Tentang Gaya Makeup Tahun 50an (50's - pin up girl Makeup)

image taken here

Hai balik lagi gw menulis, . . .
Sambil menunggu hujan yang semakin deras semakin malam, akan lebih enak kalo menunggunya sembari menulis. kali ini gw bakalan membahas Flashback trend makeup beberapa puluh tahun silam, yah makeup sama saja dengan Teknologi, banyak mengalami perubahan serta adapatasi dari tahun ke tahun yang menurut gw dipengaruhi oleh sosial kehidupan masyrakat dan juga pasti teknologi. Untuk Pertama gw pernah coba menulis mengenai Gaya makeup, style hingga sejarah makeup tahun 1920, lama banget yah  (⊙̃.o) (⊙̃.o)

Disini setelah selesai Perang Dunia 1, wanita memilih untuk hidup jauh lebih bebas terutama dalam berekspresi dan berpakaian, tak ketinggalan dengan Makeup yang merupakan Lambang kebebasan merekaa. Flapper, mungkin kamu pernah dengar yah??

Flapper style
image taken here
Kali Ini mari percepat 30 tahun kemudian dan lagi lagi setelah Perang Dunia ke dua dimana Indonesia Merdeka (づ。◕‿‿◕。)づ (づ。◕‿‿◕。)づ, Wanita diseluruh dunia pun segera meninggalkan masa masa suram tersebut dengan Penuh Sukacita dan ditandai dengan dengan perubahan Fashion di Dunia Eropa sana, yah kalo dibilang sungguh kelam waktu itu karena beberapa pabrik pembuat pakaian berubah Fungsi menjadi pabrik keperluan Perang, bahkan wanita yanga saat itu biasanya hanya jadi ibu rumah tangga, harus bekerja di pabrik pabrik secara kasar menggantikan para pria, karena Pria saat itu harus bertugas pergi kala Perang Dunia II. Bisa dibayangkan penampilan wanita kala itu yang seram berbalut pakaian pria, kasar dan Out Of Fashion at all!!

HELLO 1950, HELLO PIN UP GIRL !!
Trend makeup 1950
Image taken here

Back to The topic: Namun Walaupun begitu, trend Fashion tahun 1950 tidak lah se-Glamour si pendahulu nya di tahun 1920 dengan ciri khas Makeup Tebal nya. Tahun tahun ini dimulai lah berkembang Makeup dan Gaya yang disebut Pin up Girl. Gaya yang seperti apa yang disebut Pin Up girl? bagaimana kalau gw sebutkan Marlyn Monroe, kenal? dapat gambaran ? bagaiman Natalie Wood? namanya mungin kurang Famous ditelinga, namun di hidup di era yang sama dengan marlyn, sama -sama memiliki kisah kematian yang tragis, yah gw pernah nonton film tentang perjalanan hidup seorang Natalie Wood, yang sungguh bikin gw 'mewek'. Huhuhuhhu, ternyata untuk jadi artis saat itu penuh perjuangan boOok  ಥ_ಥ ಥ_ಥ~~~

Gaya Pin Up jaman nya lebih kepada gaya Gadis yang Feminime dengan baju yang sedikit seksi/Genit namun Elegan dan klasik. Sehingga terasa seperti gaya gadis yang centil, yang gw bilang wajar secara psikologis setelah lelah dengan tekanan perang dunia. Untuk tatanan Rambut, mereka masih suka menata nya dengan rapi, dengan tatanan poni yang di buat wavy/bergelombang/gelung dengan roll dan dengan menggunaan Hairspray agar rambut nya tetap Stay On

Pin up girl Makeup
Image Taken here
Untuk Makeup, gaya Pin Up Girl masih ditandai alis yang tipis namun tidak setipis tahun 20an dengan menggunakan Neutral eyeshadow namun Eyeliner yang lebih runcing dan bulu mata yang cetar mebahanooo, untuk pipi tidak lagi semerah pendahulunya melainkan lebih kalem dengan permainan warna Peach, or soft pink dan hampir lupa, untuk wajah, Makeup mereka cenderung lebih Flawless, Oh my Oh my . . .

modern Pin up girl Makeup
Image Taken here
dan Point Pin Up girl adalah BOLD RED LIPSTIK, yes Liptik merah pasti menggairahkan sekali, sehingga gaya centil dan genit tampak sekali dengan perempuan era ini. Ditambah saat itu Teknologi Tv semakin berkembang sehingga para artis Hoolywood ingin agar wajah mereka terlihat semakin menarik di layar TV yang kebanyakan masih Hitam Putih. 

