[Tips & Trick]: Bagaimana Membersihkan/Desinfektan Makeup dari Bakteri

Tips+merawat+makeup+agar+awet
Mari bebersih makeup, katakan YES!
Hayo siapa yang masih ngikutin perkembangan selebgram Awkarin?!
Jangan pindah channel yah sodara2x kalau Bule gak ikutan bahas dese, karena selain banyak yang angkat jadi topik dan bahasanya lebih enak dibaca ketibang Bule yang bahas; 1 juga Bule gak suka memberikan perhatian Bule ke orang yang Bule anggap gak "penting" mendapatkan perhatian#sombong-detected, anak labil 1 itu emang sudah sukses menyedot perhatian "penonton" media sosial, penonton loh bukan penggemar, yakin setengah followernya itu adalah fans?

Gini deh, balik ke spesialisasi  Bule yang pas-pasan saja yah, dunia Beauty!

Sembari membuka laci "Bun, banyak banget ini palet eyeshadow nya" mata Bule engga ngedip sama sekali.
"Lho, itukan kerjaan gw Bule, jadi gw gak pake sendirian doank, lagian kan gw kasih alkohol buat bersiin jadi bisa awet tahunan"
"Lho emangnya bisa yah bun?!" logika Bule langsung jalan.
"Loh bisa donk, gw denger dari youtuber "blabla" dia punya palet yang ampe 10 tahunan dia punya, dan masih bagus, itu ajah triknya"

Itu percakapan Bule dengan bunda Yonna beberapa bulan yang lalu saat Bule kebeneran berkunjung ke rumah beliau, sengaja kepo dengan Closet bunda hari itu, kekhawatiran Bule adalah matinya masa pakai produk itu jika tidak segera dipakai sedangkan produk yang bunda punya saat itu terhitung massive

Penggunaan alkohol bakalan bisa bantu umur Makeup lebih panjang?!
Jawabanya sederhana ajah karena alkohol itu adalah antiseptik aman yang juga mampu membunuh mikroorganisme dan harganya yang relatif murah. Untuk memulainya kalian bisa membeli Alkohol mulai dari kadar 70% - atas.

Bule mau menerapkannya dengan peralatan makeup Bule, iseng beberapa hari browsing di internet untuk cari-cari caranya dan ternyata belum banyak yang nulis, kebeneran banget buat kalian yang punya hobi berMake up sama seperti Bule ataupun seorang Make up Artist yang harus menjaga kebersihan alat make up nya, mungkin trik ini bisa membantu kalian agar mengurangi guilty feeling jika membeli yang baru #HOHOHOOOO~~~~~~

Desinfektan+Makeup+dari+Bakteri
Denger nasihat papa Goss

Sebelum skroling kebawah, Bule sarankan kalian dalam posisi nyantai kalian dengan sudah ada makanan ataupun minuman di samping, karena tulisan ini bakalan panjang dan kadang bisa bikin lelah hati, bisa juga membosankan jadi Prepare urself! (Bule udah bilangin loh yah)

Sebuah Intro..

"Makeup ajah Bule jaga, apalagi hati kamu... plus ampelanya :)) "

Lipstik, lipstik itu dipakai secara langsung yah ke bibir, jika bibir kalian tidak bersih maka bekas makanan, kotoran, liur #ewh, atau kulit mati di bibir itu akan berpindah ke ujung lipstik kalian, jika "hal eewwh" mengendap maka akan berubah wujud nya menjadi mikroorganisme seperti bakteri yang bisa memperpendek umur makeup kalian, seperti muncul nya jamur atau mulai berbau, Ok jika jamur enggak muncul, tapi beneran kalian bisa gak bayangin gimana bibir kalian yang terkena "hal ewwhh" tadi? Meskipun punya sendiri sik yah #Terdiam.

