah dan konsep Alter Ego ini juga sering muncul dalam fiksi populer, seperti dalam buku-buku komik, untuk identitas rahasia dari superhero, main hakim sendiri, atau crimefighter. 

Gw juga dapet artikel kalo di kehidupan nyata itu ada yang menunjukan sisi Alter Egonya seperti:

Lady Gaga sebagai:

Jo Calderone. Tampil menggemparkan pada mva di teater nokia pada september ini. Dia adalah alter ego laki-laki gaga yang diakuinya berasal dari new jersey.

Jo Caldereon
Mirip, hehhh??!

Alter Ego Lady Gaga
Jo Calderone.

Yuyi the Mermaid. Putri duyung tokoh rekaan ini adalah alter ego yang dibuat gaga berupa putri duyung dengan sirip hijau. Yuyi tampil di mv gaga “You and I”.

Yuyi the Mermaid.


Katy Perry

Alter ego yang dimunculkan oleh katy adalah Kathy Beth Terry, perempuan kutu buku dengan behel gigi yang sangat menonjol. Sebenarnya, katy sudah menampilkan alter egonya di mv I.T, tapi tidak diklaimnya secara resmi sebagai alter egonya.

Kathy Beth Terry


Nicki Minaj

Selain gaga, minaj adalah artis yang giat mencurahkan kreativitasnya lewat alter ego,  sebut saja Roman Zolanski yang ditampilkan lewat lagu Bottoms Up bersama Trey Songz dan Rosa karakter yang terinspirasi dari orang-orang di spanish.

Roman Zolanski


Yup, kalo kalian punya alter ego juga tak ?
Kalo kalian merenungi diri kalian sendiri pasti ada sosok yang kadang ingin timbul ke permukaan atau kalian berubah menjadi kalian yang bukan sehari-hari. Nah Lho??

Contohnya simplenya gw, kalo mood gw lagi jahat, yah jahat banget, sekate-katenya gak ada pakai mikir, otak gw dengan mudah memproduksia kate-katte yang menyayat sembilu #Ouchh. Juga PD gak karuan, dan nadanya tinggi. Becandanya sedikit menyindir.
Terus gaya imut ?? EWWHHH . . ., amit amit dah apalagi gaya Tsubasa Masuwaka di Dolly Wink yang bibir nya itu lho, gak GW banget, tapi sometimes kali makeup gw bagus dan gw merasa CANTIK (no comment), gw bisa pose lebih lebih lagi dari sekedar Tsubasa. 
dan masih banyak lagi . . . . . . . , bisa gw panggil kapan ajah saat gw butuh :P

Itu Alter Ego bukan yah? . . . . . . . . 
Tenang tenang, tapi itu semua masih dibawah pengendalian gw (untuk yang jahat cuman ama adek dan pacar gw doank :P, nomor 2 kalo gw mupeng ama makeup chalengge ^^).

Jangan takut sedtidaknya kalian gak kayak seorang yang mendapat istilah Alter Ego dengan 24 Kepribadian ?!

AAAPAAAAA ??!!!!!!


Shocked Face



He is 

William Stanley Milligan


William Stanley Milligan


Orang pertama dalam sejarah Amerika yang dibebaskan atas segala tuduhan kriminal yang diarahkan padanya dengan alasan dia tidak waras karena menderita kepribadian majemuk. Ada dua puluh empat tokoh yang hidup dalam diri Billy, begitu nama panggilannya. Seram tapi Penasaran???

Kasus nyata sebuah pribadi yang majemuk. Tak punya kendali atas tindakan pribadi-pribadi dalam dirinya, Billy Milligan ditangkap dijebloskan ke penjara karena melakukan serangkaian tindak kriminal yang dilakukan 2 (Kevin dan Philip) dari 24 kepribadian yang ada dalam dirinya. Pada akhirnya, pria tampan berusia 26 tahun ini ditangkap karena memperkosa tiga orang mahasiswi di kampus Ohio State University. Tim pembelanya dengan bantuan Dr. Caul, seorang psikiater yang berempati pada Billy, berupaya membuktika di tengah intervensi politisi dan pengadilan publik via media massa–bahwa Billy tidak bersalah karena semua tindak kriminal tersebut dilakukan tanpa disadari pribadi intinya (yang disebut Billy-Unfused atau Billy-U) karena ke-23 pribadi yang lain silih berganti muncul ke ‘tempat utama’ (dengan komando Arthur) dan kerap membuatnya kehilangan waktu dan tampak aneh sekaligus memiliki berbagai bakat seperti bela diri, melukis, bahasa asing atau kedokteran.

