[Chit-Chat]: Kok jasa MUA mahal amat sih?

Kenapa-jasa-MUA-mahal?
Kenapa jasa MUA mahal?

Ngobrol santai sambil buka pikiran yuk . . .
Apa deh maksud nya, yah kadang hal-hal baru ataupun ilmu akan lebih mudah diresapi dan masuk ke alam pikiran kalau pertama kita buka pikiran. Ok Bule mau bahas perkara itu karena sepertinya topiknya menyenangkan untuk dibahas, ya kan??. Semua perkara pasti timbul karena adanya perbedaan pendapat, nih hal berikut yang bikin Bule "gatel" pengen nulis.

"Kok di jasa Make Up segitu mahal nya sist?"
"MUA itu kok harganya mahal yah?"
"Ya.., kita kan temen, cincai lah yahh"
"Ikh, cuman buat bentaran aja Make Up-nya, masa harganya segitu"

Bule bukan MUA sih yah, jadi kadang malah suka Make Up-in orang, buat men-challenge diri sendiri [jadi jangan ngamuk kalo masih trial error yah], tapi kalau yang memang MUA asli yang mengurusi Wedding Makeup, Graduation Makeup, Photoshoot Makeup yah omongan nya jadi berbeda dong. Banyak Bule dengar dari teman-teman blogger ataupun sekedar membaca saja, masih banyak orang "awam" yang tidak mengerti kenapa jasa seorang MUA alias Make Up Artis alias Pekerja Seni Make Up itu cenderung mahal. Kalau di telisik itu standar lho jika mengeluarkan 200-500 ribu sekali Make Up dari seorang MUA, namun masih banyak yang "menganggap" harga itu masih mahal, kenapa yah mereka berfikir kalau Make Up itu seharusnya murah?
  1. Apa karena kita cuman nemplok-nemplokin butiran bedak ke muka nya, makanya terlihat sepele?
  2. Apa karena kita belum punya bengkel atau salon sendiri makanya dibilang belum layak dibayar segitu?
  3. Kan cuman buat photo 1-2 jam ajah, gak dibawa tidur Make Up nya, mahal dimana nya?
  4. Yang terkenal dan banyak "pasien" nya ajah gak semahal kamu lho!
  5. Kita kan temen, masa kamu kasih harga segitu ke aku sih?, ini cuman Make Up lho

CUMAN?!!!
Dia bilang cuman Make Up?
Oh come on, really?? (⊙︿⊙)

So, mari kita buka pikiran sejenak yah, kenapa MUA tidak bisa ditawar dengan harga yang "anjlok" dan mengapa harga MUA sedemikian rupa?. Berikut beberapa rahasia yang harus kalian tahu sebelum menawar harga kepada Jasa Makeup seorang MUA/Make Up Artist.


MUA itu juga Sekolah atau minimal Kursus.

Siapa bilang belajar menjadi MUA itu gak keluar uang?
Untuk mengambil sertifikasi, tentu harus belajar dengan Sang Ahli atau mungkin mengambil sekolah Make Up dan di sekolah Make Up juga masih di bedakan dengan jenis program yang mau diambil itu apa. Harga nya bervariasi dan tentu menyentuh angka JUTAAN atau belasan juta untuk beberapa bulan saja dan belum termasuk biaya tools Make Up nya sendiri (belum bayar model, belom ongkos ke sekolahnya, belum beli bahan Make Up sendiri, belum biaya Makan dll). 

School-of-Make Up
Sekolah Make Up

Kalo tidak ada budget segitu, bisa mencari alternatif dengan Kursus Singkat atau Private Course dengan seorang MUA kondang, biasanya cuman beberapa kali pertemuan saja, dengan singkatnya pertemuan tentu kalian calon MUA harus memperbanyak pertanyaan dan juga sering latihan agar hasil nya maksimal. Nah, Bule pernah kok menjadi model seorang teman, untuk sekali pertemuan saja dengan durasi waktu 3-4 jam di hargai 750.000 lho, tiap MUA memiliki harga sendiri, semakin "kondang" MUA tersebut semakin mahal biaya kursus nya.

