[Event Report]: Jalan Jalan menyusuri Pabrik AQUA di Cianjur #AirUntukKehidupan




Ada AQUA?? Gak asing kan di telinga kalian?
Bukan hanya sekedar iklan namun ini juga semacam kampanye betapa penting nya air putih terutama untuk kita konsumsi. 8 gelas/ 2 liter adalah standarisasi untuk konsumsi air setiap hari, namun sayang nya banyak sekali orang dengan pekerjaan mereka yang tergolong berat dan tinggi malah enggan melakukan nya.

Sakit yang gw alami hampir 1 bulan membuat gw lebih sadar untuk lebih rajin lagi mengingatkan gw untuk selalu mengkonsumsi air terutama AIR PUTIH. Gw hampir membuat ginjal gw lebih menderita tapi syukur gw bisa melalui nya, maka dari itu gw harapkan kalian yang membaca POST gw kali ini lebih "ngeh" lagi betapa penting Air Putih untuk organ organ tubuh kita.

Air mineral dalam kemasan beberapa belas tahun silam banyak diragukan orang akan sukses dipasaran, bagaimana bisa air putih saja bisa laku dipasaran. Namun zaman sudah berubah, orang semakin ingin lebih mudah lagi membawa air kemana pun ia pergi serta semakin tinggi nya kesadaran orang bahwa air mineral jauh lebih baik manfaat nya untuk konsumsi tubuh ketibang air putih biasa. Dan Brand yang kita kenal pertama adalah AQUA, betapa banyak pun kompetitor nya diluar, di benak kita kualitas AQUA selalu yang terbaik. Namun pernah kah kalian tahu bagaimana sebenarnya pemrosesan AQUA selama ini? belasan tahun ini meminum air MINERAL ini apakah sebanding harga yang kita keluarkan dengan kualitas AQUA selama ini?

Langsung ajah yuk ke Pabrik nya.


Area luar Pabrik AQUA
Area luar Pabrik AQUA

Beneran, gw langsung pergi ke pabrik nya, pabrik AQUA ke-13 di daerah Cianjur bersama blogger lain nya, dan Pabrik ini merupakan Pabrik terbesar AQUA di Indonesia. Lamanya perjalanan yang ditempuh berkisar 4 jam, untuk gw ini agak melelahkan, tapi terbayar dengan suasana dan pemandangan kampung yang penuh dengan pepohonan dan terasa berbeda dengan pemandangan kota tiap hari.

blogger go to AQUA Plant
Maafkan neng Selpie!!

Sesampai nya di pabrik AQUA, kami langsung menuju meeting point didalam aula pertemuan, untuk dapat masuk Pabrik saja kami harus mengisikan Form yang berisikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan Personal Hygiene, oia jika kamu baru saja sembuh dari penyakit seperti diare, flu, atau memilki penyakit menular lain nya akan sulit untuk masuk ke area pabrik nantinya.
Blogger go to AQUA PLANT
Meeting Room

Kami berangkat dari Jakarta sekitar jam 7 kurang dan dengan perjalanan kurang lebih 4 jam membuat perut kami "meminta jatah kembali", di meja sudah dihidangkan camilan "agak berat" khas daerah Cianjur. Jagung na amis pisan euy...

Jagung dan kacang rebus khas Cianjur
Jagung dan kacang rebus khas Cianjur

Perwakilan pembicara kami dari pihak IDblogNetwork, mba Tia memperkenalkan kami kepada "Tuan Rumah".

Event IDblogNetwork
Mba Tia membuka acara

Pertama kita akan Briefing mengenai Safety First dipandu oleh Chief Security pihak PT. Tirta Investama (AQUA). Acara kembali berlanjut kepada Prensentasi Pak Agus selaku Assigned Manager PT. Tirta Investama Cianjur (AQUA) mengenai area Pabrik mulai Fasilitas, Infrastruktur, Keamanan  yang dimiliki oleh AQUA. Pihak PT. Tirta Investama (AQUA) sangat menjaga kebersihan sekitar nya sehingga tiap detail menjadi perhatian (tentu saja mengingat ini adalah produksi AIR yang dikonsumsi).