Tertarik berdandan gaya ini? Berikut step-step bila kalian ingin meniru gaya ini:
  1. Bubuhi seluruh wajah dengan foundation
  2. Bubuhi warna natural seperti nude atau vanilla di kelopak matamu, lalu pada bagian lipatan mata, bubuhi warna coklat yang tidak terlalu gelap seperti taupe atau warna hangat sejenis.
  3. Beri eyeliner gaya cat eye yang menukik tegas di bagian luar mata. Jika berani bereksperimen, panjangkan garis eyeliner hingga sedikit melebihi garis lipatan mata.
  4. Bentuk alis, isi dengan eyebrow powder matte.
  5. Jangan lupa bubuhkan mascara, lalu pasang false lashes.
  6. Untuk blush, tidak perlu menggunakan warna yang terlalu mencolok. Pink muda atau peach cukup untuk membuat wajah terlihat lebih cerah.
  7. Bingkai bibir dengan menggunakan lipliner merah, lalu pulaskan lipstick merah menyala.
  8. Bubuhkan setitik eyeliner di bawah mata kanan atau kiri, yang mengesankan seolah-olah kamu memiliki beauty mark yang centil.
Untuk nomor 8, faktanya marlyn monroe juga menggunakan Makeup untuk melukis tahi lalat nya yang unyu itu, hehehehe ≧◡≦≧◡≦

Zaman sekarang beberapa artis pernah menirukan gaya Pin Up girl ini, namun gw rasa Gwen Stefany lah yang masih konsisten dengan gaya Retro ini. 

Ok sekian penjelasan dan sejarah singat tentang trend kala itu, kali ini gw akan mencoba mempresentasikan nya dalam makeup kali ini. Namun tentu dengan sentuhan Modern, seperti alis yang gw sesuaikan dengan Zaman, yee gakk, Gak coco juga kali alis tipis-tipis :P


PIN UP GIRL MAKEUP

PIN UP GIRL MAKEUP


Sedangkan yang ini sedikit Improvisasi serta lebih Rock, melepaskan sentuhan Feminime dalamanya. Dan tetap warna Lipstik yang bold walaupun bukan merah.

PIN UP GIRL MAKEUP


PIN UP GIRL MAKEUP


Faktanya Look ini dibuat sebelum gw browsing tentang Trend Makeup kala itu, ahahahaah~~~
JADINYA agak BT gak setotal mungkin, hikss, but yasutralaaahhhh~~~~~
kelamaan dari pada nginep lagi di draft :P
Ok, sekian tulisan gw, kalo ada yang salah atau perlu di benahi, komeng saja dimari, Ohohohho.
Happy Mondayyy everebadehhh XD





referensi:
http://ifayvhae.blogspot.com/2013/11/inspiration-beauty-of-vintage-hollywood.html
http://www.lxedit.co.id/2015/01/14/girls-guide-modern-pin-beauty/
http://allday.com/post/2308-the-history-of-pin-up-girls-in-the-50s
https://sustainablemovement.wordpress.com/2013/10/15/sejarah-perkembangan-fashion-di-dunia-tahun-1920-2010/
http://www.collegefashion.net/beauty-and-hair/beauty-by-the-decade-the-1950s/
http://www.freebeautytips.org/1950strends.html




Comment, Sharing or Question, just feel Free ( ́ ◕◞ε◟◕`). Postingan: " Tentang Gaya Makeup Tahun 50an (50's - pin up girl Makeup)" adalah milik Blog Mydellilah. Hindari tindakan Plagiarism, Jika MENGUTIP isi TULISAN/GAMBAR mohon di lampirkan link buleipotan.blogspot.com OK?! (´▽`)-c<‾_‾)


4 comments:


  1. kerenn....aku suka yang berbau vintage dan retroo kak...sejarahnya kentall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw malah suka, makeup punya historinya sendiri, jadi senang bisa banyak tahu, hhahaha

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!