[Tips-Trick]: Lakukan hal berikut sebelum membeli Kosmetik

shopping-lady-vector
Lakukan hal berikut sebelum membeli Kosmetik

Sebelumnya Bule bercerita dulu yah . . .
Umur 19 atau 20 tahun adalah umur pertama kali Bule mencoba untuk membeli Makeup sendiri, bukan belinya sendirian tapi beli pakai duit sendiri [biar tidak ada salah paham antara kita ( ̄。 ̄)], dimulai dari menabung lalu ikut arisan, saat itu produk "mahal" pertama kali yang dibeli adalah BB Cream dari Drugstore, namun sayang nya saat itu yang Bule pikirkan hanyalah punya Foundation/BB Cream saja tanpa melakukan survei terlebih dahulu di internet. Survei yang Bule lakukan saat itu hanya bertanya dengan BA/SPG yang ada dikonter kecantikan sebuah supermarket, kalau dirasa jurus "persuasif" masuk akal, Bule langsung terbuai dan akhirnya beli (♥‿♥).

Namun malah kemalangan yang didapat dikarenakan tidak cocok, memang sih harganya gak semahal dibanding BB Cream yang Bule punya saat ini, namun harga 35.000 pada 5 tahun yang lalu sungguh saat menggorok leher mahasiswa, akhirnya Bule beralih pergi ke toko-toko kecil diluar supermarket, di toko yang menjual Makeup/Skincare beranekan ragam brand yang kebanyakan ber-Stiker-kan Brand Luar Negeri, masa itu Bule sungguh memuja Michelle Phan (maklum newbie sejati saat itu), nah si Michelle Phan kan sudah menjadi Icon untuk brand kecantikan Perancis yakni Lancome.

Nah, balik ke omongan toko tadi, Bule iseng melihat keanekaragaman "hayati" di balik etalase-nya, lalu menemukan Foundation cair dari Lancome, isnt it for real?. Lalu dengan penasaran dan sedikit bertaburan kegirangan, Bule bertanya dengan pemilik dagangan,

"Bu, foundation ini harga nya berapa?"
"75.000 ajah de"
"⊂•⊃_⊂•⊃"

Buat Bule, 75.000 termasuk kategori mahal yah saat itu, tapi buat brand sekelas Lancome  itu aneh sekali harga segitu, seharusnya sudah berada di angka ratusan ribu, Bodohnya, sudah merasakan keganjilan, Bule tetap ajah beli tuh produk karena Harga Foundation-nya Murah, eh . .. , gak langung beli deh tapi nabung dulu beberapa hari menyisikan uang jajan dan pas pulang gereja, Bule mengunjungi kembali toko tersebut, dan ternyata si Foundation Lancome itu masih ada. Namun karena masih berasa ganjelan kayak sempilan celana dalam, Bule masih nanya lagi tuh.

"Bu, kok harganya bisa murah yah?"
"Oh ini saya dapat dari teman, makanya harga nya jadi murah"

Bule simpulkan kalo mungkin si "teman" yang dimaksud si ibu adalah pemasok langsung (harga sebelum masuk konter), sehingga harga nya menjadi sangat murah. Nah terjadilah transaksi, dengan mengorbankan uang jajan yang berharga, terbelilah produk abal-abal itu.
Kalau dingat-ingat kembali, Bule merasa kesal, benci, keki terus apalagi yah??#hiks, makanya kalau jalan-jalan ke mall dan melihat toko yang menjual Makeup/Kosemetik berbahaya atau abal-abal rasanya mau Bule labrak biar yang beli sadar kalau mereka tertipu.

Biasanya brand besar yang banyak "di imitasi" seperti brand Urban Decay, Lancome, Mac, NYX, Channel dengan warna-warni produknya dalam keadaan terbuka dengan perbedaan harga aslinya bisa sampai 1:10 juga kemasan nya yang beda jauh. Ada juga produk drugstore seperti Maybelline yang "dijiplak" terutama mascaranya. Nah produk lokal yang banyak di rave oleh emak2x yakni Pensil Alis Viva juga ada palsunya lho, ikhhh . . . .parah kan!!.

Ok, daripada Bule hanya geleng-geleng kepala dan "ajeb-ajeb" melihat banyak penjual nakal ini, dan juga gak habis pikir dengan konsumen yang dengan naive nya membeli tanpa tahu yang beli itu asli atau palsu, coba di ilhami tulisan berikut ini, semoga mencerahkan hari-hari kalian yah:

girl-do-browsing-by-laptop
Tips sebelum membeli Kosmetik

  • Browsing-Browsing-Browsing
Internet saat ini sudah sangat murah sekali ketibang jaman Bule dulu yang harus ke warnet menghabiskan 4000 perak perjam nya, ditambah belum ada tuh smarthphone  yang disentuh jari buat melakukan browsing di selular, lah ukuran layar ajah cuman muat text doank o(╥﹏╥)o.

