[Chit-Chat] 6 Hari menggunakan air lemon di wajah berjerawat. Hasilnya?

Manfaat+lemon+untuk+kulit+wajah+berjerawat

Sebelumnya aku mau ucap syukur masih bisa isi kembali konten blogku ini setelah banyak kali "nanti-nanti"-nya. Kebetulan pulak lagi senang dan mendukung kali kondisinya ini maka kuputuskanlah effort untuk 1 tulisan saja untuk tayang :)


Mungkin sebelumnya perlu aku peringatkan ya untuk membaca tulisan ku dengan keseluruhan dan seksama. KESELURUHAN & SEKSAMA! . Bukan karena harus kali dibaca semua sampai tuntas tulisanku ini tapi kupikir karena kontennya ini yang memang memancing "pergumulan". Tulisan ini adalah hasil eksperimen di wajahku sendiri bukan dengar orang lain. Bukan juga hasil nonton yutup syenel orang. Jadi terus baca, lho!



  Alasanku pakai lemon

Lelah!
Beberapa bulan ini keadaan wajahku kian kurang sehat. Murah jerawat, makin kusam dan layu. Sudahku coba membeli obat dokter, membeli toner dari brand yang kualitas skincare-nya terjamin. Melakukan facial, memang bersih dan menunjukan perubahan tapi sebentar saja. Begitu aku kecapean dan stress lagi maka jerawat akan subur kembali.

Aku lelah, aku bertambah boros. Entah dari segi finasial dan waktu tidak lagi kumiliki sebanyak dulu. Lebih enak kurasa kalau punya waktu libur itu tidur ketibang harus keluar rumah dan ke salon. Lalu alasan tambahananya itu karena aku takut kali terus menerus wajah ku menerima hal kimiawi. Sudah dari kosmetik, sekarang dari obat-oba skincare anti acne ini.

Teringatlah otak ku dengan buah lemon ini. Harga lemon memang tak murah tapi setidaknya tidak memiliki zat kimiawi lah "kawan bulat kuning cerah" itu, kan?! Bermodal niat besar, aku pun cari di google semua informasi. Dan akhirnya kuputuskan untuk kupakai secara rutin!


  Sejuta Alasan Pakai Lemon!

Manfaat+lemon+untuk+kulit+wajah+berjerawat
Manfaat lemon untuk kulit wajah

Lemon sangat disarankan  untuk membersihkan tipikal kulit bermasalah seperti yang kalian jumpai pada kulit berminyak. Asam alaminya lemon dapat menghancurkan bakteri jerawat dan isi pori-pori kulit, dapat mengontrol minyak wajah, menenangkan jerawat, membersihkan komedo dan paling kentara adalah mencerahkan wajah

Awal pemakaian aku campur dengan madu. Lemon kupotong jadi 1/5 atau 1/4 bagian. Tapi aku merasa kurang sreg karena tekstur madu dan madu yang ada di supermarket itu kan kimiawi. Hahahha! Lebay kali kalean rasa ya? 
Iya, karena aku sudah down dengan kondisi kulit wajahku yang mengabiskan banyak uang untuk perawatan ini-itu.

Aku pun bertekad mau pakai hanya dari sari lemon saja dan kulakukan non stop selama 7 hari full. Jika tidak berhasil maka aku akan ke doktr kulit! Itu yang aku katakan saking tidak tahu lagi apa yang harus kuperbuat agar jerawat wajah ku sembuh dan membaik.


  Eksperimen hanya bertahan 6 hari dan...

