[Testimoni] : Penyebab kulit mengelupas drastis dan Pro Kontra Cetaphil

Soft+hands+wallpaper
Soft hand skin

Teruntuk kulit tangan Bule, yang teramat jarang mendapatkan perhatian, meskipun sudah bekerja keras untuk tiap-tiap ketikan di blog ini, tapi tetap saja tidak mendapatkan perhatian lebih. Maka post ini didedikasikan untuk menjadi self reiminder lupa nya Bule ini terhadap kulit tangan Bule sendiri. #hatchiii~~~~

Jadi kasus nya pada kulit tangan Bule adalah akhir akhir ini, tepat bulan Mei ini sering sekali mengalami pengelupasan kulit telapak tangan bukan hanya di beberapa bagian saja tapi seluruh bagian telapak kulit tangan, kasusnya beneran seperti ular yang ganti kulit, tahu gimana ular ganti kulit, kan? gak nanggung-nanggung, bener-bener sekujur badannya mengelupas. Pengelupasannya sendiri bisa sampai 2 kali seminggu saking kering nya.

Bule rada panik, belum lagi rasa malunya saat harus berjabat tangan dengan orang namun malah lupa membawa lotion or hand cream dalam tas. Di waktu senggang, biasanya Bule telaten robek sisa-sisanya, namun survey membuktikan, Bule tidak serajin itu. Bule mencurigai "tersangka" yakni sabun tangan Bule, oh iyah sama seringnya kulit tangan Bule berkeringat tidak di udara panas tapi juga dingin. Bule pernah bertanya penyebabnya, namun Bule belum mencoba nasihat untuk berobat ke dokter kulit. Bulan depan mungkin yah. Buat yang penasaran dengan gimana rupanya kulit tangan Bule saat dia mengelupas, seperti ini nih:

Flaking+skin
Penampakan saat kulit mulai mengelupas, kasar banget

BOO!!

Flaking+skin+at+hands
Penampakan kulit mengelupas dari dekat

Ngeri yah??

*Mayan dahhh buat bikin nakutin tukang kredit...
Lama-lama Bule jadi terbiasa, tidak ada rasa gatal maupun perih selama proses pengelupasan. Menurut yang Bule baca dari | Skin.co.id | ada beberapa penyebab kulit terkelupas seperti:
  1. Eksim adalah suatu kondisi kulit dimana mudah sekali menyebabkan kulit mengelupas. Daerah sensitif seperti jari dapat dengan mudah terkelupas karena gangguan kulit tertentu.
  2. Sunburn adalah alasan lain yang dapat menyebabkan kulit mengelupas. Paparan sinar matahari yang intens akan menyebabkan lapisan luar mengelupas untuk menggantinya dengan kulit yang baru.
  3. Psoriasis adalah kelainan kulit yang menyebabkan proses pergantian atau pembaharuan kulit.
  4. Suhu dingin yang ekstrem dapat mengurangi kadar air pada kulit dan membuat kulit mengerut dan mengupas.
  5. Penggunaan bahan kimia dapat menyebabkan kulit mengelupas terutama di sekitar ujung jari.
  6. Mencuci tangan sesering mungkin akan mengarah pada kulit berjumbai dan mudah terkelupas.
  7. Penyebab lainnya adalah alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain-lain.
  8. Jika ingin kulit Anda tetap bersinar dan lembab sehingga tidak terkelupas, maka jauhilah minuman seperti alkohol, soft drink, dan minuman yang tinggi kafein.
Bule hapal deh, itu yang Bule highlight itu adalah kebiasaan Bule pakai banget!. Semoga ini hanya masalah kebiasaan yah bukan karena apa-apa.


Seberapa sering Bule mencuci tangan?

Washing+Hand+Ilustration
Seberapa sering Bule mencuci tangan

Sering, lebih sering daripada kalian mengedipkan mata. Hahahaa hiperbola banget ini mah, tapi serius deh, seringnya itu bener-bener parah sampai Bule bisa mengkonsumsi tisu toilet sekitar 2-3 roll besar setiap bulan nya secara pribadi, itu semua karena Bule harus mencuci tangan karena keseringan berkunjung ke toilet. Itu belum ditambah saat cuci piring, cuci baju dan pel rumah. Sepertinya masuk akal kenapa kulit tangan Bule mengering dengan drastis, plus habit tangan yang sering basah.

