Seberapa Hebat SPF 15 itu?

Hola Sodara-Sodara Seantero Galaksi !!! Yeah Rock ON !! Malam-malam malah Posting, abisan kangen ngeblog gw, ketemu pacar udeh, masa ketemu blepetan dot kom kagakk!! #arghhhhhh >.<.

Lalu apa yang membangunkan gw diterik malam ini ? Ehheeee  ^^. . . . 
Biasa gw akan menulis Reportase alias Pengalaman gw dengan kalian, semoga ngebanting yah eh ngebantu :V. Ada yang kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah atau kuliah kerja sambil ? Entah lah yang manapun versi nya, tetep pasti Kangen HAri LIBUR !! Yeah sekarang Jumat besok Jalan-Jalan.

Jalan-Jalan kemana? Emol boring gw, tempat wisata ke Jakarta ? Asekkkk gak tuh ?!! Asik banget pastinya, Woahhaaaa #udeh ikut kata gw ajah.

Karena kadang jalan-jalan suka mendadak dangdut, otomatis gw gak punya persiapan apa-apa, and Oooups gw tipikal cuek. Menuju KOTU alias KOTA TUA, dengan nekat menerobos lampu sorot matahari, tenang doi pinter menyalip jadi mikir bakaln sampai dengan cepat kesana, Lah ternyata kita kesasar tong .  .

Nyaris Hampir 2 jam nyari dimana itu Kota TUA, pas nyampe seneng banget, #YIHAAA . . .
Akhirnya gw diluar BEKASI mama !!!!, gimana kerenkan tuh meriam ?



Seneng-seneng, pulanglah kami, tapi nyangkut dulu di Mall, #hhheeeheheee poor me. Nyari FAN buat Laptop gw yang suka mati tiba-tiba, saat itu gw gak sadar melihat kaki gw yang cuman pakai sepatu sandal tanpa Kauskaki, dan MURKA lah GW  !!


OK, tolong perbesar !!

 

Kalah dagh pidato Kepala Sekolah ama gw, sepanjang detik gw ngeluh dan ngeluh dan ngeluh, sedih banget udah gak Indah lagi nih kaki :'(. Sejak saat itu gw bertekad untuk koleksi Kaus kaki dan Sarung Tangan, maklum Kerja dan Kuliah pakai Motor. Tapi sodara-sodara, entah kenapa semua mulai berhilangan satu-persatu, mau nyari waktu udah mepet euuyyy :(. #jangan tiru kemalasan orang ini.

 

So gak ada jalan lagi kudu nyari PERLINDUNGAN EXTRA, Hand Body Lotion yang ada SPF nya. Apa Itu SPF? gw taunya itu anti Sinar Matahari alias Tabir Surya alias Sun Protector Factor. Akh karena gw pasti jalan pagi yang kadang panas kadang engga, juga kalo jalan-jalan takut dadakan lagi, gw cari yang SPF nya besar sekalian yang gede yang 50 itu tuh, hheeeheheee. Pas gajian langsung tancap gas gw ke Supermarket. Dan bukannya nyari yah malah mandek distan lain :V,  eh ada Marina euy dengan SPF 15 yang banyak manfaatnya.

Akh keren gak perlu nunggu ampe gajian juga gw bisa beli harganya terjangkau ^^, Berhubung pernah lihat banyak BLOGGER yang gw follow posting tentang LOMBA yang Marina adain dengan Blog bertema “Pentingnya SPF15 untuk perlindungan optimal setiap hari". Yaudah degh gw beli ajah, Tapi tunggu sepajang jalan gw mikir mengapa Marina PD hanya dengan SPF 15 ? Kenapa gak bisa lebih? apa supaya terjangkau dengan rakyat Indonesia macam gw ini?

Weit membuat penasaran akhirnya gw main ke Paman GOOGLE dan banyak banget hasilnya yang menambah pengetahuan gw yang  Cuek ini :).

Kenalan dengan Hand Body Lotion ber -SPF:
Botol dengan tingkat SPF yang lebih tinggi akan melindungi lebih baik terhadap sinar UVB yang berbahaya. Pada dasarnya, jumlah SPF merupakan indikator dari berapa lama Anda dapat tinggal di bawah sinar matahari tanpa terbakar. Lantas apakah SPF 50 akan melindungi jauh lebih baik dibanding lotion dengan SPF 30?Ternyata belum tentu demikian. Lotion dengan SPF 50 hanya melindungi sekitar 2% lebih dari lotion dengan SPF 30. #OMG.

