[Chit-Chat] : Sharing untuk yang pertama kali belanja online!

TIPS+BELANJA+ONLINE+UNTUK+PEMULA
TIPS BELANJA ONLINE

YES...!
Balik lagi blogging, durudududu~~~~
Hampir 2 minggu absen mengisi konten di dunia maya nih, bawaanya kangen, jadi pengen acak-acak tanah tetangga #Lho?!

Serius deh, bahasan kali ini, Bule mau curhat dan sharing pengalaman Bule saat berani beralih dari belanja Offline jadi Online. Serius loh, ini butuh keberanian banget, padahal mah gampang tinggal klik..klikk tombol ajah kerjaanya tapi akhir berakhir gak jadi~~~

Kekhawatiran saat belanja Online
Saat itu belanjaan pertama Bule adalah make up yang tidak bisa didapatkan secara offline sedangkan Bule "gilanya" sama tuh barang kebangetan, akibat review "racun" yang mengisi sel-sel otak Bule, bawaanya harus dapat!

Eh tunggu deh~~
Bule ngumpulin duitnya susah tapi kalau nanti barang engga sampai gimana, kalau dibawa kabur gimana?
Kenapa sih harus duitnya dulu yang di transfer? Arrrghhh~~~
Mau meletus nih dada dan kepala, antara mau dan khawatir bukan main. Tanpa sadar Bule menjadi buyer yang menyebalkan. Bule terlalu banyak nanya pertanyaan yang ketara sekali engga pernah belanja online dan meragukan penjual.

"Saya suka warnanya sist, mau donk"
"Iyah sist, tinggal satu-satunya, kalau mau saya keep buat sista"
"Cara bayarnya gimana"
"Transfer ajah sist"
"Kalau saya transfer, sampai berapa hari?"
"Kalau ke tempat sista, paling 3 hari"
"Tapi pasti sampai kan sist, hehehee saya serem soalnya"
"Iyah sist, kalau pembayaran sudah saya terima, langsung saya kirim"
-----------------RAGU-----------------------Gak BERKABAR HARI ITU------------------------
"Gimana sist jadi gak?!"
"bentar yah sist, nanti saya kabari"
"PHP!"

Tahap ini sih kita udah di-blacklist, bilang mau tapi jadinya gak deal, jangan sedih~~~~, Bule beberapa kali kok, hahahaa~~~~, itulah Bule 3 tahun yang lalu. Sekarang, karna mau buat bahan tulisan, ingat-ingat hal ini bikin Bule ketawa sekaligus MALU!

"Kok gw gitu dulu yah"

Malah ada seller yang lebih galak loh, Bule sih yang salah kenapa nego setelah sudah deal #usaha-tapi-salah-waktu. Yah jadilah Bule kena ceramah 4 mata kuliah gaya bu guru killer yang lagi PMS.
Padahal lah yah, bilang lah engga bisa, singkat dan padat, Bule sudah cukup mengerti. Tapi ini kaget karena diceramahin dan keesokannya dia pasang status #OMG #Lebay-yak #Bingung #PelajaranHidup #GaksemulusMukaYoonaSNSD.

Yap, dan masih banyak lagi cerita "mistis" lainnya yang Bule simpan karena parnoan dan ragu-ragu awal-awal belanja online, jadi Bule mau kasih tips belanja online buat kalian yang pemula banget, yang belum pernah belanja online sama sekali dan penuh keraguan, mudah-mudahan lah yah bisa meminimalisir kesalahan kalian, supaya dapat "Win-win solution" kalian tenang-penjual pun senang :))


Jadilah pembaca dan pemerhati yang baik!
Gak semua orang Indonesia malas membaca, nah kalau tetiba disalahkan karna keburu ngomel padahal sudah dijelaskan di websitenya, salah siapa donk? Jadi mulailah membaca mekanisme pembelian dengan teliti dan seksama dan KEPO lah sebelum membeli di toko yang kalian tuju.

TIPS+BELANJA+ONLINE+UNTUK+PEMULA+AMAN
CARI TAHU SEBELUM BERTANYA


Hal apa yang perlu kalian "kepo"in sebelum berani membeli secara online?
Jika berencana belanja di Online Shop yang ada di Facebook, kalian perlu perhatikan page akun si penjual, apa saja yang kalian perhatikan?
Misalkan update produk yang mereka jual. Biasanya owner akan rajin meng-upload katalog produk terbarunya secara rutin, misal 2 atau 3 kali seminggu, ada juga yang setiap hari. Lalu perhatikan jumlah like atau comment tiap postingan, paling penting sih comment yah. Apakah si penjual segera membalas atau adakah diskusi didalam kolom tersebut.

