Pertama kali nya mencoba Single use Softlens - Acuvue Define Softlens

what's up wallpaper
Hai hai kalian yang didepan layar, Wasap???
heheheee, kali ini gw agak norak mau berbagi yah pengalaman lebih tepat nya, Pengalaman yang menjadikan manusia jauh lebih Dewasa, bener ga????

Mau ngelamar kerja ajah ditanya pengalaman, Pengalaman worth than Money, you think so? Ini sih pengalaman mencoba Softlens yang anti mainstream, dan gw belum pernah coba sama sekali lho, gw itu gak pernah pakai Softlens buat beraktivitas dikantor, soalnya depan komputer ajah pake softlens yah Pegel, mending pakai Kacamata.

Sampai gw gak sengaja akhirnya baca pembahasan di internet ttg Softlens sekali pakai, Akhh~~ masa sih ada yang kayak gitu, aduh maaf gw norak banget yah gak tahu kalo itu memang ada, gw berfikir boros sekali sekali pakai langsung buat gitu ajah.

"abis manis sepah dibuang"

LALU, Pekerjaan yang seperti apa yang akan menjadi pengguna Softlens jenis ini?

Sampe cari lebih banyak rupanya ini bukan seharga softlens yang bulanan, tadi nya gw pikir harga sepasang softlens harian = softlens bulanan, ternyata salah, jadi softlens harian itu isinya lebih banyak sekitar 30 pcs atau 15 pasang per box, jadi harga perpasang bisa sekitar 20 rb-an, yah pantesan sekali pakai buang yeee. Cuman ya itu beli kudu per box itu.

Lalu apa manfaat lebih lanjutnya tipe softlens seperti ini?

Rupanya Keunggulan softlens begini, diutamakan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi namun dengan tingkat keamanan tinggi (macam FBI ajeh), maksudnya mobilitas tinggi adalah pengguna yang super sibuk yang gak punya waktu cuci-cuci simpan soflense saat menjelang tidur, dan maksud keamanan tinggi adalah softlens yang akan mereka pakai adalah baru tiap hari nya sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dengan mata mereka.

Gw pernah pake softlens buat acara pernikahan saudara gw, dan sumpe pakai 5 jam ajah udah berasa mata ditempel ama perangko, kering dan rekat banget, serem ikh. Jadi dikit-dikit gw siram pentetes mata, kerasa di ruangan ber AC soalnya,  jeleknya cara kayak gini, bikin Makeup area mata kena air, tahu lah yah jadinya gimana.

So, kalo gak ada acara kayak begitu, Softlens gw tetap di case nya gak tersentuh, apalagi kalo gw beli yang daily gitu, sayang sih kalo gw pikir.

Terus waktu itu teman blogger si mamake Roos ngajak buat nyobain softlens tipe begini, dia malah lebih ekstrem belum pernah pakai softlen sama sekali, kemane ajeh mak??? #diGEPLAK~~
Sebenernya ini karena ada Free Trial, jadi nyoba Softlens One Day Gratis boo . . 

Dan brand ini datang dari Acuvue, merk dagang Johnson oh Johnson, ini katanya brand Perintis Single Use Softlens yang daritadi gw bahas, bahkan katanya lebih lembab jadi meminimalkan penggunaan Air tetes mata.


Gw pikir sekalian pingin tahu dan sekalian wiken jalan-jalan juga. Gw diarahkan ke sebuah optik di Mall Grand Indonesia ama si mamak. Ketemu disana, namanya anak bekasi biar gak macet jadi jalan duluan, malah nyampe duluan.

Ternyata Optik nya lumayan rame, yang mencoba free trial nya juga ada lho hari itu #gwpikir gw ajah yang suka Gratisan XD. jadinya gw agak nunggu deh. Gpp lah, btw pas liat di kaca (secara optik ye, kaca ada dimana -mana), gw liat mata gw merah banget, astagooo, mungkin karena debu jalanan yeee. Gak lama datanglah si mas-mas yang udah free, nanyain gw mau ngapain (kayak anak ilang gw).