Menggunakan lotion atau hand cream menjadi hal yang merepotkan, karena kebiasaan ke toilet lalu cuci tangan kadang merasa mubazir pakai hand cream dkk. Belum lagi kalau keringat di tangan nya "kumat" lagi, udah pasti bikin basah dan jadi gak enak di tangan. Kebiasaan mengkonsumsi kopi atau teh juga harus Bule kurangi, Bule konsumtif banget sama 2 jenis minuman ini. Seperti candu buat Bule.


Bisakah diobati selain ke dokter?

Harus kunci kelembaban sih faktor utamanya, jadi sehabis mencuci tangan seharusnya langsung menggunakan lotion or hand cream yang berfungsi untuk mengunci kelembaban alami kulit tangan, sehingga air yang masih di dalam tangan tidak membuat kulit kering. Dan seperti nya sih ya, Bule harus eleminasi sabun pencuci tangan yang Bule pakai sekarang kalau enggak ini pengelupasan kulit tangan akan terus terjadi.

Bule belum mau pergi ke Dokter sebelum Bule merubah habit Bule yang salah dulu, jika tidak significant, Bule baru deh menyerah, pasrah dan ikhlas berobat ke dokter (kesannya ....)


I give it try for Cetaphil

Cetaphil+Review+For+Skin
Produk unggulan Cetaphil

Ini beneran pertama kali mencoba Cetaphil, Bule browsing sih, banyak banget ulasan cenderung positif tentang produk asal Canada yang katanya terjual 1 botol permenit nya. Cetaphil juga direkomendasikan oleh para Dermatologist, sampai ada cerita yang dimana seorang ibu yang sudah kehabisan akal dengan penyakit kulit yang dialami oleh anaknya, sehingga harus berangkat ke Singapura untuk mendatangi Dokter spesialis, yah jauh jauh datang malah dianjurin pakai produk cream moisturiser-nya produsen Galderma ini ajah. 

Kalian bisa menyimpulkan kalau Cetaphil adalah produk ekslusif (therapeutic), untuk penangan kulit sensitif yang "super bawel" dan kelainan pada kulit seperti jerawat, rosacea, kulit kering, dermatitis, eksim, impetigo, psoriasis, ruam kulit pada bayi maupun sunburn. Dari sekian banyak produk yang didistribusikan nya oleh PT Parazelsus Indonesia ini, Cream Moisturiser dan Gentle Skin Cleanser menjadi favorite Dermatologists (ahli kulit dan segala penyakt kulit) dan Pediatricians (ahli penyakit anak).


Ada paraben di komposisi Cetaphil Sengtle Skin Cleanser?

Gentle Skin Cleanser adalah sabun 'no sabun' untuk kulit, makanya namanya cleanser bukan foam, karena produk Cetaphil satu ini membersihkan wajah tanpa melibatkan busa sama sekali, juga bebas-comedogenic dan tanpa bahan pewangi didalam nya. Ini adalah produk andalan Cetaphil, namun beneran bisa bersih gak yah? Berikut list komposisi Cetaphil Gentle Skin Cleanser itu sendiri: 

  • Purified Water (Air yang dimurnikan)
  • Cetyl Alcohol
Ini berguna mengurangi gesekan juga membuat kulit lebih licin. Berguna melumat kombinasi antara air dan minyak dan tidak berubah menjadi isopropyl alcohol jadi tidak memberikan efek kering atau mengiritasi kulit.
  • Propylene Glycol
Kosmetik biasanya menggunakan propylene glycol sebagai kendaraan yang bermaksud membawa bahan aktif. Dia akan menghidrasi dan menabahkan kelembaban di teksture dan tone kulit. Propylene glycol juga akan mengurangi jumlah pengelupasan dan penyebab kulit kering. Saat banyak komunitas di interner mengatakan propylene glycol adalah asal mula antifreeze, analisa ini tidak menunjukan ini sebagai kebenaran.
  • Sodium Lauryl Sulfate
Biasa disingkat dengan atau SLS, yang menghasilkan buih dan bertidak sebagai surfactants. Surfactants ini mengantarkan produk pada kulit dengan mudahnya dan mengurangi 'tegangan' pada permukaan kulit. Ini banyak dipakai pada komposisi produk personal care untuk kemampuan menghasilkan buih nya. Saat dimana ada banyak spekulasi yang berkembang SLS itu pemicu kanker, namun belum ada studi kembali yang menunjukan hasilnya lagi.
  • Stearyl Alcohol
Ini adalah fatty alcohol yang melembutkan dan sebagai emollient kulit. Fatty alcohol juga menjaga bahan-bahan additives tetap utuh dalam senyawa sehingga tidak rusak.
  • Parabens (methylparaben, propylparaben, butylparaben).
Nah ini sih sepertinya hal yang sering di perdebatkan "kearif-an" nya dalam produk kosmetik atau skincare. Kombinasi preservatives ini digunakan untuk memperlambat tumbuhnya microorganisme yang membuat produk menjadi kadaluarsa. Oleh FDA (U.S Food and Drug Administration) ini diperbolehkan asalkan pada level rendah yang telah ditentukan. Parabens sendiri adalah preservatives yang paling rendah menyebabkan dampak iritasinya, karena itu paling sering dipakai dalam produk produk kosmetik dan personal care.

