[Chit-Chat]: Pengenalan Eyeliner untuk Pemula

Eyeliner untuk Pemula

Pengenalan Eyeliner

HeyOuwoo, Whad Upp guyss . . . . . 
How is your feeling today?? Bad? Worst? orrr Galau?? gyahahaha Opsi nya jelek semua yah?. NyooK Buster your Mood dengan Eyeliner !!! #khehehehe.

Wanita Indonesia dan para Remajanya sedang dilanda Demam Eyeliner, biarpun buleipotan pake Eyeshadow asal pake Eyeliner, itu Udah Make Up dan bikin wajah jadi lebih POP dan Pede, ia gak sih???
Menurut kamu kenapa Eyeliner lagi menggila? KPOP?? yaaaahhhh salah satu nya begitu, apa sih yang gak diikuti dari Korea. Selama Positive it's Okai lah yah~~~

Buat kamu yang pemula dan bingung mau beli eyeliner?
  • Mau beli eyeliner yang kayak apa ?
  • Eyeliner seperti apa yang cocok buat kamu?
  • Eyeliner yang murah brand apa?
  • Jenis eyeliner apa yang mudah dipakai?

Ya, gw juga begitu saat mulai kepengen nyoba, salah beli pernah, salah pakai pernah, begitu lah, so Post kali ini bakalan berisikan Sharing tentang Eyeliner, puaskan lah keingintahuan mu yah,, hahahaa~~~
jangan karna gak tahu jadi mulai-mulai... . ..nyooOokkZ~~~~

Apa sih definisi eyeliner itu sendiri?

Pecah katanya dari "Eye" berarti Mata, "Liner" berarti Garis. Simple yah kosmetik ini berguna untuk mempertegas garis/bentuk/pola mata kamu. Dalam tata rias kamu pasti tahu, begitu banyak Make Up untuk mata ketibang Make up Wajah, dan eyeliner memegang Peranan Pening dalam Perubahan Mata kamu.

Lalu, Siapa sih yang menemukan Eyeliner ini, kenapa Mereka bisa Kepikiran yah??? Kepoin donk !!

Eyeliner hitam pertama kali digunakan di Kerajaan Mesir pada tahun 2700-2200 sebelum Masehi. Orang-orang Mesir menyebut eyeliner hitam dengan mesdement, sementara orang Arab lebih akrab dengan sebutan kohl, yang berarti mencerahkan mata. 

Menurut sebagian besar orang di zaman itu, kecantikan wanita diukur dari  keindahan mata yang tampak tajam, besar, dan bulat. Tak mengherankan, seluruh wanita seakan memiliki pola tata rias seragam, yaitu membingkai mata mereka dengan eye liner (kohl) hitam untuk menciptakan ilusi pupil mata tampak  makin hitam bak permata di tengah gurun. Dalam sejarah, kohl adalah bubuk hitam yang digunakan untuk menggelapkan kelopak mata, alis, dan bulu mata.

Untuk membantu mengaplikasikan kohl, para wanita menggunakan aplikator yang terbuat dari tulang binatang, kayu, batu, atau perak yang dibuat seperti lempengan tipis. Sebelum digunakan aplikator tersebut dicelupkan terlebih dahulu ke dalam air mawar atau minyak zaitun, kemudian dicelupkan kembali ke bubuk kohl.

Cara ini dilakukan untuk membantu bubuk kohl melekat dan merata di sepanjang kelopak mata. Selain untuk kecantikan, pulasan kohl di area mata juga memiliki alasan kesehatan. Kohl digunakan untuk melindungi mata dari serangga atau binatang kecil, paparan sinar matahari, melindungi area kulit mata dari kekeringan, serta mencegah penuaan dini pada kulit. Tak mengherankan, selain digunakan oleh wanita, kohl juga digunakan oleh pria bahkan anak-anak.