Hal yang perlu kalian cari adalah: Review dari pemakainya langsung [dalam hal ini kebanyakan beauty blogger, yah salah satunya Buleipotan.com sih, ehem...], pastikan kalau membeli base makeup seperti foundation/bedak itu dari sang penulis yang memiliki jenis kulit yang sama. Lalu lihat juga kemasan aslinya seperti apa, pelajari dan cermati sehingga hapal saat kalian menerima/membeli produk tersebut.

Kalo sudah sreg, cari point dimana saja benda itu ditemukan, dan harga yang paling penting. Paling BT kalo ada yang review gak mencantumkan harga, mau mahal atau murah itu opini kita nantinya apakah tetap ingin beli atau tidak. Karena dengan mengetahui harga, kalian menjadi tahu Patokan Harganya. Untuk produk lokal, pastikan sudah didaftarkan di BPOM, sehingga kalian lebih merasa "aman" menggunakan produk tersebut.

  • Tanya kepada Teman yang lebih tahu
Mungkin saja punya teman yang membeli produk tsb terlebih dahulu, jadi tanyakan saja [jangan ke rumput yang bergoyang]. Bisa saja teman kalian juga termasuk makeup junkie/penggila makeup yang menyukai makeup serta mengikuti trend, namun jangan karena punya teman yang banyak tahu bikin kalian rely on her/him yah, dalam arti semua ditanyakan ke dia, sehingga kita "malas" browsing, kan sekali lagi belum tentu jenis kulit sama dan belum tentu memili efek yang sama.

  • Beli langsung saja di Konter asli
Jika kalian sangat paranoid membeli makeup karena takut ditipu, langsung saja ke konter resminya. Selain ke Konter Resmi bisa juga beli di supermarket, tapi sayangnya apa yang kita mau belum tentu ada dan cenderung lebih mahal, kan?

Nah balik ke nomor 1, kalian browsing dulu, temukan harga, kualitas, gambar produk dari para Blogger/Forum Kecantikan, kalau sudah yakin yah tinggal cari Online Shop yang menjualnya. 

Jika membeli di Online Shop, kalian perlu perhatikan review para pembeli atau sekedar testimonial mengenai toko maya tersebut.

  • Harga beda jauh lebih Murah? Tinggalin
Nah, cerita Bule diatas adalah contoh yang tidak melakukan survey terlebih dahulu, sehingga gak tahu kalo harganya sudah SANGAT JAUH BERBEDA dengan yang aslinya, kenyataan nya Bule mengetahui harganya 2 minggu setelahnya lalu Bule berhenti memakainya, sayangkan...., jadi mubazir ●︿●.

Untuk Skincare, ini nih yang paling rawan dipalsukan, cukup dibilang bisa memutihkan, menghilakan jerawat dan mengurangi flek main beli ajah krim gaje yang dioplos. Nih.. Bule bilangin yah, kalo memang mau membeli skincare untuk wajah, beli lah produk yang sudah mempunyai Brand yang jelas dan terdapat no. BPOM, jangan lupa langsung cek kebenarannya. Ingat yah untuk skincare wajah itu gak murah. Jangan tegado... eh tergoda untuk membeli yang murah dan hasil kerjanya cepat!

Adik Bule pernah ditawarkan sebuah cream pemutih "Tong Fung" [nama disamarkan] yang harga nya kelewat murah, nah dia tergiur karena ada tetangga yang lebih putih setelah pemakaian cream, lulur bla-bla-bla Tong Fung-nya. Syukur Puji Tuhan, adik Bule gak main beli aja, tapi bertanya sama Bule, nah Bule cari deh itu keterangan nya di internet, apa benar sudah ada yang pernah pakai, soalnya varian nya tergolong komplit. Saat dilihat ternyata hasil pencarian nya banyak di internet tapi bukan oleh pemakai melainkan oleh penjualnya, yaiyalah di tulis yang bagus-bagus. Heuh... kurang meyakinkan, mending cut dari awal deh, daripada kenapa-napa.