Saran: Ini pure saran doang, ciyus!
Jika ingin lipstik kalian higienis dan bertahan lama, Bule jujur jarang dan dalam keadaan terpaksa saja untuk melakukan TOUCH UP atau REAPPLY lipstik, jika terpaksa untuk touch up, biasanya Bule akan membersihkan bibir dengan tisu basah berkali-kali sampai di tisu tidak ada kotoran/sisa lipstik lagi, lalu mulai memulas lipstiknya, kalau udah, giliran ujung lipstiknya yang Bule lap/coret ke tisu baru, jadi ujung yang terkena bibir Bule tadi tidak mengendap. Percayalah! ini gak makan waktu kok :))

Kenapa Bule mau ribet2x kayak tadi?
Soalnya biar punya sendiri, Bule rada geli. #Gitu-deh

Satu lagi, mungkin sulit dilakukan yah, jadi jangan mau berbagi lipstik dengan orang lain atau meminjamkan lipstik ke orang lain, karena bisa saja penyakit, bakteri dan tralalalala itu pindah ke ke kalian, jangan BAYANGIN! cukup jangan lakukan ajah, kecuali kalian tahu orang itu cara pakainya bersih atau kalian percaya pada penggunaan orang itu. Terus nih yah, jangan APPLY lipstik TESTER di KONTER langsung ke bibir kalian!, serius banget loh ini kacaunya!
Bekas orang makan bakso bisa nempel di bibir kalian atau mungkin dia habis jilat bibirnya dengan ludahnya, dan kalian tahu sudah berapa dekade lipstik itu dipajang? Hell NO!

Meskipun kalian adalah orang yang higienis dalam merawat makeup, tidak berarti makeup kalian tidak terkena bakteri, pembersihan makeup / Desinfektan your makeup secara rutin bakalan nambahin BONUS MEMPERPANJANG UMUR MAKEUP kalian, karena dpertumbuhan bakteri tidak akan sempat terlalu jauh terjadi.


Mari segerakan membersihkan make up!

Luangkan waktu kalian dalam sehari, batalkan semua janji pada hari itu, serius! ini bakalan makan waktu dan kesabaran, bahkan mungkin butuh 2 orang jika kalian tidak kuat, ingat untuk isi perut dulu, dan sediakan minuman disamping kalian supaya enggak dehidrasi, karena pekerjaan simple ini makan waktu, tergantung banyaknya peralatan kalian juga sih. Untuk kuas makeup, Bule sudah pernah tulisan tersendiri yah di post "Cara Mencuci Kuas", meskipun tulisan sudah usang, jika engga puas, kalian bisa gooling lho, gak dipaksakan baca versi Bule.


Alkohol+bahan+utama+membunuh+microorganisme
Peralatan yang dibutuhkan ada disekitar kalian

Peralatan diatas pastinya ada dirumah kalian kan yah, harga alkohol juga murah dan gampang di cari di apotek, kalau kalian punya banyak peralatan yang harus dibersihkan, bisa beli 2-3 alkohol deh, daripada nanggung kan kerjaanya, habis di tengah jalan itu bikin keki banget!
 

Pisahkan menurut kategori biar gampang kerjanya~

Untuk liptik batangan caranya gampang:


Creamy+lipstick+lipbalm
Lipstik batangan Bule

  • Dengan tisu, bersihkan/lap tiap ujung lipstik.
  • Tuangkan alkohol ke dalam wadah dengan ketinggian setengah penuh wadah, lalu celupkan lipstik sekitar 10-20 detik lalu keringkan dengan cara di angin-anginkan lalu tutup setelah mengering.
  • Ulangi ke seluruh lipstik kalian.

"Alkohol itu cepet banget sekali mengeringnya paling hanya 30 detik saja, bisa jadi kurang~~~"

"Bule apa ini akan merubah rasa dan tekstur lipstik?"
Bule belum menemukan hal-hal tersebut, atau Bule orang nya enggak peka? bisa jadi :P #dilempar-kotak-sepatu.


Untuk lipstik yang lagi HITS!


Lipstik cair kan menggunakan aplikator, sayang sekali tidak ada hal yang mencegah pertumbuhan bakteri dijenis ini, karena bentuknya yang liquid tadi itu. Jadi yang perlu kalian lakukan hanyalah berusaha higienis dalam penggunaanya, ingat yah produk yang cair itu lebih mudah berkembang mikroorganismenya karena keadaanya lembab. Jadi penting untuk segera menghabiskan lipstik cair kalian.

bagaimana+mebersihkan+lipstik
Lipstik berbentuk cair yang lagi hits!