Cetaphil+flowcart+use
Petunjuk penggunaan produk Cetaphil untuk kulit tertentu

Diatas adalah informasi penting untuk kalian yang ingin tahu urutan penggunaan produk Cetaphil sendiri. Ternyata bukan hanya kulit sensitif, tapi kulit berminyak juga memiliki line nya sendiri. Untuk produk yang akan Bule coba ini ternyata lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif, tetap akan Bule coba jelaskan dengan kondisi kulit wajah dan tangan yang Bule miliki.


Gimana sebenarnya kondisi wajah Bule? 

Ini review atau testimoni yang Bule alami sendiri selama beberapa kali pemakaian (Kurang lebih 2 minggu penggunaan). Jenis kulit yang Bule punya itu adalah: Kulit wajah berminyak parah, kulit tubuh cenderung normal-kering (untuk tangan dan kaki teramat kering). Seperti ditulis diatas tadi, brand yang sudah masuk di Indonesia tahun 2013 lalu ini akan Bule bahas 2 hot item nya saja yakni :

Cetaphil+review
Bule akan review 2 produk Cetaphil nih...

  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser (sabun pencuci wajah atau sabun badan)
  • Moisturising Cream (untuk kulit kering kronik).


Si Sabun "no sabun" dulu yah:

Cetaphil+Gentle+Skin+Cleanser+review
Si sabun 'no sabun'

Brand : Cetaphil 
SubBrand : Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Varian : Skin Cleanser ( For All Skin Type)
Ukuran : 125 ml
Harga : 109.000 235.000 (versi lazada)
Pengenalan :  A powerfully gentle wash. The award-winning soap-free formulation of this cleanser has won numerous awards from beauty industry insiders and the healthcare community. Its gentle, non-irritating properties soothe your skin as it cleans. Cetaphil Gentle Skin Cleanser is formulated to work for all skin types, even for babies.


Ini ukuran kecil, ada lagi yang size nya yang 1 liter. Deskripsi singat Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah:
  1. Cocok untuk segala jenis kulit (wajah maupun tubuh)
  2. Tidak menyebabkan iritasi kuli
  3. Terdapat formula pH-balanced non-soap
  4. Bisa digunakan dengan atau tanpa air

Cetaphil+Gentle+Skin+Cleanser+review
Keterangan tulisan pada tubuh kemasan

Kemasan- Kemasan kecil ini tidak memiliki pump seperti versi besar, normalnya dia berjenis flip-top untuk menutup-buka produknya. Desainya juga dibuat bewarna putih dengan design simple. Ini emang jenis kemasan yang cocok, karena tekstur Cleanser ini cair gak seperti sabun pembersih wajah yang kalian beli di supermarket deket rumah, karena kan ngeri tumpah kalo pakai gaya ulir gitu.


Cetaphil+Gentle+Skin+Cleanser+review
Tekstur cairan pencuci wajah Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Tekstur- Liquid produk nya itu semi trasparant, teksturnya mild dan tak memiliki wangi apapun. Nah sekarang tahu kan kenapa kemasan seperti itu, tidak seperti tube. Pas di keluarkan isi nya tuh soft banget, gak lengket juga ditangan. Adem juga, gak ada sensasi apa-apaan.