Manfaat+lemon+untuk+kulit+wajah+berjerawat
Cara mudah menggunakan lemon sebagai masker untuk mengobati jerawat

Sebenarnya ada efek samping yang perlu kalian perhatikan sebelum menerapkan hal ini. 
  • Pertama jangan menggunakan lemon untuk kulit kering. Lemon akan bikin kulit kalian makin kering karena sifatnya yang mengontrol minyak berlebihan. 
  • Kedua, sehabis pakai lemon, janganlah keluar dan "bertemu" dengan sinar matahari secara langsung! Lebih baik kalean menggunakan masker jeruk lemon pada malam hari saja.
  • Ketiga, jangan kalian gunakan pada bagian kulit yang luka/luka terbuka. Karena akan sangat terasa perih dan pedas menyengat sekali.
  • Terakhir itu jangan kalian gunakan terlalu sering karena akan sifat asam dari jeruk lemon itu akan membuat kulit kalian memerah.

Nah sekarang giliran aku shareI hasilnya dari pemakaian nonstop dari perasan jeruk lemon di wajah berjerawat dan berminyak ku. 

Manfaat+lemon+untuk+kulit+wajah+berjerawat
Cara mudah menggunakan masker lemon. Bermodal lemon dan kapas saja

1 buah jeruk lemon dapat aku gunakan sebanyak 5-6 kali. Setelah sarinya diambil dengan jalan diperas, baru aku celupkan 2 atau 3 lembar kapas putih. Setelahnya kapas putih aku bagi perlayer tipis. Pastikan kulit kalian sudah sangat bersih dari makeup dan kotoran. Kapas tadi lalu aku tempelkan di seluruh wajah.

5 menit pertama adalah siksaan bagiku. Rasanya pedas dan sakit, celekit di bagian kulit yang bermasalah. 10 menit, rasa sakit berkurang drastis, dan lama-lama sudah masuk phase kalem. Aku sih sarankan 20 menit, tapi kalau kuat, aku bisa 30 menit. Lalu aku buang kapas tersebut dan aku cuci kulitku dengan sabun wajah dengan porsi sabun yang sedikit agar tidak terlalu kesat diwajah. Terakhir, aku sapukan dengan toner dan essence.

Hal itu kulakukan terus menerus esok dan esok. 2 Hari memberikan hasil, jerawatku agak kering. Tidak tumbuh jerawat baru yang mana biasanya pasti akan setor 3-4 yang baru. Karena hasil postitif, aku lanjutkan kembali pada hari ke-3 dan 4. Hasilnya kulitku tidak lagi kusam. Tekstur lebih lembut, jerawat kering dan untuk jerawat baru tidak sempat tumbuh subur berlama-lama. Hari 5 dan ke 6 aku lanjutkan kembali walaupun pulang sangat ngantuk kali mataku. Sisa 5 watt masih kupaksakan pakai. Dan hari ke-7 aku gak kuat untuk motong jeruk lemon itu. Aku ngantuk parah! Alhasil aku hanya konsisten pakai di 6 hari.


Perubhan setelah menggunakan lemon sebagai masker alami wajah

Bisa lihat perbedaan di atas? yang 1 wajah ku itu wajah orang kantoran yang lupa tidur. Layu dan terlihat lebih tua. Jerawat tumbuh subur dan merambat ke area lain. Dan wajah 1 lagi aku nyaris tidak percaya lho!

Hasilya berbeda kali, padahal jam tidurku tidak aku ubah (boro-boro), makanku tidak aku ubah (gagal terus aku disini). Bah, tak bisa kubayangkan senang sekali aku, hanya keluar 2 buah jeruk lemon lokal yang sedang diskon! Ahahahahaa!!!


  Perhatikan hal ini!

Manfaat+lemon+untuk+kulit+wajah+berjerawat
Perhatikan hal ini saat memakai masker lemon

Karena aku sudah tahu asam lemon ini kuat sekali, aku berhenti menggunakan krim obat anti jerawat, aku tidak menggunakan masker lain selain lemon dan aku berhenti menggunakan toner anti jerawat. Pada pagi haripun aku menggunakan sunblock/sunscreen dan tidak mau keluar kantor saat matahari sedang tinggi (sesungguhnya aku tidak pernah keluar kantor, wkwkwk).