Hal yang setidaknya bisa dilakukan:
  • Bersihkan bagian mulut botol dimana cairan sering mengendap dan membeku disana dengan tisu atau kapas yang sudah ber-Alkohol, endapan itu kan paling sering kena udara dan bisa saja ikutan masuk kedalam saat kalian "celap-celup" aplikatornya.

Mascara juga masuk ke kategori ini, malah umurnya paling pendek dari semua jenis makeup, hanya 3-6 bulan saja, dikhawatirkan jika terlalu lama kalian pakai berakibat pada mata kalian, jadi jika sudah melebihi umur dan baunya aneh bin ajaib, saat nya belanja yang baru!


Produk dalam bentuk pensil


Ada 2: yang diraut dan diputar, yang diputar lebih gampang sama halnya dengan membersihkan lipstik batangan diatas. Namun untuk yang di raut seperti Lipliner, Eyeliner dan Eyebrow yang bisa kalian lakukan adalah:

Cara+membersihkan+makeup
meraut itu menakutkan dan bikin pedih kalau patah, maka hati-hatilah!
  • Sediakan 2-3 rautan bersih, jadi produk bibir dan mata dipisahkan yah
  • Raut sampai kulit pensil yang lama berganti dan bagian ujung juga terlihat baru. Jangan TIUP!
  • Pindahkan alkohol ke wadah spray
  • Spray tiap pensil tadi yang berhasil di raut tadi.

Apalagi produk pensil itu kebanyakan berbentuk cream yah bok, berarti kesempatan untuk hidup si bakteri lumayan gede, jadi hati-hati apalagi yang doyan main eyeliner. Ini khusus yang berbentuk pensil yah, jika eyeliner spidol tidak perlu dibersihkan karena memang tidak bisa :(


Produk dalam botol/tube


Entah itu cream ataupun cairan, ini adalah jenis yang paling gampang dihinggapi bakteri kalau tidak bersih menggunakannya, itulah juga mengapa jenis ini juga pendek umurnya, nah untuk sedikit memperpanjangnya yang bisa kalian lakukan itu adalah:

Cara+membersihkan+produk+makeup
Foundation dan BB Cream nya buibuk~~

  • Membersihkan mulut botol dimana biasanya produk mengendap
  • Bersihkan juga bagian tutup nya dimana produk banyak kering disana dengan cotton bud.

Nah kalian bisa lihat tanda-tanda kalau foundation kalian sudah kadaluarsa mulai dari mencium baunya dan jika tekstur foundation telah terpisah-pisah seperti pecah, terasa tebal dan bergumpal, atau sebaliknya terasa cair dan ada air yang terpisah sendiri, itu tandanya foundation kedaluwarsa, jangan diteruskan, langsung buang!

Ingat pengobatan wajah kalian jika kalian sampai breakout atau jerawatan lebih mahal sodara-sodara!


Produk berbentuk cream di dalam jar


Biasanya ini ada di eyeshadow cream, foundation cream, eyebase, ada juga eyebrow cake dan eyeliner gel berada didalam bentuk cream. Hal yang kalian bisa lakukan itu:

Bagaimana+agar+makeup+tidak+jamuran
Cream dalam jar

  • Lap permukaan, tidak apa apa jika produk yang terambil lumayan banyak.
  • Semprot dengan alkohol dan biarkan kering sebelum di tutup.

Bentuk cream disukai bakteri? Banget lah!, jadi untuk memperpajang umurnya, biasakan menggunakan kuas saat ambil produk, sekalipun pakai tangan, pastikan tangan kalian bersih, tangan itu bisa jadi pengantar bakteri terbaik. Muach!


Produk berbentuk powder padat


Untuk yang berbentuk powder yang loose seperti bedak tabur akan aman karena bentuknya kering dan tidak terkena sponge langsung (kan bedak tabur dipisahkan dengan sekat yang ada lubang nya). Untuk bentuk kering padat begini yang paling awet bisa 2-3 tahun bertahan, kalau mau achieve lebih dari 3 tahun yang bisa kalian lakukan sama seperti yang tadi Bule bilang, jangan gunakan tangan saat mengambil produknya!