"Nah . . .. Masih bilang MUA gak keluar modal?"



Beli Make Up nya juga MODAL . .

Seorang MUA juga harus merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli semua peralatan Make Up, kalau seorang Make Up Junkie/Penyuka Make Up membeli apa yang cocok dengan dia saja, beli foundation yang sesuai dengan skintone dia pribadi, lah.... kalo MUA wajib punya beberapa warna foundation dan bedak agar bisa masuk ke skintone tiap "pasien" nya.

Belum beli kuas dari mulai kuas mata dan kuas wajah, dan pasti beberapa beli double biar kalau kotor bisa di backup dengan yang satunya lagi. Belum beli eyeshadow, blush on, eyeliner, mascara, bulu mata berbagai varian. Ngek..ngok kan beli nya ಥ_ಥ

Dan level tools & Make Up juga bervariasi, ada brand yang cenderung mahal semua (High End Brand Make Up), ada juga yang Make Up Murah alias Dupe Makeup (duplikat yah bukan KW). Perbedaan harganya saja bisa 1:5 sampai 1: 10 lho, bayangkan itu saudara-saudara se-Nusantara!


High-End-vs-Cheap-Make Up-Product
High End vs Cheap Make Up Products

Kan sama saja hasilnya di wajah?
Bener sih gak salah-salah banget karena kembali kepada wajah "pasien" namun ini semua tergantung kebutuhan masing-masing. Kalau buat acara yang formal berjam-jam dan butuh keawetan alias Make UP yang tahan lama tentu kalian harus menggunakan brand yang TOP markoTOP. Tapi kalau buat acara yang gak lama tentu, yah gak perlu yang "kelas berat" juga. Selain dengan tahan lamanya, tentu hasil berbeda donk. Contoh:
-Harga Foundation dari Este Lauder berkisar 550.000 Up, ber banding Revlon Colorstay 160.000
-Harga Eyeshadow Pallete Urban Decay 1/2/3 berkisar 700.000-800.000 berbanding Coastel Scent Revealed 270.000-300.000
dan sebagainya lalallalaa . . . . .


"Ada harga ada rupa kan sis??"


Nah, sekarang MUA bisa mahal tergantung kemampuan nya...

MUA itu kan pekerja seni tentu taste dan preference nya berbeda-beda dong yah, ada yang suka dengan tampilan Matte ada yang suka dengan tampilan Fresh, ada yang bisa Make Up in orang harus cukur alis, ada juga yang tanpa cukur alis. So... sebelum "menyewa" jasa seorang MUA, ada baiknya kalian melihat portofolio "hasil kerjaan" si MUA, apakah masuk selera kalian atau tidak.

Skill alias kemampuan tiap MUA berbeda lho, berikut hasil "tangan ajaib" seorang MUA:

artist-with-and-without-Make Up
Artist dengan-tanpa Make Up (Ashley Judd dan Kate Moss)

artist-with-and-without-Make Up
Artist dengan-tanpa Make Up (Katie Holmes dan Madonna)


Kalo gak percaya skill MUA itu segaris lurus dengan harga nya, hati-hati nanti kalian mengalami hal ini:

angeline-jolie-kelly-osbourne-mellisa-joan-eva-longoria
FAIL MAKE UP (Angeline Jolie, Kelly Osbourne, Mellisa Joan, Eva Longoria)

Nah, gak mau kan jadi nya mengalami Fail Make Up seperti diatas. Apalagi untuk acara yang menjadi sorotan umum dan banyak di photo.

Tambahan Bule

Oia, ada juga beberapa hal lain nya yang perlu kalian tahu seperti:
MUA KERUMAH, hahahah. . . . .
Biasanya kan Guru ke rumah kan...?, itu tuh selembaran yang biasa ditempel di tiang listrik sebelahan sama Sedot WC, nah kalau kalian mau MUA kerumah untuk mendandani kalian, tentunya ada biaya tambahan selain biaya Jasa Make Up, memang jalan gak pakai ongkos??. Belum lagi harus packing itu semua peralatan Make Up jadi satu yang notabene BERAT book... ( ̄□ ̄)!.

