Cara Membuat Overnight Oatmeal Enak!

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals

Overnight oatmeals atau Overnight oats menjadi pilihan sarapan yang tepat. Tepat karena menghemat waktu, rasanya enak juga alternatif pas kalau bosan dengan bubur Oatmeal yang menggunakan air panas.

Hampir 2 bulan lebih ini Bule switch sarapan dengan Overnight oatmeals. Selain tampilan yang menarik, gizi yang Bule dapatkan juga banyak banget. Daripada sarapan gorengan, mie, nasi atau roti, Bule lebih memilih Overnight oatmeals saja. Semua ini bukan tanpa pertimbangan, berikut hal-hal yang membuat Bule loyal dengan makanan ini.

Tampilan Overnight oatmeals Enak dipandang
Kadang penampilan bisa mempengaruhi keputusan. Nah ini mempengaruhi Bule juga. Siapa yang gak sedap memandang campuran segar buah-buahan dalam jar transparan. Cantik banget dan bikin nafsu makan.

Oatmeal itu baik
Semua tahu betapa baiknya Oatmeal itu sebagai pengganti nasi sebab ia adalah karbohidrat baik. Terdapat serat, bisa menurunkan kolestrol, melancarkan pencernaan dsb. Abang (suami) ajah makan itu setiap hari (versi yang dimasak) sampai susut berat badannya, BAB lancar dan lebih bugar. Hanya saja, Bule engga bisa makan Oatmeal dimasak/panas seperti Abang. Selain enggak menarik dan rasanya lebih hambar. Makanya Overnight oatmeals salah satu solusi terbaik.

Menghemat waktu
Enaknya menggunakan teknik Overnight oatmeals adalah bisa membuat untuk 4-5 hari sekaligus. Jadi pada hari Minggu (biasanya) Bule menyiapkan 5 buah jar untuk 5 hari kedepan. Jadi setiap pagi, Bule hanya tinggal ambil saja dari kulkas. Sampai kantor langsung makan!


Kalau kalian melakukan googling maupun youtube untuk resep membuat Overnight oatmeals, bakalan banyak banget resep bervariasi yang keluar. Bule cobain 1 persatu semua resep, semua varian, dan semua rasa. Akhirnya Bule menemukan resep Bule sendiri yang lebih edible alias enak dimakan harian.

Awal-awal buat yah masih banyak gagalnya. Mulai rasanya aneh, eneg, mual, hambar, hampir basi buahnya. Hahahaha.
Nah ini sudah nemu rasa paten yang semua orang di kantor bilang Enak! Dan dengan murah hati, Bule akan berbagi resep ini. Semoga bermanfaat buat kalian yang mau mulai mencoba Overnight oatmeal, ya!

Cara Membut Overnight Oatmeal Enak dan Mudah ala Buleipotan


1. Pilih Oat Utuh
Siapkan dahulu gandumnya, dimana bukan gandum yang sudah diproses/lebih halus seperti Quake** Oa** tapi yang masih yang masih utuh alias Rolled Oats. Alasannya supaya tidak terlalu hancur, dan enak dikunyah. Contohnya seperti ini:

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Credit : Nakita.id

Oia, Bule mau sarankan menggunakan Muesli. Karena Muesli itu sudah dalam satu paket dengan olahan lainnya yang diperlukan dalam membuat Overnight Oatmeal.

"Muesli itu adalah campuran Oat/Gandum dengan biji-bijian (biji labu, biji bunga matahari, biji chia ), kacang-kacangan (almond, walnut, mete dll) dan buah-buah kering (cranberry, bluberry, kismis dll)"


Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Contoh Muesli yang Bule pakail.

Lalu masukan kira-kira 2 cup Muesli ke dalam wadah. 2 cup Muesli sudah cukup untuk membuat Overnight Oatmeal sebanyak 4 jar ukuran kecil ukuran 250 gr/300 gr (seperti jar selai).


2. Siapkan susu dan Yogurt sebagai perendam

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Greek Yogurt dan Susu

Gunakan susu rendah lemak sebanyak 2 cup juga (samakan ukurannya dengan takaran Muesli). Lalu masukan 1 cup Greek Yogurt. Kalian bisa pilih Greek Yogurt yang plain atau dengan rasa buah. Bule saranakan Greek Yogurt rasa stroberi karena rasanya lebih enak. Terakhir, aduk sampai semua campuran merata. 

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Aduk sampai rata


4. Potong buah secara dadu dan siapkan selai

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Siapkan buah dan selai (opsional)

Banyak buah yang Bule sudah coba. Mulai dari kiwi, nanas, stroberi, blueberry, rasberry, pisang, mangga dan lain-lain. Sayangnya malah bikin rasa jadi aneh, asam, dan banyak lagi yang gak cocok di lidah. Akhirnya malah cocok dengan apel royal gala.