Pribadi-pribadi dalam dirinya itu, ialah :

William Stanley Milligan (Billy), 26 thn. Si Billy, sosok pribadi Billy yang asli, mulai menghilang  “meninggalkan tubuhnya sendiri” dan “tertidur” sejak usianya 17 tahun, dan digantikan sosok lainnya di tempat utama.

  1. Arthur, 22 thn. Si Jenius, manusia paling cerdas dalam tubuh Billy, dia yang berkuasa memutuskan siapa saja anggota “keluarga” yang akan muncul di tempat utama dan menguasai kesadaran, atau siapa saja yang harus diisolasi karena membahayakan Billy. Pria asal Inggris, si koordinator dari semua karakter yang ada; memiliki kepintaran dalam hal fisika, kimia, ilmu kedokteran dan bisa membaca serta menulis dalam bahasa arab.
  2. Ragen Vadascovinich, 23 thn. Si Pengelola Rasa Benci, ahli senjata dan peluru serta agresi fisik yang lain, muncul saat Billy merasa terancam atau saat marah, tugasnya melindungi anggota keluarga yang lain.ria 23 tahun berkebangsaan Yugoslavia, menguasai bahasa Serbo-Kroasia, memiliki kemampuan tentang senjata dan peluru tapi buta warna. Dia temperamental dan memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. 
  3. Allen, 18 thn. Si Manipulative, orang kepercayaan, dialah sosok yang sering berhadapan dengan dunia luar, satu-satunya yang tidak bertangan kidal.
  4. Tommy, 16 thn. Si Escape Artist  ahli melepaskan diri dari segala kunci dan sampul ikatan), kemampuannya pernah digunakan saat Billy ditangkap pihak kepolisian, siap bertengkar dan anti sosial.
  5. Danny, 14 thn. Si Penakut, anak yang selalu ketakutan terhadap orang lain terutama pada laki-laki, akibat trauma ia hanya mampu melukis objek tidak bergerak saja.
  6. David, 8 thn. Si Penanggung Rasa Nyeri, dijuluki juga “si empati”, dia menyerap semua rasa sakit yang dialami tokoh lain, amat peka dan penuh intuisi.
  7. Christine, 3 thn. Si Anak Sudut , dijuluki demikian karena ia sering berdiri di sudut sekolah, merupakan anggota keluarga yang paling disayangi oleh tokoh-tokoh lainnya terutama oleh Ragen.
  8. Christopher, 13 thn. Si Penurut yang Bermasalah, adalah kakak dari Christine
  9. Adalana, 19 thn. Si Pemilik Mata Menari, memiliki kecenderungan seks yang menyimpang, pemalu, kesepian, dan introvert, dalam proses penyelidikan dan terapi, Wanita lesbian berusia 19 ini, seorang pemalu, kesepian, pintar memasak dan membersihkan rumah, dan yang menyebabkan ke dua puluh empat tokoh lainnya berada di penjara Franklin Country, menjadi berita utama di koran-koran soal penangkapan tersangka dua korban penculikan dan pemerkosaan di kampus.