Lalu hal lain yang dialami MUA adalah stand by ditempat untuk Touch Up Make Up, biasanya untuk acara prewedding, photography atau wedding, yah namanya meminta orang untuk selalu stand by yah ada lagi donk charge nya, ingat waktu itu adalah uang. Daripada menunggu "pasien" dan gak dibayar, mending pulang kerumah, tidur terus baca baca [blog buleipotan.com pastinya XD].


Menurut ngana..?


Nah....
bagaimana sekarang?
Sudah paham mengapa harga Jasa MUA itu sedemikian rupa atau ada "Harga", sebenenarnya bukan Mahal sih melainkan perlu lagi dihargai kerja MUA itu seperti apa. Sebenarnya MUA bisa juga "ditawar" (ini juga kalau teman) jika kita benar/sopan dan tidak memaksakan kehendak apalagi membanding-bandingan dengan orang lain.

"MUA adalah juga manusia"

Bule rasa sekian dan terima kasih sudah pantengin tulisan Bule, mau beropini boleh saja, asal jangan nawar sadis. Loph and Gahol~~~~


Source and Image Source:
http://zeffazetiramua.com/2016/02/23/makeup-artist-mahal/
http://makeupdansanggul.blogspot.co.id/2011/05/kursus-make-up.html
http://cdn.klimg.com/fimela.com/resources/sites/default/files/article/2014/pages.jpg


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Chit-Chat]: Kok jasa MUA mahal amat sih?- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


54 comments:

  1. Ah, setuju banget sama post ini. Semua tulisan dari awal sampai akhir "Jempol"

    Secara kan ya sekarang makeup mihil-mihil bingoowww..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ada tombol jempol yah :D
      emebran, mahal mahal banget, bisa sih beli yang middle end biar jasa nya murah tapi yang pasti bedak kan hasil nya...

      Delete
    2. Haha bener banget langsung di like deh.

      Ya beda seh hasilnya, jelas banget. Beda harga beda kualitas lah ya.

      aku aja wisuda sampe makeup sendiri saking ga percaya MUA di kota aku, maklum takut makeup KW :D #curhat

      Delete
    3. sama lho, kalo gw karna tahu MUA mahal jadinya mending mekapan sendiri #anaknya mau nya hemat . . . .

      Delete
    4. Hahahaha.. Tapi ujung2nya juga karena mau hemat seh karena makeup yg kita beli jadi milik pribadi kan ya kalau misal ada yg kurang pas mau wisuda gitu pasti beli. Hahaha ngirit, maklum cewek :D banyak kebutuhan. (kebutuhan makeup yg lain)

      Delete
    5. iyah, jadi gak keluar banyak Budget.
      Mending jadi milik pribadi bisa dipakai lain waktu, hahahiii

      Delete
    6. Hahahha.. Maklum ya ciwik-ciwik kerjaan ngirit mulu. Wkwkwkwk senang juga kan ya sama hasilnya karena sesuai keinginan sendiri.

      Delete
    7. hahaha, biasanya ngirit kalo udah boros sama satu hal yang disuka.
      Ya, minimal jadi belajar juga kan kita, mulai dari wajah sendri, hohoho

      Delete
  2. Nah stuju banget nih... Masih banyak yang ngangal jasa mua itu kemahalan. Padahal dia gak tau seberapa penggorbanan MUA.