Hal penting lainnya adalah aku puasa menggunakan jeruk lemon setelah 6 hari eksperimen. Aku ingin memberikan nafas pada kulit wajah. Rencananya aku akan pakai lagi tapi akan aku selang-seling untuk kebaikan ku, karena sampai detik ini, jerawat ku sangat terkontrol. Jarang sekali timbul, lho!



  Berani mencoba?

Aku sih sharing ini disini karena kupikir ini adalah salah satu hal yang sangat menolongku, aku harap ini dapat bekerja luarbiasa untuk kalian yang memiliki nasib yang sama. Asal, jangan lupa untuk mengecek dulu apakah cocok atau tidak dengan kulit kalian. Kalau rasa sakit tidak dapat kalean tolerir maka berhentilah 1 (satu) hari atau encerkan dengan menggunakan madu atau bahan campuran lain yang aku percaya banyak sekali bisa kalian temukan di internet sana.

Ok, sekian sharing session dari aku. Mungkin aku akan menulis lagi beberapa waktu nanti. Doakan saja waktunya ada. Jangan lupa tulislah komen atau pengalaman kalian di kolom komentar, katakanlah sesuatu ! Buatlah aku senang :))


Dan see ya on my another post!






Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "[Chit-Chat] 6 Hari menggunakan air lemon di wajah berjerawat. Hasilnya?- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "

43 comments:

  1. Aku dulu juga sering deh pake lemon kalo udah malas banget skincare-an dan hasilnya bagus diwajah tapi sekarang cuma pake skincare doang, kayaknya perlu dah neh bikin beginian lagi. hihi

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi gw worth it Rima. murah dan berefek bagus :)

      Delete
  2. Kemarin itu pas kulit wajahku breakout parah, aku sempet pake perasan jeruk nipis tapi mba. Ga kepikiran lemon krn mahal wkwkwkwk. Sama perihnya kayak lemon. Tapi aku kuatin aja. Dan walopun aku ga rutin pake, tp lumayan sih bisa mengurangi jerawat. Walo skr ini jerawatku ilang bukan krn itu sih. Tp aku sesekali ttp pake maskeran jeruk nipis utk mengontrol minyak dan mengecilkan pori :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hy mba Fanny, thanks yah buat sharenya.
      Aku pun pernah coba jeruk nipis tp prefer lemon karena wanginya enyakk.
      hehehe

      Sekarang akupun sesekali aja pakaiya krna jerawat sudah terkontrol baik :P

      Delete
  3. kayaknya coco buat anakku, jerawatnya banyak dan segalaobat sdh dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, semoga cocok ya mba.
      Memang perih diawal, usahakan jangan pas jerawat yang terbuka

      Delete
  4. Wih, hasilnya mantap banget ya. Perubahannya drastis banget. Sayangnya, nggak cocok ya buat kulit kering? Padahal aku naksir ih sama khasiat mencerahkannya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, gak cocok mba nanti malah tambah kering.
      Mungkin bisa pakai pelembab yang ada efek mencerahkan nya :)

      Delete
  5. Challenge accepted! Aku coba ah, cari jeruk lemon dulu hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun nemu jeruk lemon lokal, murah kali bah!
      selamat mencoba.

      Delete
  6. Aku dulu pernah coba ini, tapi pakai jeruk nipis. 1 kali aja.
    Setelah wajah dibersihkan, langsung ako gosokkan saja potongan jeruk nipis.
    Alamak, pedih kale memang kalok pas kenak luka ya. Menggigil badan :).
    Karena baru sekali, belum terlihat hasil optimal.
    Jadi, kayaknya mo aku cobak lagi.

    Muka aku agak kusam dan fleknya banyak kali.
    Ada pengalamanmu gimana atasi flek, adinda?


    ReplyDelete
    Replies
    1. Parah kali emang sakitnya itu emangnya mak, makanya aku gak pernah mau lah itu digosok-gosok.

      Kalo flek aku sih ada mak. Tidak instan tapi makan bertahun-tahun mak, aku rajin scrubing - maker pemutih - dan banyak lagi tahapan mak.