MEREKA YANG DI ISOLASI OLEH ARTHUR

  1. Philip, 20 thn. Si Penjahat Brutal, pernah melakukan kejahatan-kejahatan kecil, berbicara kotor dan kasar.
  2. Kevin, 20 thn. Si Perencana, penjahat kelas teri, dialah yang menyusun rencana perampokan yang dilakukan Billy, senang menulis.
  3. Walter, 22 thn. Si Pemburu, menganggap dirinya sebagai pemburu paling hebat, pandai menetukan letak arah, orang Australia.
  4. April, 19 thn. Si Perempuan Berengsek, sangat dendam kepada ayah tiri Billy, tokoh yang lain mengatakan bahwa ia tidak waras
  5. Samuel, 18 thn. Si Yahudi Pengembara, dialah satu-satunya tokoh yang percaya pada Tuhan
  6. Mark, 16 thn. Si Kuda Pekerja, tidak punya inisiatif untuk bekerja sebelum diperintahkan tokoh yang lain, monoton, kadang-kadang disebut juga sebagai “si zombie”
  7. Steve, 21 thn. Si Peniru Gelagat, suka meniru gelagat tokoh-tokoh yang lain, suka menertawakan tokoh-tokoh lain, suka berbuat onar sehingga tokoh lainnya terkena masalah.
  8. Lee, 20 thn. Si Pelawak, sering bertindak usil dan nakal, leluconnya sering menjadikan tokoh lain terkena masalah.
  9. Jason, 19 thn. Si Katup Penyalur Tekanan, reaksi histeris dan sering meledakan amukan atau tekanan yang menumpuk.
  10. Robbert (Bobby), 17 thn. Si Pemimpi, terus menerus berkhayal tentang bepergian dan berpetualang, bermimpi tapi tidak punya ambisi ataupun berminat intelektual.
  11. Shawn, 4 thn. Si Tunarungu, sering dianggap terbelakang.
  12. Martin, 19 thn. Si Pemuda Snob, suka pamer kemewahan dan suka berlagak, ingin memiliki segalanya tanpa bekerja
  13. Timothy (Timmy), 15 thn. Si Penyendiri, pergi ke dunianya sendiri karena trauma kepada orang homoseks.
Gary Schweickart, kepala pengacara pembela publik berusia 33 tahun adalah orang pertama yang bicara empat mata dengan Billy saat Billy berada di penjara Franklin Country. Gary semula hanya berniat memperkenalkan dirinya sendiri sebelum memilih anak buahnya (Billy minta pengacara wanita dan akhirnya memilih Judy Stevenson) untuk memberikan pembelaan terhadap Billy. Namun karena sikapnya yang sering sekali berbeda pada setiap kesempatan bersama dirinya, apalagi ketika penjara dihebohkan dengan niat Billy untuk bunuh diri, Gary mengusulkan pada Judy agar Judy mau mendatangkan psikiater dan memeriksa keadaan Billy.

Pada pemeriksaan psikologis pertama pada tanggal 8 dan 13 Januari 1978, Milligan memiliki IQ 68. Billy diduga menderita penyakit skizofrenia akut.

“Penyakit Skizofrenia atau Schizophrenia artinya kepribadian yang terpecah, antara pikiran, perasaan dan perilaku. Dalam artian apa yang dilakukan tidak sesuai dengan pikiran dan perasaanya. Secara spesifik skizofrenia adalah orang yang mengalami gangguan emosi, pikiran dan perilaku.
Penyakit ini ditemukan awal abad 18 oleh Benedict Morer. Dia menemukan orang yang seperti lupa segalanya, bersikap kekanak-kanakan. Namun penyakit itu baru diberi nama skizofrenia oleh Eugen bleuber 20 tahun kemudian.

Adakalanya orang yang mengalami gejala awal skizofrenia justru tidak menyadari dirinya. Skizofrenia memiliki penyebab multifactor. Bias karena unsure genetic, lingkungan dan pengaruh psikososial.

Krisi financial seperti itu potensial menimbulkan skizofrenia. Mengapa demikian? kehilangan pekerjaan, usaha bangkrut, hingga rumah tangga yang tercerai berai bias menjadi pemicunya. Skizofrenia ini ada 42 penyebabnya. Intinya kapan seseorang tertekan, ketika harapanya tidak sesuai dengan kenyataan maka dia akan terkena.

Setidaknya ada tiga fase skizofrenia. Fase pertama disebut Vrodromal atau fase diam. Dimana pada fase ini seseorang yang tertekan mulai melamun, merenung sendiri. Diam terpaku. Tidak mau berbicara pada siapapun bahkan seolah-olah dia melihat sesuatu yang tidak tampak. Pada tahap ini seseorang sebenarnya bias sembuh sempurna. Asalkan mendapatkan dukungan dari orang lain, seperti teman, sahabat dan keluarga. Pengobatan medis juga dibutuhkan.