    Plg bete deng tipe klien yang mau harga murah. Tp pakai makeup high end. Plus ketika di makeupin gayanya perlente. Hiiiiii. Gemmezzzzz jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jahhh, dia tahu barang mahal tapi maunya murah yah. weka-weka.. ini mah epic jeng....

      gyhahahahah . . .Parlente (〃^∇^)ノ

      Delete
  3. Setuju banget mak, jasa makeup ini sama polemik nya kayak design/ilustrasi murah. Orang awam cenderung gak apresiasi & gak ngerti proses dibaliknya, karena mereka pikir toh "cuma jasa", bukan barang jadi yang nilainya bisa keliatan kasat mata. Hadeh..pola pikir begini yg mesti dirubah nih xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah kayak buat ilustrasi ato ngegambar juga msh ditawar sama sadis nya mak.
      Kalo gw gak pernah pake sotosop, gw gak paham susahnya gimana hanya untuk jadi 1 gambar, thats why i do feel you makk ... :))

      Delete
  4. hahaha demen banget dah sama postingan lo riff! mantap

    ReplyDelete
  5. Kalo MW murah make up sendiri aja bow :p aku justru jadi ragu kalo dpt MUA yg biasanya murah mba. Lgs kepikiran, make up yg dipake apaan tuh.. Wajah bisa bruntusan kalo pake yg kw :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, dengan begini kita jadi bsa research juga kan apa aja tools makeup yang dipakai, dan masalah kebersihan nya juga mempengaruhi mahal engga nya. Justru curiga kalo murah bgt -__-

      Delete
  6. Ih setuju bget.. MUA juga manusia! Jdi inget kjadian ada org yg blg "mekap gtu aja mahal" oemjiihh, dikira kita mekapin orang pake mekap kw dipasar hiks :(
    Tapi aku yakin kbyakan yg komen kyak gtu pasti gak ngerti makeup si :|

    my-makeupdiary.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha~~~
      padahal JOB bikin cantik dan natual sama orang itu susah banget dah..
      tapi mau nya murah :(

      Delete
  7. Iya mahal2 bgt, tp sebanding sm hasilny.
    *brb sekolah makeup xD.


    Dlu wktu farewell party ada tmen aku yg make up'an ke salon dgn harga 50 rb. Dan dia blng itu mahal.
    Mnurut aku harga sgtu sebanding sm hasil ny "pecah2".
    Dan parahnya bbrp produk yg d pake adlh produk KW.

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah...
      baru baca lagi dek ada yang sampai puluhan juta juga.

      Nah kan de.....
      padahal ini masalah wajah lho yah seharusnya lebih aware dan lebih sayang, dikiran meraka udah bagus 50k, ya ampun ~~~~~~
      sedih gw dek bacanya....

      Delete
  8. Isi hati gueee bgt sebagai MUA.. Msh bnyk yg suka mandang sebelah mata :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaaa~~~
      gw menyuarakan yah sist.
      ya kali samdey, gw jadi MUA juga, gw kasih nil link tulisan.
      Biar melek! hahahaha

      Delete
  9. Maaf banget nih... tulisannya gak kebaca :( background nya transparan, text nya susah dibaca... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru baca tadi di grup, untung udah fix yah :D

      Delete
  10. Bule, aku sangat setuju dengan tulisan ini, sangat menarik! Izin share, ya. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal sist Bintari, salam kenal :))
      silakan di share, semoga makin membuka pikiran yang lain :P

      Delete
  11. setuju bangeeett... sampe capek harga ditawar n dibandingin trus sm yg lainnya yg bisa ngasi lebih murah -.- hahahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditawar lalu di nyinyir "masih lebih murah yang lain dari kamu"
      yaudah Bhay!!
      hahhha

      Delete
  12. orang yang daily nggak make up atau yang nggak pernah ngrasain sakitnya beli make up emang ngga tahu. maunya murah hasilnya keceh. ih sistt... produk mahal hasilnya bajuss jugaaaaa

    weits, daku bukan MUA sih cuma menyadari sakitnya beli make up bagus karena pernah sesekali beli dan mewek sebulan kemudian hahaha. beberapa temen aja bilang aku pemborosan di make up, soalnya mereka NGGAK pernah suka make up jadi NGGAK tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sist kalo yang gk pernah beli makeup dan gak ngikut prkmbangan makeup, gak akan tahu gimana rasanya antara beli makeup yang mahal dan murah bedak nya dimanaya,