  • Setia
Setia bukan sama pasangan ajah lho...., tapi sama Online Shop atau Toko Kosmetik juga yang sudah kalian percaya menjual barang-barang asli. Tapi gak bohong juga kalo ada yang jual lebih murah kenapa tidak, yah Bule juga tipe demikian, tapi biasanya pindah-pindah toko/online shop yang jual Makeup lebih miring 10-20 ribu atau karena kota pengirimannya dekat. Kalau Skincare, Bule lebih setia pada 1 toko/Online Shop.

Sebenarnya banyak kawan-kawan blogger lainnya yang sudah melakukan post mengenai bagaimana cara membedakan Kosmetik yang Asli dan Palsu pada produk tertentu, Bule gak bahas itu karena bakalan panjang. Banyak sekali barang palsu beredar yang benar-benar berbeda dengan yang asli, malah yang makin mengerikan adalah yang asli dan palsu nya sulit dibedakan.

Cukup banyak membaca dan mengikuti trend produk makeup, disitu Bule sudah tahu harga dan bagaimana performanya sebelum akhirnya membeli. Jadi intinya Kepo Itu Baik, sering-sering lah kepo blogger di internet, informasi begitu banyak nya sekarang dengan 1 klik.


It's Up to you guys


Nah sekian curhatan hati Bule yah, jadi yang baca gak ada alasan lagi gak tahu atau tertipu lho, ingat yang namanya untuk Makeup maupun Skincare itu krusial jadi jangan main main dengan kulit wajah mu, apalagi kamu perempuan. Deadpool ajah ngamuk, apalagi cewek?? ya... gak... ? hahaha~~~


Ok, udahan akh ngobras nya -  You Rock!!!

Image source by:
all-free-download.com
http://i2.wp.com/static.vectorcharacters.net/uploads/2014/02/Free_Vector_Girl_With_Laptop_Small.jpg


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Tips-Trick]: Lakukan hal berikut sebelum membeli Kosmetik- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


20 comments:

  1. nyesek banget ya kalau beli makeup palsu.. sampai sekarang aku juga hati2 banget untuk beli makeup online. Soalnya ya itu banyak banget yang dagang, tapi kita ga bisa lihat barang. browsing memang sesuatu yg wajib banget deh klo mau beli online untuk memutuskan warna yang sesuai, fungsi alat makeup yang diinginkan sampai kualitas dan kira2 cocok-cocokan skin care.

    curhat banget ya jaman online mesti ke warnet :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw beli banyak dulu mba, tp karena murah gak perlu dicurhatin lah.wkwkwkwkwk
      Iyah, masalah di online memang begitu mba, jdi kadang gw kudu nanya apa yang pernah pakai, dan browsing mpe kelamaan browsing dan barangnya dh Sold Out XD

      ahahaha, yoi, Paket 1 dapet 3 jam cuman ceban XD XD

      Delete
  2. haduuh make up ato skin care emang banyak banget yang palsu apalagi krim abal-abal yang ga jelas tapi menurut aku yang paling bahaya itu make up kw karna ga banyak orang yang tau kalo make up yang mereka pake kw, mereka tau cuma bermerek dan murah hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyah yang KW nya itu benar benar nulis nama produk aslinya lho, belom lagi warna nya menggiurkan dan murah.
      banyak banget sis, mana itu toko rame amat lagi :|

      Delete
    2. rasanya gemes tuh ama toko yang jual terus yang beli juga pengen aku nasehatin bukannya gimana-gimana kan beli make up kw dampaknya langsung ke kulit kalo ga kuat beli kosmetik luar beli kosmetik lokal juga ga papa banyak yang bagus malah huft

      Delete
    3. Sama sis, mau tak nyinyiran kalo pas lewat #ppftttt~~~~
      apalagi kalo liat muka penjual nya yang keliatan sombong bgt -___-

      Delete
  3. Aku dulu jg pernah beli blush on 3huruf yg kw.. Nggak nyadar kalo itu palsu... Soalnya kotaknya lumayan tebel dan setelah browsing eh,ternyata yg asli dijual satuan :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, gpp sis yang terpenting setelah beli langsung cari tahu (ini kalo case nya belom survey yah), dengan begitu kita tahu ini aman atau engga, jadi wajah bakalan aman dari brng abal-abal :)).

      Yang parah kalo daah beli main pakai terus ajah :|

      Delete
  4. Masih belum berani beli kosmetik online....pernah tergoda. Ehm, kecuali brand besar ya...TFS mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diriku doyan banget beli online, karena murah dan jrang beli di mol.