Kegunaan Eyeliner

Akhir-akhir ini Eyeliner begitu melanda wanita Indonesia seperti dilanda asamar oUuuo~, sehingga menggerakan pasar menciptakan berbagai varian Eyeliner dengan begitu banyak kita jumpai bentuk yang semakin berkembang praktis dan terjangkau bahkan untuk kaum remaja. Apa aja kegunaan Eyeliner itu sekarang ini:

1. Mempertegas Garis Mata

 


Kegunaan Eyeliner

Lihat Perbedaannya?
Seperti yang sudah gw sampaikan fungsi eyeliner mempertegas bentuk/garis mata, bila kamu menggunakan Eyeshadow, maka Eyeliner bisa menjadi Complement bagi eyeshadow, make up kamu akan jauh lebih POP, namun bila hanya menggunakan Eyeliner tanpa Eyeshadow, Mata kamu sudah menunjukan Perubahan sehingga jauh lebih Tegas dan Menonjol. Trik ini justru banyak digunakan wanita Korea yang memiliki monolid/tidak ada lipatan mata sehingga tanpa eyeshadow pun mata mereka terlihat lebih besar.
 Eyeliner for monolid 


2. Membuat Wajah Lebih Segar

Kurang tidur karna Begadang mau ujian (Sistem Kebut Semalam-mahasiswa style :D ) atau punya mata yang sayu kuyu?
Selain cuci muka dan MANDI sebelum bermake-up #yaiyalah cuci muka !!!. Eyeliner dapat membuat penampilan wajah kamu segar, coba kamu perhatikan dikatakan sayu karna keadaan mata kamu yang turun akibat lelah dan mengantuk, dengan trik penggunaan eyeliner yang tepat kamu dapat membuat Ilusi seakan-akan mata kamu MELEK bener !!!.
Tambahkan blush on dan lipstik warna cerah membantu wajah mengantuk mu terlihat lebih segar. Berikut contohnya:


  

 

3. Eyeliner Memberi Tampilan Natural


Natural, ya kamu tidak perlu menambahkan eyeshadow, blush on kalo kepepet atau belum mahir, karna Eyeliner adalah alat Makeup Tersimple tapi terEfektif. dari sekian banyak jenis eyeliner gunakan lah yang pensil karena lebih mudah dan tampak natural. Contoh artis yang sedang naik daun ini Chloe Moretz, menggunakan Makeup mata hanya dengan bantuan eyeliner dan mascra, sangat cocok untuk remaja, simple, natural dan gak Glamor kayak tante tante :P. Namun disini ia menggunakan cream Eyeliner karena lebih tahan lama untuk acara Formal. Jika untuk daily gunakan lah yang pencil.

Pengunaan Eyeliner


Pada mata penggunaan eyliner ada dibeberapa tempat, mungkin sama seperti gw saat itu, gw hanya tau pemakaian di atas bulu mata (default nya), nah berikut beberapa penggunaan Eyeliner di area mata.

Diagram Penggunaan Eyeliner
Image Taken from here

Pada diagram penggunaan eyeliner ada beberapa tempat pada area mata, seperti:
  • Upper Lash Line, ini yang paling mudah kamu mengerti, penggunaan digaris mata, tepat diatas bulumata. Area ini kamu bisa gunakan semua jenis eyeliner (Pencil, gel, liquid etc.) Namun menggunakan eyeliner bertipe gel/cream menggunakn Kuas untuk membuat bentuk yang lebih baik/bervariasi serta Solid.
Eyeliner for Upper Lash Line
Eyeliner pada Upper Lash Line
  • Lower Lash Line, jika ini penggunaan tepat dibawah bulu mata bagian bawah kamu. Khusus area ini kamu gunakan Eyeliner Gel atau Pencil ataupun powder. Tergntung kebutuhan/bentuk Mata kamu, karena jika sudah menggunakan eyeliner pada Upper lash line dan menggunakannya untuk lower juga, mata kamu akan terbingkai. Kalau mata kamu besar/belo, maka akan memperbesar penampilan matamu.
Eyeliner for Lower Lash Line
Penggunaan eyeliner dibagian bawah mata
  • Tightlining, ini Teknik memberikan ilusi bulu mata yang Penuh dan tebal, penggunaannya tepat dibulu mata atas kita, untuk ini kamu harus menggunakan Eyeliner bertipe Pensil, karna lebih aman dan tidak akan menyebabkan iritasi.