      Hahhahaa, mereka cuman belum negrti kenapa bisa spending duit lebih banyak di makeup, susah sih kalo dah syuka :P

      Delete
  13. entah kenapa liat fail make upnya kelly langsung ketawa xD makasih ka penjelasannya^^

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa sama dek, untuk sekelas artis Hollywood ajah kesalahan bisa terjadi.
      Sama-sama dek :))

      Delete
  14. Ih setuju pake banget!
    Aku bukan MUA tapi kadang ada orang yg pengen/butuh dimakeupin, ya aku mau aja kalau dia percaya lumayan buat nambah2 jajan makeup hahaa.
    Yang ngeselin mentang-mentang temen trus minta gratis mulu bukan diskon lagi. Walaupun yg dibeli masih tingkatan drugstore doang tapi kan pake duit ya, dapet ngumpulin. Sedih. Jadi curhat deh. T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gpp curhat.
      ini juga tulisan nya berdasarkan curhatan yang mengalami nasib serupa kayak kamu, yang minta gratisan, bukan diskon.
      sebenrnya sih kalo temen balik ke kita nya yah, krna gw pernah mekapin teman dengan gratis karena gw mau dan malah seneng bisa belajar, dan dia jg kasih feedback.

      tapi kalo kita merasa gak bisa gratis better harus ngomong dr awal, krna itu tadi belinya pake duit, dan kadng bisa bikin kita Puasa beli yang lain, atau mungkin ampe puas makan #Hahaha

      Delete
  15. biasa org indo pengen bagus tp murah wkwk
    aku malah sblm pilih MUA nya mesti tau dulu makeup yg dia pake apaan, muka cin aset, terakhir ak pake jasa MUA murah sih sekitar 350 tapi makeup yg dia pake contour aja pake ABH, NYX, rimmel, ultimaII, etc. kehitung murah tuh karena kalo liat makeup nya mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untunglah sudah banyak yang sudah sadar, ahahaha~~~
      Itu mah murah itungan nya.
      Nah bener tuh, konsumen kalau berasa mahal saat bisa milih MUA yang dandanin dia, coba cek apakah MUA itu memperhatikan personal hygiene, Brand makeup yang dia pakai, dan juga skill yang jadi perhitungan jasa seorang MUA. Makanya kalo kriteria ini masuk dan dia mahal, wajar banget, tepat banget kan wajah aset XD

      Delete
  16. Yoiih banget inihh postingannyaahh. Enaknya dapet klien itu yang juga ada di bidang desain, soalnya mereka ngerti pengorbanan dan usaha yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil "desain" yang ciamik. Kadang juga suka ada komen, "cuma dandan dikit gitu doang mah lebih murah ya", ato gak, "masa dandan cepet gini aja mahal harganya". Ya kan itu bisa cepet karena skill yang makein, coba situ yang pake sendiri. Lama juga belom tentu hasilnya bagus. Huhuhuhuuu *malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, coba tiap orang pengertian yah kalau jasa di bidang seni ada harganya :)).
      Hahhaa, dandan dikit, kalo brand nya yang TOP-TOP ketohok juga pan, dibikin cantik malah nawar, arghh~~~
      hhaaahaha, gpp, keluarkan lah keluh kesah mu :P

      Delete
  17. Bener banget kak :D
    andai semua orang memahami ini, hiks :'(
    kan gak bikin baper ketika negosiasi terjadi
    hahahhaha
    apalagi udah kena teman sendiri, haduuuuh
    susah buat ngasih harganya :D

    ReplyDelete
  18. muantabs ngets kak (y)
    andai semua orang paham hal ini
    kan gak bikin baper ketika negosiasi terjadi, hiks :'(
    apalagi udah kena teman
    haduuuh, susah buat ngasih harganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, soalnya bidang gini di under estimate banget dek, kesan nya job kelas 2-3-4 dst, jadi sering di tawar se tega-teganya, hahhhahaa