"Ada yang bisa saya bantu mba? "
"ini mas, mau free trial Acuvue, bisa ya? "
"Bisa, itu mata kenapa merah yah mba, kayak banteng mau nyelunduk"
"kan mau nyeluduk masnya~~~ RWARRH~~~ XD, hehehee, gak mas ini kena debu"
~~~~~~~~lalu tiba tiba hening ~~~~~~

Ok, mata merah gw bisa ditolerir, terus untung nya gw datang dengan menggunakan kacatama soalnya kalo gw datang pakai softlens, gw disuruh nunggu lagi sejam, buset sejam mending gw pulang #emosi~~~~ (≖_≖✿)

Lalu gw disuruh duduk didepan alat yang gw udah hapal banget, ini namanya alat otomatis buat lihat respone pupil mata kita, jadi bisa secara otomatis mendeteksi minus-plus-silinder mata kita.

alat mengecek mata

alat mengecek mata

alat mengecek mata
  

"Ok mba, sebelum diperiksa, tolong dibuka dulu yah"
"berapa kancing mas??"
"Bukan baju mba, tapi kacamatanya yang dibuka dulu "#tepok jidat
"OOhh~~~ ngobrol donk mas !" #ketus
hehehee, ada yang salah dengan gw kayaknya -________-

pemeriksaan mata di optik

Nah disini sih paling 5 menit kurang, kan pakai alat otomatis, udahan-nya gw diminta masuk ke ruang periksa untuk pemeriksaan lebih lanjut.

pemeriksaan mata di optik

Disini ruangan yang buat memeriksa mata secara manual, bukan kayak operasi gitu yah, tapi untuk memastikan hasil yang dihitung oleh Mesin tadi, namun dengan menggunakan perhitungan manual, let's see if you confuse.

pemeriksaan mata di optik

Nah di depan gw ada monitor gunanya untuk memunculkan deretan HURUF dengan ukuran besar-kecil untuk mengetahui tingkat kerabunan mata gw. Terus benda yang gw pegang alat yang membantu gw melihat huruh huruf tadi. Sebelum gw masuk ke tes itu, gw ditanya beberapa hal seputar Perekonomian Negara.

"Ampun mas, gw kuliah komputer biar jauh ama akuntansi, malah lw tanyain"
"Mba harus bisa, kalo gak nanti gak lulus tes gak dapet free trial ini khusus untuk orang bekasi, kita mulai yah, kalo benar dapet nilai 100, kalo salah dibuangke BAK barang SALE 70% OFF yang lagi dikerumunin emak-emak"
"GLEKK~~~~, serius mas, gak ada yang lebih mengerikan dari emak-emak berburu sale" #Sweet
(! 0д0)

Hayoo!! Jangan terlalu serius yahh XD
Ditanya seputar softlens kok, mulai dari pengguna softlens bukan, sejak kapan pakai, motivasi pakai, cara pakai, cara mencuci, cara merawat, brand  yang pernah dipakai, efek samping yang pernah dialami dll.

Nah setelah tanya jawab tadi, baru deh diperiksa manual, dan PUJI TUHAN ya, hasilnya gak beda dengan 2 tahun lalu, tetep stay di angka Minus 3.75. #Applause Plis . . 

Tapi gw selama ini menggunakan kacamata 3.25 soalnya kalo pakai kacamata 3.75 itu rasanya terlalu terang penglihatan gw which make me uncomfortable, so kata mas-nya ditanya lagi, mba yakin mau pakai Soflens yang 3.25, mba kan minus nya 3.75 lho.

"saya udah biasa 3.25 mas, soalnya pusing kalo yang 3.75"
"yakin mba, nanti malah gak jelas lho"
"iyaa sih mass, yaudalah pas nya aja berapa"
~~~~~~~~HENING~~~~~~

Akhirnya gw menyepakati ambil jalan tengah yakni angka 3.5. Yoi gw bakalan nyobain softlens dengan ukuran minus 3.5 (padahal belum tentu beli, wkwkwkwkwkwk). 
Terus keluar dari R. Periksa gw diajak ke tempat buat mencoba soflens, itu kacanya Guede banget, andai kaca makeup gw segede itu ukuran nya. 

mencoba softlens

Terus gw ditawarin masnya Acuvue Serie terbaru yakni 1 Day Acuvue Define yang terdiri dari 3 pilihan warna.

