#BuleDiet karena sudah Overweight?!


Kasih judul panjang-panjang karena buntu mau disingkat bagaimana lagi. Jadi bukan saja karena Bule overweight alias BUNCIT tapi makin banyak "gangguan" di sekitar Bule. Gangguan nya semakin lama semakin menggangu kalau dibiarkan sampai akhirnya Bule Diet 5 Hal berikut. Seperti apa? Begini kira-kira ceritanya. #SembariSeruputGudDei.

#DietMakan

Dimulai dari keinginan diet makan makanan manis karena telinga ini sudah banyak "disetor" cerita orang yang usianya tidak lama, perut semakin buncit itu penyakit, dan "dihinggapi" berbagai penyakit di usia muda. Jujur ajah, buat kalian yang sudah kerja pasti bertemu dengan orang-orang yang tubuhnya cenderung overweight tapi santai ajah macam gak ada beban. Bule enggak bisa. Karena tahu enggak sih? Organ-organ tubuh kalian itu "kesakitan" kejepit dengan lemak yang porsinya semakin besar. 

Belum lagi usus kalian yang sama kotornya kayak pipa saluran AC. Pasti gak kepikiran kesana, kan? Tahu enggak sih, jika ususmu yang kotor itu bisa jadi awal dari berbagai penyakit karena dindingnya yang penuh kotoran. Lalu  kalian makan-makan-makan makanan yang juga kotor. Kebayang?!

Masukan sayuran kedalam menu kalian sedari sekarnag yuk!

Belum lagi semakin banyak Mukbang di internet. Makan dalam porsi besar dalam satu waktu, iyah kalau sayuran lah kalau itu makanan kotor, junk food yang sulit dicerna, mereka gak kasihan dengan lambung mereka sendiri ya? Tubuh mereka? Organ mereka? Usus mereka? Hanya buat views orang yang hanya butuh entertaiment? Yang bikin ngilu, yang tubuhnya sudah overweight yang makan-makan yang jelas-jelas "menyumbang Kolestrol tinggi. Guys,  kalian harus sayangi tubuh kalian. Serius deh, sakit itu enggak enak.

Jadi intinya adalah kita harus cerdas dengan apa yang kita makan. Karena penyakit banyak berasal dari makanan "ngasal" yang kita makan. Dan jangan makan berlebihan. Yang berlebihan enggak baik :)

#DietPlastik

Ingat ini konsepnya diet ya!
Bukan berarti enggak pakai sama sekali alias NOL tapi maknanya adalah mengurangi terus menerus sampai menjadi HABIT. Pertengahan bulan lalu, Bule mulai disadarkan kalau Bule harus mulai #DietkantongPlastik. Puji Tuhan, suami mendukung karena sudah "eneg" dengan jumlah kantung plastik yang semakin banyak tidak kunjung berkurang. Ya jelas, setiap belanja kemana-mana pasti ada kantung plastik, kan?!


Mengganti tumbler palstik denga tumbler stainless steel dan mengganti tas plastik dengan tas belanja besar

DItambah lagi banyaknya video "mengenaskan" tentang hewan di laut yang ditindas dengan keberadaan plastik tersebut. Laut jadi tempat pembuangan sampah bukan hal baru. Sekitar tahun 97, Bule menjadi saksi bagaiman sampah yang berada di kapal feri tujuan Medan-Jakarta. Petugasnya mengeluarkan sampah kapal dari tong besar begitu saja ke laut. 22 tahun hal itu terus menggangu pikiran Bule, dan terjawab sudah betapa "mengerikannya" treatment manusia terhadap alam.

"Apa yang Bule lakukan mah bagai butiran debu, tapi serba salah enggak bisa diam ajah, kan?"

#DietBelanja

Tujuan utamanya bukan mau berhemat, lho. Serius!
Kami (Bule dan Abang) diet belanja lantaran semua yang kami beli di minimarket maupun hypermarket itu sudah berbungkus plastik semua. Sayuran, makanan ringan, minuman maupun telur dan buah-buahan juga terbungkus plastik. Karena kami sedang #DietPlasik alhasil kami sampai berkali-kali berfikir dan mematung sebelum membeli sesuatu yang "dibungkus plastik". Apapun! Sampai kami jarang sekali takeaway makanan karena enggak mau "bertanggung jawab" dengan sampahnya.

Membeli kantung sekali pakai untuk membeli buah-buahan dan menyortir Plastik yang dimiliki

Tanpa terasa kami malah saving money. Imbas yang sangat positif untuk dilanjutkan, bukan? Btw, sampah plastik yang kami miliki itu kami simpan untuk kami buatkan "eco brick" (nanti Bule jelaskan di another post, yaw).

#DietMakeup

Buleipotan.com adalah blog yang berbasis dunia kecantikan dan salah satunya adalah makeup things yang menjadi penyumbang the greatest visitor whole time. Namun itu sudah berlalu. Visi dan misi blog Bule yang enggak pernah berubah adalah sharing for good. Jadi walaupun akhirnya isinya harus bertolak dari dunia kecantikanpun tidak menjadi masalah, Blog ini harus menjadi Berkat untuk pembacanya.

Menggunakan subsitusi kapas untuk menghapus makeup yang terbuat dari kain

Kenapa #DietMakeup? Karena makeup itu menggunakan kemasan plastik dan sekali pakai. Se-simple itu. Semakin banyak makeup yang Bule beli akan semakin banyak tanggung jawab dengan residu. Belum lagi makin banyak makeup Bule yang expired namun belum maksimal dipergunakan seperti lipstik dan eyeshadow. Kok kayak buang-buang uang, ya? Begitu kira-kira pikir hemat Bule saat menghempaskan "mereka" ke tong sampah.