Bagaimana jika dia tidak sering membalas komen tapi hanya rajin upload gambar? jangan terburu khawatir!
Coba cek website mereka, biasanya mereka memiliki website, jadi mereka menjaring pembeli di grup facebook tapi untuk transaksinya melalui web. Nah, perhatikan web mereka, biasanya ada fitur "Testimoni", disini para pembeli bisa menumpahkan rasa terima-kasih, kekecewaan, dan rating terhadap toko.Telusuri lah para pembelinya!

Sebelum bertanya, perhatikan yah, jangan bertanya hal-hal yang sudah dijelaskan pada bagian FAQ atau yang sudah penjual tulis di notes. Contohnya seperti

"Bayarnya lewat bank apa?"
"Ordernya gimana yah"
"Abis masukin ke shooping bag, saya ngapain lagi?".

Percayalah, online shop yang baik dan sudah "banyak" jam terbangnya sudah menyiapkan daftar untuk pertanyaan krusial seperti ini. Tanyalah hal yang detail seperti "Warna merahnya ready, gak" ; "Ukuran XL nya masih ada?" ; "Kalau panjang kaki saya 24.5 cm, itu baiknya ukuran 37 atau 38 yah sist?" .
Mau lebih intim pertanyaanya, atau mulai rese? coba kontak admin onlineshop secara personal, biasanya mereka mencantumkan seperti kode pin BB, nomor whatsapp dan Id Line.  

"Jangan keburu bilang mau!"
Wah, masih ragu, dan takut, jangan langsung bilang mau loh yah, kasihan sellernya!
Pastikan bahwa itulah produk yang kalian cari selama ini, tanya-tanya, cari review sebanyak-banyak. Manfaatkan artikel para blogger! #Uhuk!!

Kok gambar beda dengan kenyataan?

TIPS+BELANJA+ONLINE+UNTUK+PEMULA+AMAN
JANGAN KEBURU BT KALAU BEDA DENGAN KENYATAAN.

Jangan sedih cin~~~~
Gambar pada display memang perlu menarik donk ya? gak berbeda yang berada di display toko, pasti akan di tata supaya "eyecatching". Ada harga ada kualitas, Bule pernah melihat gambar tripod harga Rp.65.000 setinggi 100 cm. Saat datang? Sungguh berbeda dengan imajinasi yang seperti halnya tripod ketje.., yaiylah... ahahaha, itu juga udah mending, karena dapat paling murah, iseng main ke tempat lain ada yang jual Rp 100.000, selamat donk Bule! 
Intinya jangan ampe barang beda ajah, seperti beli manggis dapatnya jambu. kitu~~

Masih ragu? coba beli produk yang murah dulu ajah.
Masih kepikiran, gimana nih, udah transfer tapi kalau barang engga sampai-sampai, gimana yah?
Coba deh beli saja yang kisaran Rp.50.000 atau yang menurut kalian nothing to lose, nah disini kalian akan mendapatkan "sensasi" belanja sendiri, kalian bisa melanjutkan apakah akan tetap belanja disana atau tidak? Juga hindari dahulu pembelian dengan Credit Card, mending pilih metode transfer biar aman.

Biasanya kalau sudah mantab dan yakin, bisa ketagihan!

TIPS+BELANJA+ONLINE+UNTUK+PEMULA+AMAN
SHOPPA HOLIC? are you?


"Kok PD banget, le?"

Sekarang gini, kalian kerja, kalian suka pulang malam, kalian capek sampai rumah, kalian ada acara penting juga yang harus dihadiri sehingga harus belanja baju, don't you see?
Kalian bisa saving waktu dengan belanja secara online dan pakaian akan diantarkan langsung ke kalian, Weekend? siap pakai saja!
Gak harus ke mall sehabis kerja, capek dijalan, udah sampai mall, kadang banyak yang diinginkan engga nemu, pas udahan, PR lagi mau pulangnya, double capek!
Lagian online shop menawarkan harga lebih "bengkok" dari toko, kenapa? simple! mereka keluar uang pulsa internet ajah untuk maintenance online shopnya sehari-hari, jika yang fisik tentu bayar sewa, perawatan, karyawan, makan, minum, dll.