Naqmun jika terus dibiarkan maka seseorang akan memasuki fase Aktif. Gejala diam mulai menghilang tapi sudah berbicara sendiri. Kalaupun diajak berkomunikasi, bicaranya tidak nyambung. Seseorang pada fase aktif skizofrenia juga biasanya akan berteriak-teriak, marah-marah. Rasa takut juga mendera. Rasa curiga pada orang lain.

Pada fase aktif seseorang melakukan sesuatu tanpa disadari. Seseorang jadi sombong, takabur, merasa hanya dirinya yang harus diutamakan. Selalu ingin dipuji.

Sumber:: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1855777-apa-itu-penyakit-skizofrenia/#ixzz2YoSjYgxv”

Dengan dasar pemeriksaan tersebut, Gary dan Judy mulai berjuang untuk membantu Billy mendapatkan penanganan yang tepat. Dan tempat itu bukan di penjara. Pada pengadilan pertama tanggal 19 Januari 1978, Hakim Jay C. Flowers mengeluarkan surat perintah untuk memindahkan Billy ke Southwest Community Mental Health Center di Colombus agar diperiksa oleh tim psikiatri forensik.

Dorothy Turner adalah psikolog pertama yang melakukan wawancara terhadap Billy Miligan di Southwest pada tanggal 31 Januari 1978. Mulanya, dia bersiap untuk menghadapi seorang penjahat muda yang sedang berakting atau pura-pura gila agar dibebaskan dari segala tuntutan yang diberikan kepadanya. Tapi setelah proses wawancara itu berjalan seperti sedang menanyai beberapa karakter yang silih berganti bicara dalam satu tubuh untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Dorothy, Dorothy mengusulkan pada Gary dan Judy untuk mendatangkan Dr. Cornelia Wilbur, dokter yang telah menyembuhkan Sybil, wanita pemilik enam belas kepribadian ganda.

Serangkaian penelitian dan tes menunjukkan bahwa karakter-karakter Billy yang tersembunyi muncul satu per satu. Para pengacara Billy berjuang keras agar Billy tidak dipindahkan ke Lima, tempat perawatan yang akan membuat Billy semakin depresi dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum akhirnya Billy disidang kembali. Rumah Sakit Harding adalah atlernatif terbaik. Dari situ, sisi lain dari Billy mulai terkuak satu persatu. Tentang kekerasan dan pelecehan yang diterimanya sewaktu dia masih kecil. Tentang ayah tirinya yang memperlakukan dia secara tidak senonoh yang membuatnya sangat trauma dan depresi.  Tentang keahliannya melukis dan menggambar, tentang tes IQ yang hasilnya berbeda pada setiap karakter yang ada di dalam diri Billy :

( David = 69, Danny = 71, Tommy = 87, Christopher = 102, Ragen = 119, Alen = 120)

Namun orang lain diluar sana tetap menganggap Billy hanya sedang berakting dan mereka juga mati-matian menjebloskan Billy ke tempat yang tidak Billy inginkan, penjara. Billy yang dibenci, Billy yang dicemooh, Billy yang dalam perjalanan perawatannya berusaha untuk menyatukan dirinya menjadi Hanya Billy, dan lalu terpuruk dan mengalami depresi dan berniat untuk bunuh diri lagi.

Di bawah pimpinan, Dr. George Harding, Jr. Billy dirawat hingga beberapa tokoh terfusi dalam dirinya. Billy menjadi sosok yang lebih kuat dari sebelumnya dan mampu menghadiri persidangan. Tapi, demi penyembuhannya, Gary Schweickart dan Judy Stevenson berusaha keras untuk memasukkan Billy ke rumah sakit, bukannya ke penjara. Dan, memang yang diinginkan kedua pembela publik tersebut dikabulkan. Athens Mental Health Center yang dipimpin Dr. David Caul membantu Billy dalam penyembuhan, meskipun tidak berhasil sempurna. Namun, di sanalah kisah Billy terkuak dan juga Billy bisa melihat dirinya yang lain lewat rekaman video. Kala itu, tentu saja Billy tidak percaya bahwa dirinya mampu menjadi diri yang berbeda. Dari aksen bicara, bahasa tubuh, serta pembawaan.