Teknik Tightlining
Image taken from here
  • Upper/Lower Waterliner, perhatikan mata mu, ini adalah garis pink/merah pada mata mu, ini akan memberikan efek dramatis, jenis eyeliner yang cocok adalah Pencil. Untuk Waterline dengan memberikan eyeliner berwarna putih maka akan memberikan Ilusi mata yang besar.

Penggunaan eyeliner Putih paad lower Waterline
Penggunaan eyeliner Putih paad lower Waterline

Macam-Macam Eyeliner

 

Beberapa tipe sudah gw sebutkan beberapa diatas, karena kebutuhan dan penggunaan yang terus menerus tentu produsen terus berinovasi menciptkan tipe eyeliner yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, beberapa yang perlu kamu tahu tipenya yaitu

Pensil

Penggunaanya yang paling simple untuk pemula disaranakan menggunakan tipe ini hanya untuk tipe ini cenderung lebih cepat hilang/tidak tahan lama, juga harus selalu diserut guna mendapatkan bentuk nya yang semula, jangan terlalu tajam yah nanti melukai mata lagi. Beberapa tipe Eyeliner bentuk Pencil yang sudah gw coba yaitu: Eyeliner dari  Maybelline Masterliner in White & Viva  Queen Perfect Shape Matic in Black. Ada juga Pixy, Maybelline Pencil, dan yang gede ukurannya kayak NYX JUMBO Pencil. Untuk Harga kamu bisa coba brand Pixy dan Maybelline. Tapi kalo mau mendapatka warna yang SOLID NYX JUMBO PEncil bisa diliri. Kalo gak pintar serut pensil, kamu bisa gunakan yang bertipe diputar.

Eyeliner NYX JUMBO PEncil #black beam, MILK
Eyeliner dari  Maybelline Masterliner in White & Viva  Queen Perfect Shape Matic in Black.
Tipe eyeliner diputar tanpa di serut




Pensil yang perlu diserut
Serutan 2 lubang ukuran berbeda
Swatch Eyeliner

Liquid Eyeliner

Biasanya dikemas dalam tube kecil atau botol kecil dan dilengkapi dengan sikat tipis dan runcing untuk memudahkan aplikasi. Eyeliner cair warnanya lebih pekat dan tahan lama dibandingkan eyeliner pensil. Namun kadang warnanya seperti hitam yang glowing pada plastik :). Saat mengering, eyeliner tidak akan luntur, kecuali terkena air. Namun ada juga beberapa merek eyeliner yang berformula tahan air. Contoh dari tipe ini yaitu : Maybelline Hyper Glosy Liquid Liner in Black.
Untuk tipe ini baru ini yan gw pakai terus-menerus, harganya terjangkau buat mahasiswa. Trusts ME!


 Maybelline Liquid Eyeliner


Liquid Pencil Eyeliner

Hampir mirip dengan eyeliner cair, hanya saja kuas dan kemasannya menyatu membentuk pensil. Lebih praktis dan mudah dikenakan. Kuas biasanya lebih tebal dari eyeliner cair untuk menghasilkan tampilan mata lebih dramatis. Eyeliner cair berbentuk pensil ini cocok digunakan bagi mereka yang baru mulai belajar make-up. Contoh nya banyak salah satu merk Lokal yang bagus sampai gw beli 2, Hitam dan Cokelat yaitu Mizzu Eyeliner. Hebaat yahh :). Harganya jauh lebih miring dari eyeliner yang pernah gw beli.