Blanja.com buat yang doyan belanja? Diskonnya bertebaran loh!
TIPS+BELANJA+ONLINE+UNTUK+PEMULA+AMAN
PENAMPKAN SITUS BLANJA.COM

Tak kenal maka tak sayang...biar sayang-sayangan..lho?!
Jadi si Blanja.com merupakan marketplace hasil dari joint venture antara Telkom Indonesia dengan Ebay. Buat yang belum tahu, Ebay itu "eBay adalah sebuah situs web lelang online yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia melakukan jual dan beli berbagai barang dan jasa"

Jadi ini salah satu situs aman untuk berbelanja online, harga-harga di webnya it's so tempting!
Banyak diskon dan promo bertebaran lho disana, barang yang dijual beragam mulai dari Fashion; Elektronik; Gadget; Alat Rumah Tangga; Kosmetik dan lainnya.

Selain alurnya transaksi jelas, web ini juga menggunakan rekening bersama, jadinya kalau kalian transfer uang ke penjual, uang tidak akan sampai ke tangan penjual sebelum kalian menerima barang nya. Lalu yang membedakan dia dari yang lain adalah proses filterisasi penjualnya, penjual yang dapat berjualan di situs blanja.com haruslah mengantongi surat ijin berbisnis dari pemerintah - serta hanya boleh menjual barang baru (bukan preloved). Belum pernah mendengar metode yang seketat ini, tapi demi keamanan, ada pengorbanan donk yah!

Wah jadi panjang kali lebar makanya jadinya luas ini tulisan yah, gpp deh biar lengkap dan jelas.
Gimana...gimana? sudah muncul keinginan untuk berbelanja online? gak ada salahnya mencoba lho, eh tapi jangan salahkan bunda kalau kalian jadi ketagihan yah.., khehehhe, tanggung sendirilah..udah gede.. XD



Akhir kata
Happy Shopping Fellas!



Artikel pendukung:
https://id.techinasia.com/ebay-hadir-di-indonesia-blanja-com
http://take-a-rizk.blogspot.co.id/2015/09/review-belanja-asyik-di-blanjacom.html

Sumber gambar:
http://mediaresources.idiva.com/media/content/2016/Mar/shoes_addicted_6_.gif
http://photos1.blogger.com/blogger/4065/2238/1600/funny_monkey.jpg
http://66.media.tumblr.com/3d7896a9c60542315755d824447cb2b8/tumblr_njk9zvZ8r81rwqkifo1_500.jpg



Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Chit-Chat] : Sharing untuk yang pertama kali belanja online!- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "

16 comments:

  1. Nah, iya, bener banget. Kadang juga saya ragu belanja online. Takut barang yang dibeli nggak sesuai. Makasih dah sharing, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus banyak browsing mba, apalagi kalo barangnya lumayan pricey. Main feeling juga kadang, hihihii
      Siapp, tq sudah main yah mba :))

      Delete
  2. Dulu aku paling takut kalo belanja online hahha takut ini itu ono, tapi kemaren beli online malah jadi ketagihan hhaha

    ReplyDelete
  3. Aku lebih suka belanja di tempat yg website/platformnya trusted. Dibanding harus contact ke seller via WA/Line/IG, via website lebih cepat. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw pun begitu girly kecuali nemu harga yang murce kebangetan dan dia udah trusted :))

      Delete
  4. Makasih sharingnya mak bule..☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, makasih juga udah berkunjung mak Sulis :)

      Delete
  5. wkwkwk kalau aku kebalikannya, karena aku online seller jadi pada worry gitu kalau mau beli, jadinya aku kasih deh blog pribadiku uhuk biar mereka percaya dan ngga takut lagi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam review pribadi yah. Biar menambah kepercayaan calon pembeli. Hihihi, thanks udah mampir yah mba

      Delete
  6. Blanjain aku donk, kakkkkkk.....

    ReplyDelete
  7. Ahaha... Sama dulu pas pertama kali juga takut2, beli barang cuma 10rb. Sekarang udah biasa malah susah nyetopnya

    ReplyDelete
  8. Pertama kali belanja online, deg degan. Baru sehari pesan, udah ribut barang gak nyampe2, taukt sellernya nipu. Sekarang mah tinggal lihat reputasinya, belanja online pun jadi ketagihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa, yang pertama emang bikin deg-deg-serr~~~

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!