Presentasi oleh pihak AQUA
Presentasi oleh pihak AQUA


Presentasi dilanjutkan oleh Bpk. Nurul, pabrik PT. Tirta Investama (AQUA) Cianjur yang berada di bawah kaki Gn Gede ini dibuka pada tahun 2011, pabrik ini bekerja selama 24 jam di area seluas 12.15 Ha dengan sistem shifting, proses pembuatan banyak menggunakan mesin supaya terhindar dari tangan manusia, banyak nya karyawan yang bekerja di pabrik ini sekitar 388 orang. Ukuran botol yang pertama kali di produksi di pabrik PT. Tirta Investama (AQUA) Cianjur ini ada 2 line yakni ukuran Galon dan ukuran 600 ml dan sekarang sudah memproduksi ukuran lain.

Pabrik PT. Tirta Investama (AQUA) Cianjur ini rencananya tidak akan memperluas area pabrik lagi karena mereka berkomitmen untuk menjaga kebersihan air sekitar dengan menyisakan lahan untuk penhijauan. 

Presentasi oleh pihak AQUA
Presentasi oleh pihak AQUA

PT. Tirta Investama (AQUA) ini juga aktif dengan kegiatan lingkungan daerah sekitar selain penanaman, banyak program yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap wilayah sekitar pabrik (CSR) salah satunya program penyuluhan untuk membantu petani yang diberi nama HIPOCI (HImpunan Petani Organnik Cianjur Indonesia) yang mana sehabis makan siang dan melihat kondisi proses pembuatan, kami boleh mengunjungi markas mereka.

Presentasi oleh pihak AQUA
Pemberian cidera mata dari sesi tanya jawab

Ini dia yang membuat AQUA terjaga kualitas nya..

Sehabis makan siang kami diajak berkeliling area pabrik, sayang karena keterbatasan waktu kami tidak benar-benar masuk ke dalam area pabrik. Beberapa point dalam Proses pembuatan hingga siap di pasarkan adalah:
  • Air yang sudah di sedot menuju pipa (pipa ini tentunya secara berkala dibersihkan) lalu di simpan di STORAGE TANK.
  • Lalu air ini di filter kembali dengan pipa ukuran 10 micron (ukuran yang sangat kecil sehingga lumpur tidak akan terbawa >> lalu kembali di saring oleh pipa 1 micron >> disaring kembali untuk membunuh kuman melalui UV 1 menuju >> UV 2 >> Terakhir Proses OZONISASI. Inilah akhir proses pemurnian AIR AQUA yang siap di konsumsi.

Beberapa fakta yang baru gw tahu:
  • RAW Botol nya sendiri ternyata mirip seperti tabung air raksa berbagai ukuran yang bisa "mengembang" menjadi botol yang kita lihat di pasaran.
  • Jika dalam proses segel, pemasangan stiker dan didapati kecacatan, mesin secara otomatis akan "menendang" botol yang tidak lolos seleksi. #PLAK!
  • Dalam pembuatannya, 1 jam mesin mampu menciptakan 40.000 botol.
  • Tiap hari nya gudang FINISH GOOD tidak pernah menyimpan lama produksinya karena tinggi nya Permintaan pasar.

suasana sekitar Pabrik AQUA
Karena gak boleh photo keadaan pabrik, gw jadinya photo sekitar nya ajah. gw sih sebut nya GUNUNG GUNDUL

Kami tiba disini.... Markas HIPOCI...

Markas HIPOCI - Cianjur
Menyambangi Markas HIPOCI - Cianjur

Bertolak dari pabrik AQUA sehabis makan siang kami pergi. Kurang lebih 10-15 menit menggunakan mobil kami tiba di markas HIPOCI, jalanan nya lumayan berliku liku "agak" didalem. Begitu sampai kami dipersilakan duduk, yang menjadi pembicara saat itu adalah SEKUM HIPOCI yakni bapak AGAN.

Blogger itu apa yah? Saya tahunya mah Berger #tutur pak Agan

Kami tersenyum dan menimpali keluguan Bpk. Agan ini. Disini blogger bisa melihat langsung apa saja yang di kerjakan oleh Organisasi ini. Selain memproduksi BERAS ORGANIK ada juga pembuatan Pupuk Kompos, lalu di bagian belakang kami melihat daur ulang sampah yang masih  bisa di pakai.
Harapan gw sih buat HIPOCI adalah bagaimana kedepan nya bisa menarik lebih lagi anak muda agar mau bertani di kampung sendiri, tahu sendiri Cianjur terkenal dengan Beras nya tapi mirisnya Indonesia masih IMPOR dari luar negeri.

