Sistem Informasi Manajemen - Softskills


Tugas Softskill – 10 November


1. Suatu perusahaan manufaktur baru akan membangun suatu Sistem Informasi Komputer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan Sistem Informasi Akuntansi ataukah suatu system yang membantu menempatkan pesanan pesanan bahan mentah keperluan perusahaan.!

2. Suatu perusahaan mempunnyai system pengolahan transaksi untuk inventaris, pengiriman, penagihan dan perhitungan penerimaan. System-sistem tersebut terpisah satu sama lain, dan data dimasukan ke system-sistem tersebut pada area perusahaan yang terpisah oleh petugas yang berbeda. Ada usul baru agar system tersebut dikelola bersama dan masukan data pada satu system dapat digunakan bersama secara otomatis oleh system-sistem lain. Jelaskan mengapa cara tersebut diusulkan dan pakah anda melihat kerugian system yang sedang berjalan ?

JAWAB :



1. Menurut pendapat disertai beberapa referensi yang saya dapat, bila akan membangun System Informasi Komputer maka lebih baik dimulai dari Sistem Informasi Akuntansi. Informasi Akuntansi merupakan bagian yang penting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh manajemen. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.. . Informasi yang efektif dan berkualitas akan mendorong manajemen untuk bertindak profesional akan mempengaruhi usahanya.
Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
2. Apabila tadinya ada beberapa petugas berbeda untuk tiap bagian system pengolahan data transaksi perusahaaan mie, tentunya kurang begitu efektif dibanding penggabungan system tersebut, dimana kita dapat menghemat waktu serta segala masukan yang terinput dapat terlihat secara jelas oleh setiap petugas atau pihak pengelola, apalagi secara otomatis dapat mengubah data dalam system yang satu selama saling berhubungan. Melihat kerugian sepertinya belum terlihat karena kelak untuk system informasi, semakin efisien adan efektif maka kan semakin baik serta menunjang dalam manajemen informasi berbasis kopmputer.


Salam Little Monster



Referensi :
http://transformssword.blogspot.com/p/tugas-softskill-minggu-1.html
http://etd.eprints.ums.ac.id/2999/1/B200040001.pdf

0 Commentar:

Post a comment

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!