Liquid Pencil EyelinerMIzzu Eyeliner

 

Gel Eyeliner

Eyeliner bentuk gel dikemas dalam sebuah pot. Formulanya hampir mirip dengan eyeliner cair, hanya lebih kental dan Hitam Pekat seperti karbon. Eyeliner bentuk gel/cream ini diaplikasikan menggunakan kuas tipis dan runcing atau yang miring. Contoh Maybelline dan ELF. Eyeliner tipe ini harga cenderung lebih mahal dari yang gw sebutkan diatas.


ELF Maybelline Gel EyelinerMaybelline Maybelline Gel Eyeliner Kuas untuk gel Eyeliner

Cake Eyeliner

Eyeliner jenis ini lebih banyak dipakai para profesional atau make-up artist karena formulanya yang padat memungkinkan mereka bereksplorasi dengan berbagai gaya riasan. Sebelum diaplikasikan, kuas harus dibasahi dulu dengan air/Gel bawaan produk agar warna eyeliner keluar. Eyeliner jenis ini juga hadir dalam lebih banyak variasi warna. Contohnya adalah Illamasqua ini, tentu harganya menggoyang lidah, Rawarhh~~~

Cake Eyeliner
Illamasqua Cake Eyeliner

Powder/Bubuk Eyeliner

Sebenarnya ini adalah eyeshadow berwarna hitam pekat, namun dapat digunakan sebagai eyeliner pada lower lashline kamu.
Powder/Bubuk Eyeliner
Image taken from here

BUt. . . . ., tao gak sehhh?? sekarang ini muncul ide baru buat kamu yang pengen bereksperimen dan MUALessss belajar !! karna gak mau Repot, pake ajah STIKER EYELINER!!! banyak dijual di toko-toko kecantikan/aksesoris. Tinggal cabut dan tempel deh.

STIKER EYELINER
Image taken from here

So, yuk kita jawab pertanyaan tadi:
  • Mau beli eyeliner yang kayak apa ? Kalau masih pemula mulailah dengan pencil atau Pencil Liquid, karna bentuknya yang kokoh dipegang tangan /nyaman dipakai. Kalo sudah mahir gunakan yang Gel utnuk membuat berbagai variasi bentuk.
  • Eyeliner seperti apa yang cocok buat kamu? Tentu sesuai kebutuhan, jika untuk daily gunakan yang simple seperti pencil, liquid pencil atau Liquid eyeliner. Opsional jika ingin pakai yang GEL
  • Eyeliner yang murah brand apa? Coba lah antara Pixy dan Maybelline, mizzu juga bagus.
  • Jenis eyeliner apa yang mudah dipakai? kayaknya sama kayak yang atas yah? idem lah XD

Nah, sekian degh tulisan tentang eyeliner nya, capeekkkk juga boookkk, ahahahaa~~~
Moga Bermanfaat yah tulisannya, kalo ada salah info atau perlu diperbaiki atau pengen nyumbang eyeliner Illamasquanya, drop Comment yahh, selain itu dilarang kerass, Muahahaha~~~~~

Okeh, Happy Working Day everyone muahh #monyongin bibir



Sor: 
http://wolipop.detik.com/read/2011/03/17/174253/1594782/234/5-jenis-eyeliner-dan-kegunaannya
http://www.femina.co.id/cantik/beauty.news/guratan.hitam.kohl/002/001/128


Comment, Sharing or Question, just feel Free ¯\_(ツ)_/¯. Postingan: " [Chit-Chat]: Pengenalan Eyeliner  untuk Pemula " adalah milik Blog Mydellilah. Hindari tindakan Plagiarism, Jika MENGUTIP isi TULISAN/GAMBAR mohon di lampirkan link buleipotan.blogspot.com OK?! (´▽`)-c<‾_‾)




42 comments:

  1. Hai salam kenal, aku suka banget sama gaya bahasa km, santai, informatif, n pasti bikin ketawa hihi btw nice info rifka ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiiii lam kenal jugaaaa ~~~
      aku kenal kamu, yang doyan bikin look 20's kan yah??
      WoW tahnks yooo, aslinya gak yakin bakat nulis, soalnya bahasanya semua gw, hehehhee.
      Sippp, makin semangat Blogging daaghhhh :D