      Delete
  19. Bokkk... curhat juga ya, pernah banget dimintain dandanin keluarga pengantin.. cm 4 org. Aku kasi harga temen. Tp doi minta 50k/org udah sm hair do sambil muka memelas. Trs lokasinya luar kota (7 jam dr rumah) dan dia nawar biaya transport (ongkos travel bisa gitu ditawar). Aku langsung angkat tangan... berpaling dan tak menoleh lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. BYE !!! #Capslock Jebol XD XD
      Sadis gilaaaaaaaa . . . .
      hahahaa, masih kah tak menoleh ampe skarang mba :P ????

      Delete
    2. Kalo tawarannya bagus,.ya noleh laaah.. wakakakak

      Delete
  20. Booooh, eike dandanin diri sendiri aja belentongan, pakai dandanin orang lain, bisa kiamat dunia wakakakakak

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...
      Gw pengen suatu hari mak XD.
      Doaaakaaannnn....

      Delete
    2. SIP! Suatu hari kamu pasti bisa jeeeeng!

      Delete
  21. Gw bukan MUA sih, cuman makeup practitioner aja, kadang org indo panggilnya makeup artist padahal gw cuman otodidak aja, yah walopun model2 gw sodara semua jadi gratislah buat dicorat-coret. Kalo mereka mau didandanin, tapi maunya yang murah ya kasih aja murah, tapi gajanji bisa bagus, bisa tahan lama, bisa cantik pas difoto. Hahaha. Harga 300/500 dianggal mahal, belom tau ya lipsticknya aja udah 550, hahaha. Bunuh diri deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih sharing nya sist,
      moga moga banyak yang baca biar nambah pengetahuan mereka :))
      dan gak nawar sadist yak XD XD

      Delete
  22. Hahaha dulu sih, duluuuu banget sebelom punya duit dan belom kenal mekap, denger harga rias mahal, tuh agak alergi-alergi gimana gitu :))

    Eh tapi emang tergantung MUA nya sih, dulu pernah minta make up di salon, MUAnya gak mau ngasih contoh make up, dan... eng-ing-eng hasilnya nggak sesuai sm selera gue. Endingnya make up dari salon, gue hapus semua, dandan sendiri. :| sungguh, 300 rebu yang tersia-sia. Jadi pilihlah MUA yang sesuai!!

    Skrg krn udah sering bergahul sm perias rekanan, jadi ngerti make up paket 1 juta nih kayak gini, yang ber puluh2 juta kaya gini :))) Apalagi kalo pengantin tradisional, sumpeeeh dah kasian perias nya tauuk. :(
    Kalo denger ada yang minta make up harga nawar, rasanya pengen getok-getok! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset, mayan kan 300 rbu.

      Haha, karna udah tahu jadi paham yah gun perasaaan ditawar sadis :((

      Untunglah kita sudah mengerti skg, hahai

      Kapan kapan mekap mekapan lah~~~

      Delete
    2. Iya bul, belom lagi kan MUA pengantin gitu biasanya kebayanya ada yg bikin itu modal banget yah, belom lagi roncean bunga melati, itu harganya lumayan,siz.

      Apalagi yg nikahnya di rumah, seharian perias harus standby cooy! baju 3 kali ganti, otomatis rias, 3x ganti. fyuuuu~ *pusing pala berbi, bayanginnya*
      Yang nikah 2 jam di gedung aja capek, bisa bayangin yang sehari-semalem, capeknya gimana? :D

      Heran gue, yah namanya orang ada aja sih yang minta potongan harga paket, makeup dan dekorasi. fyuu~ ealah jd curhat :))))


      hahaha hayuk-hayuk mekap-mekapan, ajak-ajak yaa XD

      Delete
    3. Waksss....
      Ibuk lebih paham dan geram sepertinya dari saya. Hahaha


      Moga moga gak banyak org nawar harga sadesss lah ama MuA. Pedih euyyy


      Ayokkk mak, sedih kita lom kumpul lagi ={

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!