Cetaphil+Gentle+Skin+Cleanser+review
Bule menggunakan lap rendaman air hangat untuk membilas

Cara Pakai- ada 2 cara yang direkomendasikan oleh Cetaphil yakni basah dan kering. Basah adalah teknik pada umumnya, yakni mencuci wajah lalu dibilas dengan air, Kering adalah teknik baru buat Bule, jadi cukup kalian pakai kan pada wajah kalian (kulit wajah dalam keadaan kering lho, tidak dibasuh dengan air) massage pelan seperti sedang mencuci wajah, lalu di lap dengan kain kering/tisue. Teknik kering sepertinya tidak ingin Bule terapkan pada kulit berminyak Bule, selain masih aneh, Bule khawatir tidak cukup bersih untuk kulit kelas berat Bule.

Pemakaian di kulit- Maka Bule lebih sering menggunakan teknik basah, meskipun tetap Bule tidak suka dengan sensasi tanpa busa nya, seperti hanya lotion yang begesekan dengan kulit, Bule juga khawatir hasil nya tidak bersih. Bener-bener gak merasakan esensi mencuci wajah sama sekali, iyah Bule merasa aneh deh. Jika kalian memiliki tipikal kulit berminyak apalagi setelah menghapus make up pasti mengerti perasaan Bule (karena Bule ingin dimengerti #yakali).

Hasil megang-megang kulit wajah gak kesat atau ketarik-tarik, berasa lembut tapi gak supple juga. Untuk membuktikan bersih enggaknya, setelah mencuci wajah, Bule lanjut pakai toner, kalau pakai toner kan ketahuan tuh di kapas indikasi bersih nya, WIKSSS~~~~, ternyata bersih mas, mba, bro.. ajaib yah #syokk.

Namun Bule gak rekomendasikan sebagai make up remover yah, tetap gunakan make up remover kalian, kalau sudah yakin bersih baru pakai Cetaphil Gentle Skin Cleanser nya. Oh iya, kalian juga bisa gantikan air saat membasuh dengan kain lap/handuk kecil yang sudah di rendam air hangat. Jangan lupa peres dulu itu handuknya, baru deh lap wajah kalian, hasilnya sama-sama enak kok, tapi repot, buat anak kosan kudu manasin air hangat dulu. ye gak??

Hasil- Bule merasa baik-baik saja dengan cleanser ini, aman sih, namun gak merasakan pengaruh dengan tekstur kulit Bule atau dengan jerawat Bule (iyah Bule jerawatan lagi, auk gegara apaan), lembut dan bersih. Akhh~~~, Bule jadi pingin mencoba yang spesial untuk kulit berminyak nih.


Cetaphil+Moisturizing+Cream+review
Cream khusus kulit sangat kering

Brand : Cetaphil 
SubBrand : Cetaphil Moisturizing Cream
Varian : Moisturiser ( Chronic Dry Skin Type)
Ukuran : 100 gr
Harga : 235.000 (versi lazada)
Pengenalan : For all your moisturising needs. A superior system of extra-strength emollients and humectants that binds water to the skin preventing moisture loss, Cetaphil® Moisturizing Cream gives long-lasting hydration on your skin, keeping it soft and moist.

Ukuran yang sediakan untuk seri cream hanya 1 ukuran saja, namun dalam range Moisturiser, ada lagi "sobat" lainnya yakni lotion. Penjelasan singkat Cetaphil Cream lebih lanjut seperti:
  1. Sangat cocok untuk jenis kulit yang sangat kering
  2. Bisa digunakan pada tangan, kaki, siku dan lutut
  3. Mengandung minyak almond dan pelumas alami 

Cetaphil+Moisturizing+Cream+review
Keterangan pada box luar Cream Moisturizing

Kemasan- Untuk cream masih dibungkus oleh box. Informasi di box lengkap lah, gak ada yang miss. Isi box nya, si produk dengan style tube bewarna putih terbuat dari plastik, lalu untuk membuka produk menggunkan sistem tutup ulir (yang diputar), yang menurut malas Bule, ini kurang efisien, Bule lebih suka dengan style fliptop, karena lebih cepat saja, plek-langsung keluar produknya. Gak drama putar-putar-putar, kadang merasa lama saat buka dan tutup nya. ok mantereman ini selepe banget, tapi buat Bule yah seperti itu, haha~~


Cetaphil+Moisturizing+Cream+review
Teksur-warna cream Cetaphil

Tekstur- Isinya juga bewarna putih susu dengan sekali lagi yang tanpa menggunakan pengharum sama sekali, bener-bener plain deh si cream ini. Untuk tangan kering Bule dia tuh seperti pelumas, iyah hasilnya berminyak gitu. Jadi pakai nya gak usah banyak banyak dah. Selain tangan Bule yang mengelupas, buat punggung tangan Bule yang kering (kelihatan garis halusnya) lebih kalem dan glowing.