      Sekarang berkurang jauh :))

      Delete
  7. Aku beberapakali pernah nyobain ngolesin perasan air lemon di wajah.
    Kulit setelahnya memang terlihat lebih bright dan fresh.

    Memang betul,ngga boleh keseringan pakai perasan lemon utk masker wajah, ntar yang ada malah bikin kulit jadi kering.

    ReplyDelete
  8. Sama nih aku jg lg pake lemon, lelah dengan bahan kimia di pasaran T-T
    Oiya kak, curcol nih, aku emg bandel jarang pake sunblock kalo keluar rumah, dan alhasil wajahku gosong, belang gitu wajah sama leher. Aku pgn ngerombak wajahku biar ga kaya tokek. Minta tips perawatan nya ya kaaaak thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerombak?
      serem amat. hehee

      COba kamu rajin facial atau gak pakai masker-maskeran gitu

      Delete
  9. jadi penggunaan lemon lebih baik pada malem hari kak? kalo besoknya siang ketemu matahari langsung gapapa kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam, mending malam ajah.
      Boleh ajah, asal jangan berlama-lama ya.
      Cover dengan sunblock kalau bisa.

      Delete
  10. berarti penggunaan nya pada malem hari ya kak bagusnya? terus kalo besoknya keluar kena matahari lgsg gappaa kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam, mending malam ajah.
      Boleh ajah, asal jangan berlama-lama ya.
      Cover dengan sunblock kalau bisa.

      Delete
  11. Kalo kulit kering , lemonnya d cmpur dgn madu (madunya yg asli).. krna madu melembabkan.
    Bisa jg masker lemonnya d gnti dgn lidah buaya (ambil gelnya dari lidah buaya yg udh tua).. lidah buaya jg bagus loh utk wajah. cuma engga secepat lemon (lemon lebih cepat mengeringkan jerawat).
    Sy sndiri jg maskeran pkai lemon. seminggu dua kali aj. krna wajah sy ga ad jerawat. komedo yg bnyk hahahha. Hasilnya wajah jd lbih cerah,kulit d wajah jadi matte, komedo jg pd kabur.
    Ayo mbak2 cobain lemon. irit d dompet, hasilnya jg bgus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah share.
      hihihihih
      Ssya sendiri udah absen lama sekali tidak pakai lemon, karna kurang kuat dan terlalu malas meracik.
      Tapi kalau nanti gw coba resep ini akan gw share deh,
      Salam kenal ya :))

      Delete
  12. Udah lama aku aplikasiin jeruk lemon/nipis di wajah secara langsung. Tapi jerawatku ga ilang". Ilang sih tapi cuma bentaran, abis itu timbul lagi. Aku baru tau dari temen juga sih kalau lemon di aplikasiin langsung di wajah itu ga baik. Makasih kak udah bagi tips❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krna faktor timbulnya jerawat ada 2. Psti dari dalam tubuh dan luar tubuh.
      Apa yang kamu konsumsi, stress, kurang tidur dsb adalah fator dalam.
      debu, bakteri, salah skincare dll adalh faktor luar

      pengobtannya juga ada dari dalam dan luar.
      Jika lemon langsung ke kulit itu gak Baik, balik ke persepsi orang.
      Zatnya mmg asam, makanya ada standar pemakaian sesuai jenis kulit.
      Pelajari kebutuhan kulitmu akan membuat kamu tahu apa yang baik dihindari dan dipakai.

      Delete
  13. ka kalo 6 hari berturut turut pake lemon, kulitnya ga kekeringan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tergantung jenis kulit.
      Ini kulit Bulei : Sanagt Berminyak dan Cenderung Berjerawat

      kalau kulit kamu tidak separah itu, bisa di encerkan ATAU di selang-selingin saja.