"Mba, ini kita Acuvue ada yang series terbaru, ini jauh lebih lembab, hayo mba mau coba gak?"
"Ohh baru yah mas, boleh lah saya mau coba"
terus mas nya nyodorin 3 warna sekaligus.

1 day acuvue define softlense

"mba mau pilih yang mana"
Lalu gw pun berfikir keras

"pilih mas nya deh~~~"
"Plis konsen mba, pilih softlens yah bukan pilih orang, eerhhhh"#mulai naik pitam
"yaelah mas, gw salah mulu dimata lo” #etsss~~~

Ok, abaikan, tapi beneran take a long time to choose the favorite one. Secara warna nya gak ada yang menarik hati, semuanya Natural - semuanya Alami semuanya Gak bewarna neon seperti ekspetasi gw,

mana warna kuning, Abu-Abu, biru, hijau, tosca, pink, ungu nyaaa?????? mana ? mana rainbow cake nyaaa?? 

"Lho, ini emang ada nya ini doank mba, ini disesuaikan dengan warna IRIS Asia yang kebanyakan Cokelat tua, atau hitam, jadinya bakalan Natural dipakai setiap hari tanpa kelihatan menggunakan Softlens atau pun kelihatan "FAKE"

BYARRR~~~~ #ada yang meledak di kepala gw.....


Rusak sudah semua ekspetasi gw, sebagai byuti  blogger tentu semakin 'Jreng' softlens akan semakin 'POP' eye look yang gw buat, tapi gw meng-aminkan perkataan masnya. Karena ini daily use softlens, gak mungkin gw datang ke kantor pakai Softlens matanya si MAYA MIA yeee, bakalan masuk koran kantor saking kecentilan staff satu itu. Warna yang ditawarkan oleh Acuvue itu adalah:

  1. Black = warna ini berguna untuk mempertegas batas antara warna iris dengan warna putih disekitarnya.
  2. Grey Gold = Ini akan membuat tampilan iris lebih natural dengan sentuhan gold.
  3. Brown = make your Eyes POP, mata cokelat akan semakin terlihat cokelat tapi tetap Alami.


Brown softlense

bisa lihat??
Mata gw naik 1 tingkat more Intensify without being Fake. 

Lalu Keunggulan lain nya, 1-Day Acuvue Define menggunakan teknologi Lacreon dimana dapat mengikat kelembaban dalam lensa, terus ada UV Block nya (ini bagus soalnya matahari dapat menyebabkan kerusakan pada mata seperti katarak) terakhir dan yang baru gw tahu adalah, Teknologi BWIC (Beauty-Wrapped-In-Comfort) yang artinya WARNA/Pigmentasi lensa terkurung ditengah tengah lapisan lensa yang transparan sehingga tidak menempel langsung ke BOLA MATA kita yang Precious.

NAHHH LHOOO . . . . . o(≧o≦)o o(≧o≦)o

Tadinya NIAT mau free trial trus cabut jadi kepengen nyobain. Tung itung pake kalkulator, akhirnya gw beli deh 1 box dulu, dan gw beli yang Grey Gold dulu, hehehee . . .
soalnya gw berat antara itu dan Brown, so kalo ada duit gw beli lagi dehh ntar~~~nasib

1 day acuvue define softlense

AKH SENANGANYA~~~ #maapCapslock o(≧o≦)o o(≧o≦)o
gw senang banget umur gw berasa teenager lagi #iyain ajah sih!!

terus enaknya orang-orang bisa tersepona ama mata gw karena sekarang terlihat lebih cantik paripurna, tanpa tau kalo sebenarnya itu berkat softlens gw, everything just looks Beautiful… Naturally.
Disitu gw merasa senang, gak sabar mau pakai buat ngantor tanpa looks too OVER.