Milligan, yang jelas tidak diberi kesempatan yang adil dalam hidup ini, telah kembali ke Athens untuk dirawat oleh para ahli di sini. Dan masyarakat ini, kalaupun ada yang mereka perbuat, seharusnya membantu memberikan atmosfer mendukung yang dia butuhkan Kami tidak meminta Anda untuk menyambut Milligan dengan tangan terbuka. Tetapi kami meminta Anda untuk memahami. Itulah yang setidaknya berhak dia terima.
-edisi koran mahasiswa Ohio University yang di terbitkan di The Post pada tanggal 12 April 1982-

Ketika Billy menjalani perawatan di Athens Mental Health Center lambat laun kepribadian Billy terfusi melebur menjadi satu pribadi utuh yang dinamai Sang Guru (karakter ke 23), yang memiliki nyaris segenap ingatan yang utuh tentang Billy.

Sang Guru pun muncul. Dia adalah sosok Billy utuh. Wujud kedua puluh tiga sosok alter ego yang sudah terfusi. Dia cerdas, peka, humoris, dan sangat bijaksana. Dialah yang mengajarkan semua tokoh tentang beberapa keahlian dan dialah yang mampu menceritakan semua kisah yang dialami 23 tokoh dalam satu tubuh itu. Bahwa semua tokoh itu muncul ketika Billy kecil merasa kesepian dan semakin bertambah banyak ketika ayah tirinya Chalmer Milligan melakukan kejahatan fisik dan seksual.

Billy menerima kenyataan bahwa dirinya memang multi kepribadian. Tapi, Billy memutuskan untuk membuat kisah hidupnya menjadi sebuah buku agar menjadi sebuah pelajaran berharga bagi beberapa orang tua yang bertindak jahat pada anak-anak mereka. Daniel Keyes sebagai penulis ditunjuk sebagai orang yang nantinya memaparkan bagaimana kisah hidup Billy Milligan dan beberapa orang yang ada dalam kehidupannya. Namun, bagaimana dia akan memulai jika tokoh dalam diri Billy hanya menyampaikan serpihan-serpihan ingatan yang mereka miliki.

Keyes menuliskannya dengan teliti dan tekun dengan menghabiskan dua tahun bersama Billy Miligan, dan telah mewawancarai keluarga, dan beberapa dokter dan petugas medis yang pernah merawat Billy.
Saat kita membaca novel ini, kita akan diajak menyelami karakter-karakter yang ada dalam diri Billy. Semakin lama, kita akan semakin menitikkan airmata dan berharap kita bisa memeluknya dan memberikan dia perlindungan. 

Seandainya saja tidak ada kekerasan rumah tangga yang terjadi saat dia kecil, semua itu, tokoh-tokoh dalam diri Billy tidak akan keluar, mencoba melindunginya dengan segala cara dan berontak.

Hingga buku ini diselesaikan oleh Daniel Keyes, banyak kejadian yang dialami Billy Milligan. Sang Guru menikah dengan Tanda, seorang adik perempuan dari salah satu penghuni Dayton Forensic Center. Sayangnya, karena ketertekanan, Tanda kabur dan dia membawa mobil dan semua uang yang dimiliki Billy. Hal tersebut, membuat semua tokoh dalam diri Billy Milligan kesal, namun akhirnya mereka menerima hal tersebut. Selain pernikahan, Billy Milligan masuk kembali ke Athens untuk penyembuhan dirinya di bawah terapi Dr. David Caul.


Data Buku
Judul Terjemahan : 24 Wajah Billy
Judul Asli : The Minds Of Billy Milligan
Pengarang : Daniel Keyes
Penerjemah : Miriasti dan Meda Satrio
Penyunting : Budhyastuti R.H
Terbit di Indonesia : Edisi Baru Cetakan I, Desember 2009 ; 668 hal ; 20,5 cm
Penerbit Indonesia : Qanita


Hal Unik:
  • Dalam kisah Billy Milligan adalah ketika dirinya memutuskan untuk hidup sendiri dalam apartemen, bukan berarti dia hidup sendiri. Karena satu tubuhnya mewakili beberapa orang. Dewasa, anak-anak, laki-laki, maupun perempuan mendiami apartemen itu, meski yang dilihat orang adalah dia hidup sendiri. Mencengangkan, namun kisah yang mengasikkan dan pembelajaran yang berharga.