      Delete
  2. Yang cewek merapat. Yang cowok melesat. Daaah~

    ReplyDelete
  3. pas liat foto taylor, seneng abis, pas liat bagian bawahnya, please don't tell me itu taylor u_______u

    eyeliner pas pertama kali aku coba itu pensil, tapi ternyata gampang banget luntur ya kalau pensil, akhirnya merambah ke gel eyeliner, oke sih, tapi lama2 tetep aja luntur XD tipe mata oily sih ya #headdesk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwk, emang gak pernah liat dia Bare face yah??
      gw juga liatnya kaget maaakkkkk XD.
      tapi gambr mendukung post jadi ta posting, hehehehe

      iah, yang gel ternyata give up juga mak buat oily skin beberapa jam, tapi lumayan lah dripada pensil bleberan kayak hantu kurang tidur #errrrhhh.

      Mak coba pake mizzu degh, di gw kaga luntur, tapi kaga bisa dipake di lower juga, ahahahahah
      harganya ituo loh pas sependeritaan ama gw :P

      Delete
    2. Hidih, eike baru baca ini =___=;;

      liquid eyeliner yang oke apa ya buk? mizzu itu? cari dimana sih buk? Kok eike gak pernah ketemu ini merek u___u kayaknya kok oke, dan walau kau gak sebut harga, kayaknya gak bakalan semahal merek2 jepun sono XD;;

      Delete
  4. Panjang bener post nya XD kereeen, berguna bgt buat new bie kayak aku ._.
    Satu lg dong, cushion liner, line baru nya etude house jg menarik bgt XD
    Btw aku pny eyeliner tattoo kayak di gambar mu itu tp ga bs pake XD
    Super nice review Rifkaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyehhh, kayak bayar utang ajaahhh ini gw nulis panjang, huhuhuu, bulan juni tanpa 1 post rasanya gimana gitu~~~~
      hehehe, gw kudet nihm kagag tahu cushion liner, korea ada ajah deghhhh mainannya XD

      gw sering liat di toko cewek gitu yang stiker pengen beli tapi ukurannya gede gede amaattt yakkk. ahahahahaa

      siapppp, kalo nulis 2x lebih panjang dr ini, KUAT yeee bacanyaaaa XD #slapped

      Delete
  5. Helpful review <33

    Mind to visit my newest post?
    http://missdjoen.blogspot.com/2014/07/wonderland-does-exist-alice-tea-room.html

    Love,
    missdjoen.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. beeuuhh canggih nih postingannya. selama ini cuma tau yang upper/lower dan waterline aja. tapi makenya selalu yang upper sih. nggak pernah berhasil make di waterline T_T selalu smudge trus jadi mata panda

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktanya, sambil nulis ini gw juga banyak belajar jadinya . . . . .
      Woalah, yang bleberan itu yang nyebelin X(.
      karna punya mata belo jarang bikin di Upper kecuali buat menggila depan kamera doank, ahahahahah :'(

      Delete
  7. Hai salam kenal :D
    saya mau tanya,kalau yang mizzu itu hasil akhirnya matte apa glossy ya ketika diaplikasikan?belinya dimana? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal sis menik, makasih udah main :D
      itu hasil akhirnya matee cuman gak matte pekat.

      Belinya di onlen shop, banyak kok sist, guugling ajah :D

      Delete
  8. wih gila tuh makeup kaya karya seni aja...

    http://obattraditional.com/

    ReplyDelete
  9. Hai kakak...
    aku tanya dong...
    minta rekomen kakak aja buat eyeliner pencil buat oily skin..
    soalnya aku kemaren2 pake eyeliner liquid, terus mataku iritasi..
    kata dokter suruh make eyeliner pencil..
    mohon bantuannya yaa kakak..
    makasiih... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eyeliner liquid yang kamu pake jadinya iritasi apa?
      kok bisa yah?
      jangan-jangan kamu hypersensitif, tapi seharusnya sih gak apa-apa de.
      Tapi kalo mau coba yang pensil, banyak sih.
      Ada etude house dan produk korea lainya.
      NYX jet black
      lalu the body shop juga bsa.

      tapi setau aku kalo pensil emang agak ga matching ama Oily skin#pengalaman.
      jadi emang harus tipe lain.