Lantas apa itu UVB?
Berikut ini adalah macam-macam sinar UV yang biasa gw denger tapi gak tahu Manfaat dan Akibatnya. Berikut ini adalah macam-macam sinar UV berdasakan panjang gelombangnya.

Sinar UV-A


UV-A adalah sinar UV yang paling banyak menimbulkan radiasi. Sinar UV-A meliputi 95 persen radiasi yang mencapai permukaan bumi dan 30 - 50 kali lebih umum dari sinar UV-B walaupun kurang intens. Radiasi UV-A dulu diperkirakan memiliki efek yang kecil terhadap kerusakan kulit, tapi sekarang studi menunjukkan bahwa UV-A merupakan penyumbang utama kerusakan kulit dan kerutan.

UV-A menembus kulit lebih dalam dari UV-B dan bekerja lebih efisien. Radiasi UV-A menembus sampai dermis (lapisan kedua dari kulit) dan dapat merusak serat-serat yang berada di dalamnya. Kulit menjadi kehilangan elastisitas dan berkerut. Intensitas radiasi UV-A lebih konstan daripada UV-B (sepanjang hari). Selain itu, UV-A dapat menembus kaca.  

Sinar UV-B

Sinar UV-B biasanya hanya merusak lapisan luar kulit (epidermis). Sinar ini memiliki intensitas tertinggi antara jam 10:00 - 14:00 saat sinar matahari terang. Sebagian sinar UV-B matahari terblokir oleh lapisan ozon di atmosfer. UV-B tidak menembus kaca.

Dalam jumlah kecil, radiasi UV-B bermanfaat untuk sintesis vitamin D dalam tubuh, tetapi paparan berlebihan sinar ini dapat menimbulkan kulit kemerahan / terbakar dan efek berbahaya sintesis radikal bebas yang memicu eritema dan katarak.

Sinar UV-B juga dapat menyebabkan kerusakan fotokimia pada DNA sel sehingga memicu pertumbuhan kanker 

Sinar UV-C

Radiasi UV-C menimbulkan bahaya terbesar dan menyebabkan kerusakan terbanyak. Namun untungnya, mayoritas sinar ini terserap di lapisan ozon atmosfer. Dengan meluasnya kerusakan lapisan ozon karena pelepasan bahan kimia tertentu ke lingkungan (ozone depleting chemicals) seperti freon ac dan lainnya, dikhawatirkan akan banyak UV-C yang lolos ke bumi dan menimbulkan berbagai dampak merugikan pada manusia. (Perhatikan Gambar)

Source: http://ma-allatiefiyyah.blogspot.com/
Akhhh, setelah tahu mengerikan sekali yah, lalu kita harus pakai SPF yang tinggi donk !!, Eh katanya gak begitu juga, Meskipun kita Tinggal di Negara yang dilewati Garis Khayal Khatulistiwa yang bikin PUANASS!!, bukan berarti kulit kita cocok dengan SPF TINGGI yang produk luar ditawarkan. Fakta lain menurut yang gw ambil di Kompas.com, produk mereka belum tentu cocok untuk kulit wanita Asia. Tekstur dan warna kulit kita berbeda dari kebanyakan perempuan Kaukasian atau perempuan Afrika. Karena itu, tidak berarti kosmetik dari luar negeri belum tentu mampu memberikan perlindungan yang baik untuk kita.

Salah kaprah tentang SPF (Sun Protection Factor, atau jumlah skala untuk menilai tingkat perlindungan yang disediakan oleh krim tabir surya) ternyata bukan hal yang baru. Untuk orang Indonesia yang cenderung memiliki kadar melanin (zat warna kulit) cukup, maka SPF dengan kandungan 15-25 sudah amat tinggi. Sebab SPF ini telah memberikan perlindungan menyeluruh untuk kulit kita. Hal ini disebabkan kulit perempuan Asia rata-rata berwarna sawo matang, dan cenderung tidak mudah terbakar.

''Namun dengan adanya keinginan untuk tampil cantik, terkadang kulit diamplas atau di-peeling hingga menjadi rusak. Inilah yang membuat sinar matahari yang diserap kulit tidak mampu menangkalnya lagi. Sehingga meresap dan menjadi flek,'' tutur Dr Retno Iswari Tranggono, SpKK.

Karena kulit sudah tipis, maka untuk menghindari sinar matahari digunakan krim dengan SPF 30-50 persen. Namun hal ini membuat kulit jadi menghitam. Kenapa?