PENGALAMAN

Seusai dari optik, gw belum lepas Softlens yang tadi soalnya mau coba pakai jalan jalan di mall yang notabene AC kenceng, kan katanya lembab tuh. Lagian no one really notice that i'm wearing any contact lens, mereka pikir mata gw emang aslinya secantik ini, hehe.. (Hanya di blog gw bisa muji diri sendiri - maklum yeee XD XD XD ).

no more glasses

Gw kecipratan rejeki mak Roos jadinya nonton AVENGER 3D lagi- dan GRATIS, uhuyyyy~~~~

Karena 3D biasanya gw timpa kacamata gw dengan kacamata 3D, which super annoying (-''-)(-''-) , tapi berhubung pakai Softens, enak banget gw nonton nya. Dan harus gw katakan untuk pengalaman Pertama mencoba 1-Day Acuvue Define start jam 3 sore - 11 malam, ini super Keren !

Lebih lembab dari semua softlens yang pernah gw pakai sebelumnya. Gw tetep tetes mata sebelum nonton Avenger soalnya tadi nya keburu PARNO kalo mata bakal kering selama nonton, padahal sebenarnya gak perlu lagi katanya. Next gw akan coba when i'm working without using any eyewater-drop deh yah cinnn.

Dan yes gegara beli one box, 1 minggu menjelang gajian gw terpaksa bikin member card di Warteg Club deh, hikss~~~Tapi it is totally worth itლ(´∀`ლ) ლ(´∀`ლ)

Ok cin, adakah yang pernah pakai softlens sekali pakai?
Gimana pendapat kalian?
Don be shy to share with me, karena gw udah malu-maluin orang nyaaa.
OhohohohOOoo~~~
kisss-kissss
Muachhh
#PengalamanPertama #AcuvueDefine



Comment, Sharing or Question, just feel Free ( ́ ◕◞ε◟◕`). Postingan: " Pertama kali nya mencoba Single use Softlens - Acuvue Define Softlens  " adalah milik Blog Mydellilah. Hindari tindakan Plagiarism, Jika MENGUTIP isi TULISAN/GAMBAR mohon di lampirkan link buleipotan.blogspot.com OK?! (´▽`)-c<‾_‾)


51 comments:

  1. Sama. Saya juga orang yang anti rempong
    Softlens sekali pake sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Aku mau coba free trial yang 2 weeks. Berhubung aku registrasi dulu di webnya, trus disuruh ngeprint bukti registrasi dulu lah apa lah ribet banget :/
    Jadi maju mundur balik ke optik apa ga. Males kesananya :P

    bjorkiagadzotica.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ribet benget itu, dtang langsung ajah ke optik nya, daku juga waktu itu main datang ajah :P

      Delete
  3. Hehhh kamu anak mudaaaa hahahhaha..
    Memang kenapaaaaaa kalau baruuu pertama pakeeeee hahahahhah..
    Kalau kata tante Susannnaaaa lebih baik ter-lam-bat dari pada tidak sama sekaliii oiiiiii... weeekkkkk..
    Untunglah yg pertama dapet yang terbaikkk...

    Akuhhh kan orangnya sabarrrr jadi akuuuu dapet yang terbaikkk hahahahhahahha.... Nice review anyway.. MUWAHHHHH...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha~~~~
      ampun ndoro #nunduk-nunduk~~~~

      iyah mak, emang paling sabar deh orang nya, huauahahaha~~~~
      mak, ta tunggu kenarsisan mu yakk XD

      Delete
  4. Kaya banteng mau nyeruduuuk loh wkaakakak..#ngakakgelundungan Eike juga kemaren itu nyoba si free trial Acuvue Define, bawa pulangnya yg Natural Shine, cakep euy tahan dipake lembur, sungguh memudahkan perkehidupan, pulang lembur nyampe rumah badan udah rontok tinggal lepas aja, ga perlu cuci rendem lagi, yey.. xDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. gelundungan di atas tepung roti, siap di goreng~~~ #abaikan XD
      NAH IYAH ITU #capslock
      beneran tahan lama bokkk~~~
      daku tuh yah serasa punya mata asli, senang nya luar binasa~~~
      pulang cape tinggal buang, besok pakai yang baru lagi deh ^^