      Kalo masih takut, mending memang beli brand besar yang udah ketahuan sih. intinya memang banyakin cari tahu mak :))

      Delete
  5. Aku pernah ketipu sama krim walet pas awal kuliah. Flek nya masih ada sampe sekarang T^T

    Udah memudar sih, udah di rawat pake produk drugstore. Tapi kan tetep, nyesek. T^T


    iamvinaeska.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihhh.....
      Thank you sis, udah sharing ceritanya.
      penjul-penjual kayak gitu pasti kena deh akibat nya :|

      Delete
  6. sekarang makin ngeri sma yg palsu2. biasanya harga murah yg jadi patokan palsu apa enggak-nya satu produk,tp aku pernah loh beli shampo di olshop besar dan langganan yg ternyata barangnya palsu padahal harga sama kayak yg asli!
    eeh..pas dipakai bikin rontok. padahal sebelumnya udah habis sebotol dan cocok. in the end,baru ngeh kalau botol yg lama beda sama yg baru #hiks
    emang bener,kita harus teliti dan cermat pada packaging asli-nya...dan kadang olshop gitu jga ditipu sma distributor nya, jadi dia nya nggak tau juga kalau barangnya ada yg palsu...hhh,benci banget sma yg memproduksi barang palsu, semoga dikutuk jadi batu!
    *eh,maap malah jd curcol..
    thanks for sharing kak^^

    saycintya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun, distributor bisa ketipu, mereka yang expert ajah bisa ketipu gimana kita yang konsumen, ngeri ikh.
      hhahaha gpp curcol. Thanks yah . . . .

      dlu pas gw lagi Lugu2x nya, gw pernih beli tomatox dari korea de yang palsu, trus gw komen sopan ajah ama owner nya.

      jawaban nya sih baik, eh besok masih dijual juga. aturan gw lebih keras yah...
      pan udah dirugikan XD

      Delete
  7. Makasiiihhh kaaaaak infonyaaa, aku pernah juga beli eyeliner yang ngga ada brand nya, adanya kaya tulisan cina gituh di toko pernik pernik cewe gitu, harganya under 10k, kemasannya lucu banget tapi. eh begitu dipake bikin mataku gatel perih mayan lama, obat matanya harganya 20k. malahan lebih mahal ketimbang si eyeliner troublemaker :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      dulu gw juga pernah kok dek, cuman memang agak ganjel di hati ajah napa harga murah (tetep beli sih, pan murah, hehehe)
      endingnya baru tahu kalo itu palsunya, hahaha

      untung gak kenapa-napa mata kamu yah, hehehe kalah bandar deh, tapi jadi plajaran buat kita . . .

      Delete
  8. sebenernya ini tips berguna untuk semua transaksi, kak. soalnya kemarin pas beli hp ketipu ampir beda 200rb, pas liat review-review ternyata harganya jauh lebih murah harusnya:"")

    btw kl aku pernahnya dpt Milk Cleanser Viva palsu, ya ampun. Viva doang gitu kak yg harganya goceng. Pernah jg beli maskara Maybelline palsu, gak ngerti kenapa dl bisa percaya sm sellernya. Hahahaha

    Salam kenal anw, Kak! Pertama kali komen nih:)

    widhum.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Widi,
      hehehe iyah tips bisa semua brang juga :P.
      Aduh sebel yah kalo ada yang lebih murah nya lagi, hahaha cewek deh gitu XD

      Viva di palsuin? ya ampun, hahahaa
      makanya kemasan beauty product better di rusak entah di bolongin gitu dek biar gak bisa di refill yang aneh-aneh ama Oknum Picik. Kalo maybelline, mascaranya di palsuin udah sering, makanya mending beli di konter asli dah XD

      Salam kenal juga, hehehe :D

      Delete
  9. Inilah kenapa aku selalu beli dari tempat resmi, kalau ada counter di mall, mendingan beli di counter. Kalau gak ada, dan harus import, aku import sendiri, gak pakai olshop kecuali bener2 butuh. Bukannya apa2, buat diri sendiri ini, kalau kulit rusak juga siapa yang repot, bayar dokter lebih mahal cyintah uhuhuhu

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. Huwaaa samaa bgt sis!
    Tadi juga aku di tawarin foundation lancome dgn harga 85k aja, dan katanya hasilnya bagus bgt. Karna kepo dan tertarik pgn beli akhirnya aku browsing dulu:'D
    Alhasil... Harga aselinya sangat jauh berbeda yaa dr yg palsu('o')
    Trs nemu postingan nya mimin deh..dan akhirnya di pastikan cut ajadeh drpada drpada, mending cari yg sudah pasti aman nya.
    Thankss yaa min..^▽^

    ReplyDelete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!