Bagaimana+agar+makeup+tidak+jamuran
Lap-lap dan lap!
Cara membersihkannya:
  • Lap dengan tisu pada bagian permukaan.
  • Lalu semprot bagian permukaan dengan alkohol tapi bisa juga dengan
  • Menggunakan kapas berakohol dan tepuk-tepuk pada bagian permukaan.

Tools lainnya seperti penjepit bulu mata, pencapit bulu mata, pinset kalian bisa lap atau semprot kan saja. Untuk sponge lebih baik lebih dicuci karena lebih gampang kotor, apalagi kalau kalian terbiasa touch up, kan sifat sponge itu menyerap yah buk, kalau minyak buibu yang keserap yah tauk donk yah giman-gimananya? Better beli baru atau kurangi kebiasaan touch up. Serius loh ini Bule!


VOILA

Bagaimana+agar+makeup+tidak+jamuran
Bule biasa simpan disini karena sejuk dan terhindar dari debu serta gampang di angkut kemana-mana

Kelemahan nya itu tadi yah, makan waktu dan makan tenaga, jadi sediakan waktu luang kalian jika ingin membersihkan secara keseluruhan. Juga kadang kalau tangan terkena alkohol jadi kering.
Kelebihanya tentunya makeup kalian terhindar dari bakteri, kuman, minyak dan lainnya yang bisa menjadi penyumbang iritasi dan infeksi maupun penyakit untuk kulit wajah. Bonusnya adalah masa pakai yang bisa lebih lama dari perkiraan.

Bule sih kerjain beginian berdua makan 2-3 jam loh yah, capek banget-kebangetan tapi udahnya puas banget kok liat mereka sudah bersih dan higienis, sekalian juga milah-milah produk yang bisa dipakai dan yang harus dibuang.

EXTRA:
Untuk pemakaian sehari-hari juga perlu diperhatikan yah biar tetap awet dan tidak terkontaminasi kotoran, jangan bersihkan sekaligus toh bersih-bersih juga ujunya, jangan punya pemikiran begitu, karena kalian tidak tahu kalau tiba-tiba lipstik atau blush on kalian sudah jamuran ajah, tempat penimpananya nya juga jangan dekat dengan sinar matahari, taruh ditempat yang sejuk dan selalu tutup setiap habis pakai, jangan kasih udara masuk terutama untuk produk dengan campuran air.

Ini juga yang bikin harga MUA mahal loh, MUA yang profesyenel itu untuk masalah kebersihan adalan masalah utama dan penting, jadi jangan heran harganya MUA seperti itu mahal, selain dia harus membersihkan kuas tiap kali pakai, ada juga MUA yang membeli aplikator lipstik per-klien, jadi sekali pakai bisa dibuang tanpa harus pindah dari 1 bibir pasien ke lainnya, begitulah cyn~~~


Gimana post Bule hari ini? Kasih jempolnya gan kalau Ok!
Akhir kata, selamat bersih-bersih buibuk~
Have a nice and clean babies yak




Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Tips & Trick]: Bagaimana Membersihkan/Desinfektan Makeup dari Bakteri- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "





32 comments:

  1. Pernah nonton yutup orang tentang ini tapi kok kayaknya ribet banget. Tapi cara ini kayaknya paling simple eheh. Nice post, kak! :D

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh kalo ini gak bikin belibet :))

      Delete
  2. Waini banget tipsnya, tapi tapi tapi kapan aku sempat~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum dirimu terbang keluar benua put put~~~
      1 tahun ditinggal lumayan lohh . .

      Delete
  3. Post yang berguna banget! Terima kasih yaaa. Sekarang cari waktu buat bersih2 hehehehe

    ReplyDelete
  4. nice tips sangat~ emang puas banget kalau udah konclong semua, cuma kalau kosmetiknya banyak kaya para biuti blogger itu, udah gumoh duluan sebelum beres semuanya wkwkwk :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa, nah derita yah kalo di byuti blogger, makeup junkie apalagi MUA, makanya 1 hari bersiiin penuh lelah letih lemas XD

      Delete
  5. Ka Rifka, bersihin dengan alkohol ini berapa minggu sekali atau berapa bulan sekali?