      Delete
  5. Aku juga lebih suka yang sekali pakai kayak gini, males kan nyimpen perintilan kecil-kecil gitu. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, daku yang paling capek bersiin, bukan capek deng, mualess yang bener XD

      Delete
  6. RT ribet bgt pas nonton 3D pake kacamata dobel -_- sebelum pakai softlens aku juga begitu hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyh, pas banget nyobain langsung nonton, huaahahaha

      Delete
  7. Rifka, mata kamu terlihat shiny banget! Emang beneran ya natural sekali..... aaah, kok aku jadi nyesel ya beli yang Vivid style. Jadi kepingin yang natural shine juga deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaa, rayu lagi mba misua naaaaa, kasih tatapan maut #wink-wink.
      Ntar beli lagi dehh #racuunnnn . .. . . . . . XD

      Delete
  8. Lebih cantik tanpa kacamata, pensiunin deh dan terus pake 1 Day acuvue Define nya. Kayaknya aku juga mw beli yang Natural Shine sama kayak kamooh..

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii, iyh gw coba pakai beberpa hari ke kantor, tapi bali pake kacamata lagi gegara telat, pada bilang "Udeh softlense ajeh, ngapain kacamataa lg"
      Tapi ini BULAN TUA ~~~~~~ #eeehhhh :P

      Delete
  9. Ah setuju banget! Aku kalo nonton 3D juga jadi double kacamata dan itu ga enak banget. Softlens Acuvue sih emang udah terkenal nyaman untuk digunakan, duh jadi pengen icip!!!

    www.sweetlikeapeach.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaaa, TOP banget kalo udah ketemu softlense 'serasa mata " yakkk, gak parno tetes mata muluu, hayooo dibeliii warna lain nya~~~~~~ XD

      Delete
  10. Bagus warna softlensnyaaaaa natural bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, pake tiap hari skg tinggal 3 pasang lg saking enak pakenya.

      Delete
  11. ihiuw, udah lebih cantik, gak rempong pula yaa buat nonton 3D, hehe

    ReplyDelete
  12. Hahaha seru baca post nya..
    aku juga biasa pake softlens yg jreng warnanya... skr udh pakai softlens 1-Day Acuvue Define yg natural gini, pakai softlens yang warnany ngejreng jd ngrasa aneh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahiii,
      Hai hai kamu disana...
      Iyah, mindset daku sejak launching itu jadi terbuka lho, memanh seharusnya gak merubah mata kita tapi menambah kecantikan alaminya #asik bahas gw XD

      Delete
  13. wahhh..bagus ya mbak hasilnya..
    natural banget tapi jadi lebih teges..
    sama mbak, aku jg tipe yg males ribet..punya soflens baru kepake beberapa minggu (ga sampe sebulan) udah balik aja pake kacamata..
    jadi pengen nyobain yg sekali pake gini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iuah bener bgt tuh, jadinya naik level warna mata kita tanpa merubah drastis. Asli lho kamu yg berkacamTa bakalan lupa kalo kamu bermata minus saking nyaman nya nih softlens berasa mata sendiri :)

      Delete
  14. Ngakak bgt gue baca review yang satu ini. hahaha. Selamat yaaaaahhh akhirnya bisa move on dari kacamata meskipun jadinya bergabung sm warteg club *eeeeh* XD

    ReplyDelete
  15. Muahahahaaa~~
    Edisi yang ini member zclub buat 1 tahun lho...
    Mau ikutan ??

    Iyaksss, daku mup on dari kacamata, hiksss #haru

    ReplyDelete
  16. Hahaha pertama kali mampir blogmu Mbaaa... Entah kenapa muka ga cocok ama gaya tulisan #piss wkwkwk. Iya yah selama ini aku juga pake kacamata dobel kalo nonton bioskop 3D wkwk berat banget rasanyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, anda tertipu yah~~~~~~
      sebenernya wajah saya beda lagi mba, #lho terus yg dblog siapa :P.

      hooh, pas brnget pulang trial langsung nyobain ^^
      Makasih udah brkunjung :)