Cara Pakai- Seperti hand body pada umumnya saja, keluarkan secukupnya dan balurkan, sampai sekarang Bule hanya menggunakan di bagian tangan saja, kadang kalau ingat yah kaki sih, cuman kondisi kaki tidak separah tangan. Rasanya tangan seperti terbungkus lapisan pelembut yang kadang merasa licin juga.

Cetaphil+Moisturizing+Cream+review
Penggunaan Cetphil Moisturizing Cream

Pemakaian di kulit- Rasanya ditangan saat kita balurkan tuh licin, licin namun gak berasa berat seperti hal nya penggunaan jenis butter. Kadang Bule merasa terganggu karena licin nya itu bikin Bule gak bisa menyentuh barang apapun dulu, takut-takut jatuh. Mungkin karena faktor udara juga, tempat Bule itu udara nya panas, jadi tingkat penyerapan nya kurang maksimal.

Tapi lumayan lama nih cream nya melembabkan, misal nya Bule di ruangan ber AC itu kulit Bule cepet kasih "alarm" kering nya, nah pakai cream ini ajah langsung, gak lama banget, si cream langsung menyerap, nolong banget deh.

Hasil- Saat pemakaian saat itu juga, misalnya habis cuci tangan, Bule langsung olesin Cetaphil Cream, itu serpihan kulit tangan yang mau terkelupas jadi invisible, maksudnya karena sudah menyerap cream juga, jadi tangan Bule menjadi lebih baik, tidak terasa kasar lagi.

Cetaphil+Moisturizing+Cream+review
hasilnya nih mantereman

Bule juga sekarang sudah jarang mengalami pengelupasa kulit "besar-besaran", masih terkelupas sih cuman paling hanya sisik-sisik di sela-sela jari tangan atau di kulit tangan namun kecil lah. Sebenernya kalau Bule lebih rajin lagi, pengelupasan tangan tidak akan terjadi sih, cuman yah gimana donk, rentang waktu pendek Bule ke toilet, mau gak mau cuci tangan, itu capek guys, sakit nya tuh disini #kelihatan gak??


Yes, give You 8.5 from 10


Kesimpulan- Cetaphil yang Bule pakai disini memang produk kulit yang di khususkan untuk kebutuhan kulit yang lebih,  karena ingredients nya juga yang "ramah" dengan kulit lah yang membuat kulit "berkebutuhan khusus" pun bisa menerima nya. Tapi untuk Cetaphil Gentle Skin Cleanser nya Bule kurang sreg gimana yah karena gak merasa efek gimana gimana untuk kulit berminyak Bule, so far yah fine-fine sik. Andaikan pihak Cetaphil sebelum mengirimkan, mau menanyakan jenis wajah Bule dulu, but its Ok.

Untuk kulit tangan, Bule ancungin deh untuk Cetaphil Moisturizing Cream, karena Bule merasakan efek melembabkan di tangan dengan bukti sudah mengurang nya pengelupasan di tangan Bule secara drastis karena Bule usaha rajin memakai cream ini sehabis cuci tangan, asalkan tidak pakai banyak banyak lho yah, kalau enggak nanti over oily karena pernah bablas pakai banyak malah jadi licin dan lama menyerap nya #Bule nya yang gak sabaran.

Bule berharap  Cetaphil keluarin versi sabun cuci tangan nya nih, hehehe. Bukan apa-apa yah, Bule belum nemu sabun cuci tangan yang ramah dengan kulit tangan namun tetep membersihkan.

Harga yang dibandrol oleh Cetaphil boleh masuk akal, bisa kalian membaca para pengguna setianya yang tertolong, jadi harga tidak lagi masuk hitung-hitungan.