      Delete
  14. Ka kalo 6 hari berturut turut pake lemon, kulitnya ga jadi kering kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tergantung jenis kulit.
      Ini kulit Bulei : Sanagt Berminyak dan Cenderung Berjerawat

      Jadi di Bulei tidak kering, juga langsung berhenti dulu setelah Non-stop pakai.

      kalau kulit kamu tidak separah itu, bisa di encerkan ATAU di selang-selingin saja.

      Delete
  15. Baru ketemu tulisannya, cukup membantu. Daku juga sedang jerawatan, hilang satu muncul satu lagi sampai berbekas. Plus bruntusan pula. Kucoba lah pake masker lemon + air mawar tiap 3 hari diselingin sheet mask yang fungsinya melembabkan selama seminggu terakhir. Ini jerawat mulai kering, beruntusan jadi kalem dan kata suami mukanya jadi lebih putih. Sampai2 kalau habis cumuk malam ditanya pakai bedak lagi kah, karna memang lebih cerah. Tidak berani pakai tiap hari, hehe...
    Selama pakai lemon tetap jalan skincare dasarnya (double cleansing, toning pakai hydrating toner, moisturizer dan sunscreen meskipun dalam ruangan seharian).
    Semoga cocok dan bisa menyelesaikan perjerawatan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih buat sharing nya,
      semoga membantu yang sedang mencari - cari :)

      Delete
  16. sya lagi mulai mencoba ka baru sehari jerawat lgsg pecah dan berdarah mudh mudhn kedepan nya cepat cepat ilang ya soalnya muka saya berminyak sekali makanya timbul jerawat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, pecah pas proses gosok atau sendiri?
      Ingat, karena ini sifatnya asam, sambil diperhatikan kondisinya dari hari ke hari ya.

      Delete
  17. aku g berjerawat tapi aku juga kemarin cobain pake jeruk nipis kak, baru dua hari coba dan efeknya langsung kerasa. kulit jadi kenyal dan jadi lebih fresh gitu wajahnya

    setelah liat tulisan ini jadi semangat mau pake lagi ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cocok berarti.
      Selamat usaha lagi yaaa :D

      Delete
  18. Wah cocok berarti.
    Selamat usaha lagi yaaa :D

    ReplyDelete
  19. Aku udah dua hari pake lemon
    Tpi knapa ya jerawat nyah malah nambah
    Apa itu gk cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih tidak nambah ya.
      karena sifat asamnya itu membunuh bakteri

      Delete
  20. Untuk mengatasi beruntusan bisa kak?

    ReplyDelete
  21. wah makasih kak atas ceritanya!

    aku pernah pakai lemon waktu awal jerawat masih sedikit, tapi karna ribet dan perihnya yang gila itu, aku mutusin buat berenti rutinin TT_TT dan sekarang yang terjadi adalah aku coba produk ini itu sampai gak sadar jerawat udah semuka:")

    udah sering aku dengerin celotehan kakak aku untuk terus rutinin pakai lemon, karna memang dia sendiri dulunya waktu jerawatan cuma pakai lemon dan sabun bayi (sampai sekarang sih gak pernah pakai produk apa²). tapi aku nya bandel hehe, males buat tolerir rasa sakitnya, nahan sakit itu butuh tenaga juga gak sih TT_TT

    so, aku udah beli dua buah lemon di supermarket kemarin! semoga bisa rajin pakai dan kembali ke muka mulus seperti tiga tahun lalu lagi aamiin!

    see you next week for my another comment to review it, kak! GBU♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ghina,

      Wah makasih untuk sharingnya kabar baiknya, hehehe
      semoga orang-orang yang baca blog ini baca Komen kamu juga supaya semakin ter-encourage
      heheheh

      Semangatttt~~~~

      Delete
  22. Aku juga pake lemon untuk mengobati jerawatku, tapi aku campur dengan madu, biar ngga terlalu kering diwajah, hasilnya ngga hanya membuat jerawatku berkurang, tapi wajah juga jadi kenyal dan glowing..senang banget deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih informasinyaaaaa Lisa
      kapan-kapan Bulei coba deh :D

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!