      Delete
  17. Mbak, kok matanya jadi cantik gituuuu siih nyaingin kecantikkan mata akuuuh *dilemparpakeboxacuvue.
    eeeh kalo akuuh paling suka yang warna coklat, si vivid style bikin mata akuh jadi 7kali lipat lebih indaaaah. wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini dakoh lmpar, tapi kardus kosong yahh #dilempar balik langsugn XD
      WOW, mana sini liat-liat mbaa #penasaran :P

      Delete
  18. Wow, Rifka makin ketjehhhh pake softlens iniii :3


    Hahaha, btw blog postnya menarik banget dan informatifff

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyoi, jadi mantan kacamataan dulu deh sekarang :P, :P
      Oww, thank you tia ^^

      Delete
  19. Utk yg ga ad masalah mata ada ga ya? Biar bkin efek "popping eyes" aja gtu :(

    www.bluecattalksbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal yah?
      ada banget kok malah, cus mendarat langsung ke OPTIK melawai, seins terdekat :)

      Delete
  20. Softlens nya itu satu box cuma sepasang kan? Jadi kalau mau pake buat sebulan harus 30 box ya my god 😂 how about the price?

    ReplyDelete
    Replies
    1. per box isinya 15 pasang, kalo memang mau pakai tipa hari yah beli 2 box, hahaha
      diriku sih pakai sebutuhnya ajah, kalo engga pakai kacamata, harga per box 390 sist :))

      Delete
  21. Haloohaaa Kakaa yang super hebriing bingitz.. *ikutan hebohnya*
    Nyari2 review tentang soflens malah nyasar ke blog ini.
    Nyaman nggak siih pake softlens nya? Aku rada2 takut, belum penah pake softlens. Pengen bgt nyoba pake softlens, capek pake kacamata tapi takut pasang ama lepasnya. *gimana ceritanya yah* ahahahha.
    Mau taya dong hargan perbox nya berapa yah trus isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhahahaha, semangat kali XD
      ahh, tipikal gak pedean pakai kacamata yak?
      sama, ampe baret dan lecet dulu, dan bonus nya minus makin nambah :(

      per box isinya 30 bijik alias 15 pasang, harga kek nya under 400

      Delete
    2. *Btw komen aku sebelumnya ternyata gak ampe selesai ngetiknya, baru sadar. LOL*
      Waaah bener banget kak, langsung ketebak yah gak pedeannya. Wkwkwk. Iya nih kacamatanya sering bgt dilepas, malas soalnya.
      Nyaman gak kak pakai softlens acuvue ini? Bukannya kalo pake softlense minusnya juga bakal cepat nambah kak?

      Delete
    3. Iyah, kek nya hmpir org yang kacamataan gak jauh problem nya dari PD :P.
      Kalo mau bilang yah, acuvue ini nyaman dipakai seharian.
      Nah biar minus nya gak nambah pas lagi gak pakai softlens an harus pakai kacamata.

      Emang mau seterusnya pakai softlense?
      kalo iyah, gpp, banyak yang udah pakai emang untuk menghindari kacamata, minus gak nambah.
      Cuman itu tadi kalo lagi gak pake softlense harus pakai kacamta, intinya jangan pakai mata telanjang kalo gak mau minus nya nambh :))

      Delete
  22. Tp pas di pake ky ada abrasi gtu gk sih? Soalnya pas gw tryal make di optiknyaa,, ky brasa ada bayangan d pinggir2an, pas ngelirik pinggirannya gk ada apa2..

    ReplyDelete
  23. Pas make ky ada bayangan d pinggir2anya gt gk? Ky abrasi gtuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh, mungkin lensanya kebalik, kadang juga git serasa ada bayangan dan gak mau klop di ring mata :))

      Delete
  24. Kak mau tanya harganya berapa ya?

    ReplyDelete
  25. Kak mau tanya harganya berapa ya? itu cuma sekali pake? soalnya hampir tiap hari aku pake soflen untuk acara di luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga per paket itu 399K kalo belum berubah dah ada 15 pasang softlense.

      Betul hanya sekali pakai saja

      Delete
  26. pernah pakai softlens acuvue harian dipakai 2 hari tanpa lepas?

    ReplyDelete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!