Kalian bisa beli off line di
Guardian | Watson

untuk Online sih banyak yang jual yah


Terima kasih Cetaphil sebelumnya :)
Website: www.cetaphil.co.id 



Ok, deh sekian ulasan Bule kali ini.
Semoga menjawab pertanyaan kalian seputas Cetaphil Gentle Skin Cleanser dan Cetaphil Cream Moisturiser nya. Ada yang mau di komentarin? Drop your comment below yah. 
Cahyooo :)


Source:
Mei, 2016, http://www.fda.gov/Cosmetics/ProductsIngredients/Ingredients/ucm128042.htm
Mei, 2016, http://www.livestrong.com/article/105265-cetaphil-gentle-skin-cleanser-ingredients/
Mei, 2016, http://dokita.co/blog/tips-memiliki-kulit-sehat-dan-tampak-lebih-muda/
Mei, 2016, http://www.livestrong.com/article/129861-cetaphil-information/
Mei, 2016, http://cetaphil.co.id/id
Mei, 2016, http://female.kompas.com/read/2013/05/03/08354875/Pembersih.Pelembab.dan.Tabir.Surya.dari.Cetaphil


Pic Source
Mei, 2016, Freepic.com



Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Testimoni] : Penyebab kulit mengelupas drastis dan Pro Kontra Cetaphil- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


34 comments:

  1. Lengkap banget bukee, mamiku jg gasuka ga ada busanya haha, dulu pernah beli akhirnya di PL deh. Btw itu tangannya serem abis, untung segera tertolong oleh Cetaphil yak

    Rumahcantikputri.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah sengaja oprek sana sini, abisan bagus dimana mana review nya.
      Iyah serem bingitz, apalagi pernah lupa bawa dan mo jabat tangan. Hiksss

      Delete
  2. Sabun cuci juga kali Rif, coba ganti sabun cucinya. Tangan gw bisa begitu kalau pake sabun colek bzzzzzzz ngga enak banget rasanya. Tapi untungnya dah sembuh ya, thanks to Cetaphil hihihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah van, ama kerajinan juga gw cuci tangan.
      Tau sndiri kan gw beser nya gimana. Hahha
      Dan gw pemalas juga pake lotion, cetaphil nolong dah...

      Delete
  3. Rif.. telapak tanganmu ngelupas parah. Untung foto afternya udah baikan ya. Ikut senang tanganmu gak kelupas-kelupa lagi. Ngomong-ngomong.. Rifka baru ganti templete blog ya?

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parah bebe, mengerikan kalo liat aslik nua.hiiyy...
      Pemalas ini nih yg susah, kadang msh suka lupa olesin loh beb.
      Good job nih cetaphil.

      Iyah ganti dikit dikit dah..boring soalnya. Hehe

      Delete
  4. Bule....aku baru tau kalau cleansernya ada yg khusus buat oily skin ya? ahhh jadi pengen coba. ej epic ya itu tangan bisa normal lg setelah pake cetaphil.


    andiani.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada rei, baru tahu juga pas googling dan katanya ngefek ama oily skin.
      Hooh, epic beud dahh...

      Delete
  5. Hai Bule.. parah banget ya tangannya.. saya juga tangannya suka terkelupas tiap habis nyuci pakaian. Gara-gara sabun cuci. Semoga cepat pulih mulus lagi ya tangannya...

    Oh ya, aturan blog kita sama, gak boleh ninggalin link, walaupun Bule hanya gak bolehin link jualan dan saya gak bolehin link hidup apapun. Sayangnya sudah 2 kali komen Bule ninggalin link hidup terus.. kan saya sedih Bule.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah cuci tangan gw parah sering nya nih.
      Sama malesan anaknya kadang les oles lotion cream. Nanti kalo alpha nya kelamaan pasti deh bersisik lagi.

      Wah, diriku gak pernah kasih link hidup di blog kamu, hanya alamat url ajah. Bukankah jatuhnya hanya text biasa yah?
      ..

      Tp makasih udah mampir yah irly, hohoho

      Delete
  6. Tulisannya jelas banget.
    Jadi si Cetaphil ini bisa menyelamatkan wanita yang sibuk di dapur ya, mba'. Keseringan kena sabun bikin kulit tangan saya suka mengelupas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sukur deh bahasa diriku gak njelimet. Hhehe
      Iyah mba, jd inget nyokap juga tangan nya gak ke urus Gegara urusan dapur, kudu tak kasih ini deh nanti.