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao pakenya tiap hari kan main feeling yah misal pake lipen atau esedonya itu-itu ajah nanti bisa keliahatan kudu kapan dibersiin, nah kalo jrg pake keknya gak perlu sering2x amatan yah, nah case nya gw kan slama ini jrg makeup an, keknya 3-4 bulan sekali Ok kali yah.

      Delete
    2. Eh, jadi itu makeup kayak eyeshadow gitu setelah dikasih alkohol gini. Ga ngikutin epx.date gitu ya? *masih gagal paham neh ka Rifka hehe

      Delete
    3. Sebenernya, kalau pemakaian bersih apalagi dirimu rajin Disinfektan, itu bisa memperpanjang umur makeup sendiri. Tapi tetap pakai feeling dan diperhatikan seksama kalau emang udah expired jadi memang harus dibuang.

      Delete
  6. waaa ka Bule informatif banget! wajib praktek ini mah btw aku paling jijik sama tester lipstik BIG NO yang namanya nyoba tester dibibir karena tester suka bau dan ya ya ya *gak mau bahas
    thx u ka Bule ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang ati awak nih kalo berguna :))
      hahaha, jangan...jangan...jangan bahas disini XD

      Delete
  7. Bule, love this post so much <3
    biasa ny cuma bersihin pke tissue basah. Bsok mesti beli alcohol dehh.
    Anw apakah sebulan skali ngebersihin babies kita itu udh ckup?
    Atau min.2x sebulan?

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap airin,
      mksudnya lap produk langsung pake tisse basah?
      gpp yak emangnya, takutnya di tisu basah ada aroma dll.
      itu td airin, tergantung sering gak nya pake, kalo tiap hari nih kek orang kerja, keknya 3-4 bulan deh, atau main feeling ajah :)))

      Delete
  8. Thank you buat infonya, Bule. Bermanfaat banget. Iya tuh, bagian ujung tube liquid lipstick suka banyak residu nempel, ewww! Jadi mau bersih2in deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama sist Edwina :))
      Iyah, apalagi Lipstik must item sekarang kan yah, tanpa esedo pun jadi . .

      Delete
  9. wuaaahhh, dan makeup ku kebanyakan cream -__-.. eyeshadow, eyeliner,lipbalm, blush on... kirain itu yg paling tahan lama, ternyata malah paling riskan ya mba... baru tau... kyknya udh wktunya bersih2 :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaahhh, banyak bgt yak?
      iyak itu cepet loh matinyam apalagi kalo kamu colek langsung pakai tangan, bisa lebih cepet lagi..

      Delete
  10. duh baru tau semua,ga pernah bersihin make up >.< kece penjelasannya, lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah~~~
      ayo ayok dimulai sebelum semunya terlambat ~~~

      Delete
  11. Gak pernah hahaha...
    Kudu belajar lagi nih.
    Trims ya udah share ilmu bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sekarang saat nya loh, biar tambah awet makeup nya :))

      Delete
  12. Huaaah keren banget tipsnya. Thank you banget ya. Aku suka esmosi kalau udah ngraut pensil alis dan eye liner. Gampang banget patah. Mungkin karena aku pakai cutter ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai cutter emang susah, rautan juga sama ajah, sepertinya emang yang diputar itu the best sik ya~~~

      Delete
  13. Nice info, Kak. AKu selama ini sih bersihin tempatnya aja, gak kepikiran sampai bersihin produknya. Mulai bulan depan aku terapin XD


    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama.., dulu tempat dan bagian luarnya ajah :))
      Selamat mencoba . .

      Delete
  14. Ya ampun de Rifka, this is such a useful one... apalagi aku yang pemalas ini, thank you for reminding and sharing this post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap kak, cukup sediakan waktu 1 hari ajah kok :))

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!