  • Tahun 1988, setelah sepuluh tahun mendekam di rumah sakit jiwa, Billy dibebaskan dengan pribadi yang menyatu (yang disebut sang Guru) dan tinggal di California dan memiliki perusahaan film Stormy Life Productions.
Update.
Hei karena Posting pada malam hari gw jadi lupa ni, jadi ada Film yang gw rasa dengan cerita si Billy ini, sebenarnya gw nonton Film ini dulu baru nalar kalo punya kesamaan dengan Kisah Billy, hanya di improve doank, tentang kepribadian Ganda yang gak bisa di Kontrol oleh Pemiliknya. Perlu Perhatian dan Nalar untuk menonton Film ini, rada lama untuk dicerna. Tapi TOP banget buat yang pengen tahu taua penasaran BANGET gimana sih perjuangan orang seperti mereka (penyakit kepribadian ganda) mendaptkan Hak untuk di Rawat bukan Di Jebloskan ke Penjara.

So, kalo udah baca tapi gak nonton, gak bakalan dapet Feel dan gak Seru !!!, ayo para Penggila FILM Thriller dam Mistery masuk ke alam pikiran si Billy, karena bakalan ada hal baru yang kalian tahu tentang jiwa manusia. 


IDENTITY (2003)

IDENTITY (2003)


Tanggal Rilis : 25 April 2003 (USA)
Jenis Film : Drama | Mystery | Thriller
Diperankan Oleh : John Cusack, Ray Liotta and Amanda Peet


Sumber



Sumber (kalau merasa ada yang gw kopas tapi belum ditaruh linknya, komen yah):
http://darmafitriani.blogspot.com/2012/11/daniel-keyes-billy-kisah-william.html
http://oase.kompas.com/read/2010/06/21/02153880/Mengulas.24.Wajah.Billy 
http://ranawijayasoe.wordpress.com/2012/08/21/24-wajah-billy/ 
http://pikopages.wordpress.com/tag/william-stanley-milligan/ 



Comment, Sharing or Question, just feel Free ¯\_(ツ)_/¯. Postingan: " Kisah William Stanley Milligan: si Alter Ego  " adalah milik Blog Mydellilah. Hindari tindakan Plagiarism, Jika MENGUTIP isi tulisan mohon di lampirkan link buleipotan.blogspot.com OK?! (´▽`)-c<‾_‾)

My Contact

TWITTER | FACEBOOK | MAIL

My BlogLovin


12 comments:

  1. woaaa, billy miligan bacaanku jaman SMA, dan sampe sekarang masih tertarik sama "kepribadian ganda"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww, mau donk susah gak yah nyarinya??, lumyan rempong nyari E-Booknya :(.

      Delete
  2. Kalau ga waras memang ga bisa dijatuhi hukuman. Tapi dimasukin ke RSJ :D
    Tapii..... aku nunggu make up alter ego mu Rifka! Aku scroll ampe bawah belom muncul-muncul, eh ternyata ga ada :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bener mbak,
      nonton deh film Identity, itu sama kayak ceritanya yang ini, bakalan ngerasaiin kalo gak ada satu pun termasuk kita yang nonton yang pengen dia ke RSJ tapi ke Penjara !.
      saking gak ada yang percaya ama penyakitnya, (penyakit baru dan masih dalam penelitian saat itu)

      Udah poto, tinggal post aja, tapi kok Gak PD :(. ahahahhaaa

      Delete
  3. dulu aku baca versi bukunya, gak tau deh e booknya soalnya tebel beud
    banyak kok filmnya,film Fight Club itu juga tentang kepribadian ganda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Napsu bener jadinya pengen nyari, minimal dapet e-bookny, hahaahhaa.
      Wew, Thanks buat referensi filmnya, tinggal download nih mahh XD

      Delete
  4. Postingannya sangat membantu buat nuntasin rasa penasaran saya akan alter ego. Mbak. Merinding baca yang tentang Billy Muligan. Oh iya, Eminem juga punya alter ego, nama alter egonya itu Slim Shady. Karena itu saya jadi tertarik sama yang namanya alter ego.
    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  5. saya masih punya buku 24 wajah billy dan pertarungan jiwa billy

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukunya kira2 msh ada yg jual gak ya? 😂😅

      Delete
    2. susah dicari,
      padahal keknya seru banget dibaca

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!