Para pengurus HIPOCI
Sambutan Para pengurus HIPOCI

Para pengurus HIPOCI
Berphoto dengan Produk yang dihasilkan oleh petani HIPOCI

 Ke Jakarta, ku kembali..ii.ii

Jam set 4 kami berpamitan, dalam perjalanan pulang kami bisa melihat sawah sawah menguning sepanjang perjalanan, sungguh MIRIS sekali rasanya harus selalu "bergantung" pada negara orang untuk sesuatu yang bisa kita PRODUKSI sendiri. Indonesia kalo gak salah negara agraris kan? Correct me if I thought wrong whole years.

______________________________________
Terimakasih PT. Tirta Investama (AQUA) dan HIPOCI untuk keramah tamahan nya menerima "berger" BLOGGER bertandang, hohooo~~
Semoga dilain kesempatan bisa berkunjung lagi, semoga semakin berkembang.

Photo Blogger bersama di Pabrik AQUA
Photo bersama di Pabrik AQUA

Dan ini oleh oleh yang kita dapetin, ada beras Liwet rasa ikan dan MOCHI, akhhh gw suka mochinya, terakhir beli dapat yang KW10 
XD XD

 

______________________________________
 Satu lagi nih info untuk kalian yang suka menulis, AQUA mengadakan lomba menulis Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) yang ke V

"Tahun ini merupakan kelima kalinya kompetisi AJA digelar. Dengan mengangkat tema " Kelestarian Lingkungan dan Air Sebagai Tanggung Jawab Bersama", AJA V menambahkan kategori karya foto dari masyarakat umum yang telah dipublikasikan di media sosial."
Yukk cobain mana tahu menang
  http://aqua.com/anugerahjurnalistik
#AirUntukKehidupan

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya, dadah~~~



http://buleipotan.blogspot.com
Comment, Sharing or Question, just feel Free. Postingan: " [Event Report]: Jalan Jalan menyusuri Pabrik AQUA di Cianjur " adalah MILIK Blog Mydellilah. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR mohon dilampirkan : buleipotan.blogspot.com (´▽`)-c<‾_‾).




10 comments:

  1. HIPOCI itu sodara nya teh poci yaaaa hahaha berger

    ReplyDelete
  2. HIPOCI apaaaaaaa... Himpunan apaaaa??? Hahhahahahhaa....
    Eh senenggggggg liatnya, seru banget dan banyak bgt ilmunya, tapi gw kepoooo, berapa kali lo kebelet pipis selama 4 jam perjalanan hihihihiiiiii... *kaburrrrrrrrrrrr...

    Mudah - mudahan ada kesempatan lain ke pabrik apa gitu yaaaa hahahahha... SERU!!!
    Btw, ituuu ada gemblong jugaaa tau hahahahhahahahah...

    ROOSVANSIA | LOVE LIFE & MAKEUP JOURNAL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Himpunan petani organik cianjur Indonesia van,
      sekali danitu nahan nya lamost setengah jam, udah mau mati rasa kayaknya, sedihhh kalo gw inget.

      Iyah, agak kuciwa gak masuk ke dalem nya van, soalnya udah kesiangan kesana nya.

      Bukan gemblong kalo kata Reiny sih itu ku ali ali - Donat Khas Cianjur...

      Delete
  3. Gak ada event datengin pabrik keju ya? Eike ikuuut LOL

    Di rumah juga minumnya aqua, tapi ama nyokap tetep ye, dimasak lagi huahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. akh kalo keju mau mak, waktu itu ada yang ke pabrik SA*I Roti malah,

      ahahahaa, ngapa dimaasak mak, kan udah bersih :D

      Delete
    2. Hikzzz... KEJUUUUUU!!! #gegulingan

      Tauk deh nyokap ya, terus kalau aku minum langsung, pasti aku dimarahin, diomelin, dan bla bla bla bla, padahal aku dari jaman 10 tahun lalu minum aqua gak pernah dimasak juga gak sakit =___=;;

      Delete
    3. Oalah, Doyan keju toh mak

      Ahahha, iya karena emg gak dipanasin sih pas pembuatan mak, tp kuman udah pasti mati, macam Pure It lah jatoh nya. Hehehe, gpp lah anak yang baik berarti kao mak XD

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!