''Sebab SPF yang dipakai itu diuji coba dengan menggunakan kulit orang kaukasia. Krim tersebut diformulasikan untuk menyerap sinar matahari dan membuat merah (tan, atau kesan kecoklatan, RED) pada perempuan kaukasia,'' jelas pemilik House of Ristra ini.

Inilah yang membuat kulit kita menjadi gosong dan berwarna kemerahan jika menggunakan SPF d iatas 30. Terlebih jika SPF ini digunakan pada kulit wajah yang tipis dan sudah sering menjalani perawatan pengelupasan. Pada kulit kita pun timbul bercak-bercak hitam.

Krim yang aman bagi kulit kita adalah yang mengandung SPF sedang (15-20), dan memiliki kandungan UV A untuk melawan penuaan dan UV B untuk menangkis noda hitam. AKH itu Artinya Marina UV White Extra SPF 15, itu udah pas buat orang Indonesia, meskipun kulit gw gak sawo matang bukan berarti tidak terlindungi dengan SPF 15 saja, karena putih kulit gw ini Asli LHO !. Nih Manfaatnya Marina UV White Extra SPF 15 yang bikin luw PUAS:
  • SPF 15 sebagai UV B Protection yang melindungi dari paparan sinar matahari.
  • PA+ sebagai UV A Protection yang membantu menghambat proses penggelapan kulit.
  • Biowhitening Complex dari Yogurt dan Vitamin B3 yang kaya akan nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit, sehingga tampak lebih putih merata.
yogurt itu berkhasiat untuk menutrisi kulit dari luar. Khasiat yang utama antara lain: menghaluskan kulit, melawan jerawat, mencegah penuaan dini,  mencerahkan kulit. Pastikan Anda menggunakan plain yogurt (yogurt tanpa rasa). Okkeh dari pada banyak basa tinggal basi mari kita lihat perbedaanya di kulit belang gw yang mengerikan:


Terlihat lebih berminyak yah namun gak sampai 10 menit juga akan meresap ke tulang eh maksudnya ke kulit kamu. BTW untuk membuktikan Manfaat marina yang yang melindungi dari paparan sinar matahari dan bekerja membantu mencerahkan warna kulit, sehingga tampak lebih putih merata. Gw mengabadikan tangan dan kaki cantik gw selama 10 hari. Yang namanya Produk itu gak langsung nyata manfaatnya, butuh Penggunaan Rutin tiap hari untuk hasil yang nyata:



Hasilnya?
Kulit gw jadi wangi, karena enak banget aromanya, Terlindungi bo walaupun tanpa sarung tangan, untuk gw yang tiap hari di ruangan Ber AC yang bikin kulit kering, ini ampuh melembabkan walaupun beberapa jam saja ditangan tapi kalo kaki karena tertutp celana panjang tetep awet degh pas mau mandi, licin gimana gitu.

Dan gak mau nyari masalah lagi kalo gw mau jalan-jalan Tengah Hari yang mataharinya pada kumpul. Mungkin Jadi kebiasaan gw kali yah.

Oleskan sebelum memulai Perjalanan jauh dan bermandi cahaya Matahari



Untuk yang naik motor jangan nantang yah wajaha yah, Tangan dan Kaki??
AMAN . . 






EITT, karena bakalan buka jaket, oleskan lagi donk marinanya.




Dan yang bikin bingung itu kenapa Marina itu aroma Lotionya wangi banget lho dibanding Lotion lain yang sudah gw coba.


Matahari ? Why NOT


Eaaa, gak takut matahari lagi kan??





Mudah sekali mencari Marina di toko terdekat mu. Ayo buktikan !





Sumber :
http://www.sahabatmarina.com/product/marina-uv-white-extra-spf-15/?product_categories=marina-uv-white
http://female.kompas.com/read/2010/01/20/18402455/pilih.spf.yang.cocok.untuk.kulit.asia
http://www.apakabardunia.com/2011/02/inilah-macam-macam-sinar-uv-dan-tips.html
http://areacewek.com/manfaat-yogurt-untuk-kecantikan-kulit/


Comment, Sharing or Question, just feel Free ¯\_(ツ)_/¯. Postingan: " Seberapa Hebat SPF 15 itu?  " adalah milik Blog Mydellilah. Hindari tindakan Plagiarism, Jika MENGUTIP isi tulisan mohon di lampirkan link buleipotan.blogspot.com OK?! (´▽`)-c<‾_‾)

My Contact

TWITTER | FACEBOOK | MAIL




3 comments:

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!