      Delete
  7. Duuhhh itu liat foto tanganmu mbak, syukurlah udah biasa lagi yaaaa. Itu jerawat rindu sepertinya :D. Hihihi, beberapa kali ketemu tapi baru jalan2 ke rmh virtualnya, maapkan... *keliling baca2 isi rumahnya* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, gw panikan mba pas parah nya seperti itu. Sedih.
      Hahaha jerawat rindu siapa yak,

      Iya, gw jg parah bgt nih mba baru sekali main, nanti banyak banyak main deh kesana. Hehehe

      Delete
  8. Duh tanganku juga suka kayak kamu tuh rif. NOted deh kalo kambuh pake, hehehe. Mamaci rifkaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba lisna juga begitu?
      Wew, gw gak sendirian #nyari temen
      Hahah...

      Delete
    2. Iyaaaa, tapi keseringan di sela-sela jari sama pas bagian finger print, hahaha.

      Delete
    3. mungkin karena ruangan mba ber AC juga ngaruh yah.
      hohohohooo

      Delete
  9. Saya juga pernah ngalamin pengelupasan kulit kaya gtu tapi tidakl berlangsung lama hnya 1 minggu. dan setelah itu tangan saya jadi lebih halus dan cerah. mungkin karena kulit baru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya ngelupas nya biasa ajah, ini ug warbiasak mas, bisa 2 kali seminggu malah, sejak telaten pakai baru rada mendingan. Kan serem keseringan ganti kulit.
      Hiyyyy...

      Delete
  10. Penasaran sama yang cleansernya tapi harganya ulala.. harganya sebanding dengan bertahan hidup kuranglebih selama 5 hari (T__T)

    sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,
      Iya sih emg pricey.
      Tp kalo wajah nya sensi dan bawel emg ini patut dicoba.

      Delete
  11. tanganku jugaa super kering banget kak, apalagi di bagian kutikula, kadang suka sampe mengelupas gitu :O makasih banyak ka infonya, langsung jadi wishlist :D

    XOXO, The Rainbow Days

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gw gak sendirian nih bererti yah.
      sama-sama, moga cepet membaik yah tangn nya,
      kunci nya sih harus telaten banget losyenan. hhohohoho

      Delete
  12. Review kamu lengkap sekaliiii..hebat euy neng bule :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbae, biar afdol gitu, hahaha

      Delete
    2. Aku pake cetaphil Cuci muka..kok ada bintik2 kecil
      Ya di jidat..

      Delete
    3. bisa jadi engga cocok mas . .
      jenis kulit nya apa ?

      Delete
  13. sering liat cetaphil ini reviewnya dimana-mana >.< tapi gw kok ya rasanya masih kurang sreg sama sabun yang 'no sabun' :D

    hm... kulit wajah gw oily di t-zone nya sih, jadi penasaran jg kalo habis pake cleanser ini gimana hasilnya.

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak sama, gw juga. kek kehilangan momen nya gitu, ahahah #lebay
      padahal mah bersih-bersih juga jatuhnya.

      Kalo penasarn di coba ajah, kali ajah beda cerita, hahayyy

      Delete
  14. Buleee mantap bgt iniii reviewnya. Lengkap kap kap..
    Jadi ikutan pengen nyobain cetaphil ini deh..
    Btw, beneran bisa buat baby juga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee, kirain bikin boring nyangbaca, sip deh kalau gitu.
      Yuk dicoba in mba,
      buat bayi yang gw baca itu aman apalagi yang kena ruam ruam gitu diselangkangan nya, kan...

      Delete
  15. Astaga mak bule..tanganmu ituhh..untung ketolong sama lotionnya Cetaphil
    Sabunnya ganti sama yang mild mak, trus sering kena sabun cuci piring ga? Tangan gw dulu pernah ngelupas begitu, gara2 nyuci baju sama nyuci piring :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, kalo gw rajin mak gak bakal ampe begini bgt paling pinggiran nya ajah, ini karna suka skip. Hiksss

      Lom dapet yg mild yg gimana.
      Iyah, mana gw doyan nyuci, eehhh....
      Hahha

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!