Kenapa apel royal gala? Karena teksturnya lebih empuk, mudah dihancurkan dan manis. Kadang kalau kehabisan bisa diganti apel fuji hanya saja lebih susak ditumbuk. Kamu potong dadu sebanyak 2 buah apel, ya.

Untuk selai itu sifatnya opsional jika kalian belum terbiasa dengan manis alami (entah dari yogurt stroberi dan rasa manis buah apel tumbuk). Selai yang Bule masukan sekitar setengah sendok makan saja. Untuk selai, Bule sarankan selai stroberi atau nanas.


5. Tumbuk buah agar keluar sari buahnya

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Tumbuh halus buah apelnya

Ambil setengah bagian dari buah apel yang dipotong dadu lalu campur dengan 1/2 sendok selai tadi. Tumbuk agar keluar sari buahnya.


6. Campurkan semua bahan dalam 1 jar

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Campurkan semua bahan

- Siapkan 4-5 jar bersih. Pertama masukan tumbukan buah apel royal gala+selai.
- Masukan Muesli
- Berikan potongan dadu apel sisa tadi. Tutup rapat
- Masukan ke dalam kulkas

TARA~
Makanan 5 hari sudah jadi. Kalian tinggal ambil setiap pagi sebagai sarapan.

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals


Tips: 
- Minimal penyimpanan 8 jam sebelum dimakan. Kalau enggak nanti masih terasa mentahnya si rolled oat.
- Jika saat kalian ambil ternyata terlalu kering, kalian bisa tambahkan sedikit susu lagi dan diaduk rata kembali.
- Setelah keluar dari kulkas, batas waktu dimakan sekitar 1-1,5 jam. Melebihi itu maka Overnight Oatmeals akan bau alias basi.
- Masa simpan maksimal 5 hari. Bule belum pernah coba lebih dari itu. Hasil baca-baca sih malah 4 hari saja. Karena adanya susu dan yogurt yang bisa bikin basi.

Manfaat yang Bule rasakan adalah metabolisme menjadi lebih baik. Dulu bisa 2-3 hari sekali baru BAB, namun sekarang sudah bisa setiap hari. Overnight Oatmeals bisa bikin kenyang sekitar 2-3 jam. Cukup deh sampai makan siang.


Membingungkan? Nih ada versi videonya.



Sekian video #BuleDiet. Temukan video lainnya di youtube Buleipotan. Bantu Bule belajar lebih baik lagi dengan berkomentar supaya semangat menulisnya lagi. Sampai bertemu di tulisan berikutnya!
God Bless Us!

Try it first!



Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-Cara Membuat Overnight Oatmeal Enak!-" adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "


Sumber :
https://www.alodokter.com/manfaat-oatmeal-untuk-kesehatan
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3604378/overnight-oats-dan-oat-masak-biasa-mana-lebih-sehat

Kata Kunci:
Overnight Oatmeals
Oatmeals

Gandum Ututh
Rolled Oats
Muesli
Cara membuat Overnight Oatmeal
Resep Overnight Oatmeal
Diet Sehat
Sarapan Sehat
Makanan Sehat
Kegunaan Gandum
Manfaat Gandum

14 comments:

  1. Jadi pengen nyoba overnight oatmeal.

    Dulu sempat juga rutinin makan oats yang pakai air hangat. Dicampur pisang dan jus jambu / mangga.

    Tapi gak konsisten karna malas buatnya. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas rajinin lagi.
      kalu terlau malas buat tiap hari, saatnya coba yang overnight oatmeal. hihiih

      Delete
  2. Adik saya juga suka bikin overnight oatmeal. Dia pakai yoghurt yang plain dan buah-buahan kering. Enak juga…

    ReplyDelete
  3. Kirain overnight itu cemilan di tengah malam dong 🤣 hihihi

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyoba. Jadi pengen mengingat di rumah ada simpanan rolled oat sekilo lebih.. Hihi. Bingung mau diapakan. Tinggal cari susu sama yogurt-nya nih.

    ReplyDelete
  5. dulu aku sempet mba, beli dari temen yg memang jualan overnight oat :D. tp ya itu, dia jualannya angot angotan, tergantung mood, jdnya aku jg ga pasti sarapan ini. padahal enaaak. kayaknya mending bikin sendiri sih memang :D. Ntr deh mau belajar bikinnya. mungkin aku coba 2 botol dulu utk melihat hasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.
      karena bikinya emang capek sih sebenernya XD
      makany lebih enak bikin sekali seminggu.
      tp kalo baru coba, aman bikin dikit dlu.

      Delete
  6. wah makasih loh bule idenya. Bingung sama menu diet, itu2 aja. Suka liat muesli di superindo tapi ga tau masaknya gmn. Boleh nih dipraktekin ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba :D
      Kuy dicoba. Rasanya wuenak lho :D

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!