Kenapa enggak habiskan dulu yang ada baru beli kembali. Merenungi berminggu-minggu, syukur Bule bisa melewati fase ini. Hal ini awalnya sulit, karena yang sudah doyan dan menjadi kolektor makeup things sulit untuk enggak main-main ke makeup counter di mall. Tapi sekarang Bule sudah bisa. Kesininya Bule lebih fokus ke skincare karena lebih baik fokus untuk merawat di usia segini. Dan untuk mengurangi sampahnya, Bule sengaja beli yang ukuran "Jumbo" agar lama habisnya.

"Memang enggak bisa sepenuhnya tapi setidaknya mengurangi."

#DietBaju

Dari dahulu Bule enggak begitu into fashion things. Mix and Match baju ajah payah banget jadi enggak sulit untuk mulai #DietBaju. Yang membuat Bule teguh untuk mengurangi pembelian baju karena momen pindahan kos-kosan. Ternyata baju Bule banyak banget! Asli banyak banget. Ada yang salah beli,  ada yang udah ketinggalan jaman juga. Karena enggak tega dibuang, jadi malah numpuk di lemari. Bila ditukarkan mungkin ada jutaan itu.



Dan kamu tahu enggak sih, kalau serat baju yang kalian buang itu sulit diurai oleh alam. Selain plastik, fashion adalah penyumbang sampah nomor 2 di dunia. Belum lagi brand-brand ternama "rajin" menelurkan trend yang sangat cepat. Display manekin ajah sering gonta-ganti di mall saking banyak pergantian musim fashion. Coba sejenak berfikir, dimana mereka akan dibuang jika 1 wanita saja di dunia saja punya ratusan lembar baju sepanjang hidupnya? Semakin kalian cari tahu di youtube, semakin memperihatinkan.


***

Mari bergerak-berkeringat!

Solusi?
Tidak ada yang instan tapi pasti ada jalan. Bengkaknya populasi membuat bengkaknya jumlah sampah. Manusia akan terus mencari lahan untuk membuang "residu" penggunaanya. Asal tiap-tiap orang bertanggung jawab dan anak-anak dididik pengertian "buanglah sampah pada tempatnya" sudah wajib, bakalan ada secerca harapan buat bumi masa depan nanti.

"Kasihan lho anak kita dapat sisa "busuknya" generasi sekarang. - How Dare You!"


#ZeroWaste adalah movement yang sedang gencar digaungkan oleh jiwa muda yang teraniaya dengan lingkungannya yang semakin "diperkosa". Kalian boleh cari bagaimana memulainya. Bule juga masih belajar, levelnya masih merangkak tapi jelas maju kedepan.

Dibilang sulit ya kebangetan bok! Banyak banget yang harus diubah, dibiasakan, diadaptasi, diganti, dipasrahkan. Ribet juga! Aargh . . . .!!

Btw, selanjutnya Bule akan review barang-barang atau lifestyle Zero Waste yang sudah Bule lakukan.

"Harapannya, tulisan ini bukan agar Bule terlihat baik dan kalian terlihat buruk atau isitilah PENCITRAAN. Kepentingan Bule sederhana, mari kita lebih peduli lagi kepada alam (mba dukun)."

Jangan sampai alam menjadi sejarah.



Sekian tulisan Bule.
Cahyo. 
Sampai di tulisan berikutnya!
God Bless Us!


Kata Kunci:
Zero waste
diet kantong plastik
diet plastik
hidup minimalis
caranya diet antong plastik
Eco green
Bebas Sampah
Hidup Zero Waste
Zero Waste Lifestyle
Go Green


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-#BuleDiet karena sudah Overweight?!- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "

6 comments:

  1. yang paling sulit itu diet makan, apalagi di depan mata ada makanan kesukaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget.
      Tapi kalau kita niatin pasti bisa.
      Intinya gak menghilangkan tapi mengurangi sedikit demi sedikit :))
      Semangat ya

      Delete
  2. utk yg diet makan, aku jg udh mulai mba. mengurangi makan, trutama malam hari. nasi juga aku coba utk kurangi. walopun sebenernya badanku itu termasuk underweight, tp bagian perut yg sedikit buncit udh jd tanda kalo metabolismeku udh mulai melambat. kalo ga mulai dr skr, takut aja kolesterol dll nya bakal nyerang walopun aku termasuk kurus. mereka itu mah ga mandang kurus ato gemuk.

    akupun kasian ama youtuber yg sering mukbang. kok ga kepikir gimana nantinya setelah mulai tua yaaa.. kasiaan lambungnya. ada beberapa yg aku tau dia barengi ama olahraga yg berat juga, makanya badannya ga bengkak. tp kok yaa tetep aja aku kasian ama lambung dia kalo sering dicekoki pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kita harus kenali tubuh kita sendiri.
      kalau sakit kita juga yang susah.
      belum sekarang rumah sakit mahal bgt biaya nya :(



      Olahraga hanya mengurangi lemak maupun kalori berlebih namun enggak mengurangi efek/benefit dari makanan kalori kotor yang berlebih yang melebur di dalam darah.
      itu harus hati-hati juga. Makanya ada orang bilang, orang kurus belum tentu sehat ya karena maknannnya :((

      Delete
  3. Keren mbak sudah memulai dietnya. Tapi bener-bener sulit jalaninnya ya. Harus kuat niatnya, terutama masalah diet plastik. Susah banget ngurangin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin stress sebenernya.
      kadang mau berhenti karena capek euy.
      wkwkwkkw

      #Curcol

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!