      But, Moga CucOkk yah :)

      Delete
  10. Kak mau tanya donk, q kan pemula belajar makeup buat cosplay sih tp gagal mulu di eyelinernya soalnya q pke yg gel sama pensil jg sih tp pensilnya kebesaran ukurannya.. Kira" lebih mudah mana ya liquid eyeliner atau pencil liquid ? Oh ya q cowok lho wkwkwk jd belajar makeup gini gak telaten T3T
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaha, namanya kan cosplay harus bisa makeup character juga biarpun cowok. Lebih muda pensil tapi kalo buat cosplay jgn dh luntur nanti, lg pula untk gambar karakter anime mending yanh spidol/pencil liquid atau yang gel biar hasil lebih matte no kilap hasilnya. Ciayooo yahh

      Delete
  11. wah infonya menarik sekali.. kebetulan lagi cari cara belajar pake eyeliner.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik beguna buat Intan yg mai belajar :)

      Delete
  12. Thankyou kak infonyaa <3 ngebantu bgttt

    ReplyDelete
  13. Thanks kak infonya ..brmnfaat bgt ..

    ReplyDelete
  14. Mau tau cara pake eyeliner bubuk dwunk. Itu kuasnya yg bagus seperti apa. Karna gw lagi belajar pake celak itsmid dan g bisa pake lempengan kuninganya. T _ T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bubuk yang bagus yang angled brush, gepeng dan ujung nya berbentuk diagonal.
      gw gak begitu tau celak itsmid gimana pake dan rupanya cuman sekedar baca di google ajah.
      hehehe

      Delete
  15. Makasih infonya... Sangat bermanfaat,,
    Review eyeliner nya wardah jg dunk..!!
    😀😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama erna :D.
      hehhehe, tunggu ada rejeki dlu nih baru beli #penghematan XD

      Delete
  16. Kakk tau ngga eyeliner apa aja warna putih yang ga ada shimmernya?aku nyari sana sini belum nemu,biar natural gitu buat waterline hihi >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nih beberapa yg gw tau, mebelin ada yh automaticnya, prnh gw ulas di blog juga. Coba cr yak.

      1 lagi pake nyx Jumbo pencil, itu matte. Trus silkygirl kek nya ada deh dek..

      Delete
  17. apalagi kalo liat eye makeupnya yang punya blog ini, hihi so fierce :)

    ReplyDelete
  18. Kak, boleh tau ga kuas yg buat gel eyeliner nya merk apa 2duanya?
    Trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. unbranded yang putih, kalo yang pendek itam itu bonusnya eli ELF . .

      Delete
  19. Ka, aku udah pernah nyoba berbagai macam jenis eyeliner tp blm ada yg cocok, tekstur pensil cepat luntur , spidol ga bisa pakainya juga :D dan yg cair yg ujung kuasnya keras ga bisa pakainya. Pgn yg eyeliner cair yg kuas ujungnya lembut dan tipis, mudah d atur dan yg ga mudah luntur (waterprof) ada rekomendasi ga ka dari merk apa? Makasih ka sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Mutiah,
      wah rikuesnya banyak yah, hahahaa
      Spidol itu paling enak loh, kamu harus banyak belajar deh supaya mahir, karena yang lagi enak dipakai yang tipikal ini. Diriku coba rekomen Mizzu atau Wardah yang optimum itu.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Kak bikin informasi tentang kulit wajah yang berpori besar dong, skincare apa yg cocok buat kulit wajah yang punya pori besar kaya aku, agak bingung dikit sih nyari skincare yg pas >.< Makasiii^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sebenarnya diriku pun masih struggle yang seperti, pasrah sih nama lainnya XD.
      Tapi kalo ada, pasti diriku sharing, hihii

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!