Kerja keras mengobati bruntusan!

Mengobati+Bruntusan

Halo!
Bukan sama kalian tapi sama Blog Bule.
Halo Blog Bule, fuh..!fuh..! (niupp panjang ke debu di laptop).

Selamat tahun baru, keburu tahun baru cina saking lamanya enggak apdet Blog sama sekali. Mana akhir tahun agak pedih nih cerita kulit wajah Bule.

Bule ingin banget cerita-cerita sama kalian melalui blog ini, tapi sampe rumah malah tidur atau stalking homepage Instagram doank yang sempet. Jadi gini, akhir tahun lalu, wajah Bule mengalami Bruntusan yang hebat. Karena i swear, Bule enggak pernah bruntusan sama sekali! Makanya kaget. Lalu, gonta-ganti skincare selama ini it's fine at all. Gak ada drama-drama sesegukan gegara salah pakai skincare! So What's Up? Kenapa tiba-tiba bruntusan parah?
Nah, baca teros nyok!


Semua Karena Mereka!


Apakah mereka? Sebentar dulu, ada baiknya kita mengerti dulu kondisi bruntusan pada kulit wajah. Begini pengertian yang Bule temukan: Bruntusan adalah kondisi pada kulit (umumnya wajah) dimana terdapat banyak sekali bintil-bintil kecil bewarna merah (dalam kasus Bule tidak terlalu merah). Ukurannya lebih kecil daripada jerawat dan jarak antara satu bintil dan bintil lain sangat berdekatan (Bule eneg nulis kata bintil. ewwwhh~~~).

Bruntusan ditemukan disekitar pipi, hidung, jidat dan dagu Bule. Kesimpulanya sih seluruh wajah. Ha..ha..ha..
Stresss? Katanya sih jangan biar enggak memicu, tapi...? Mana bisa enggak stress. Mana PD kali ketemu orang. Stress lah Bule.

Kurangi pemakaian kosmetik, cyn! Ini lebih enggak bisa lagi. Kita kerja yang notabene bertatapan dengan orang, lho. Sungguh tidak bisa kalau tidak di dempul.

EH! Bentar. Siapa sih "mereka" yang disebut sebagai penyebabnya. Ini sih menurut Bule tapi sangat masuk akal deh. Inilah faktor penyebab bruntusan pada kulit wajah Bule:


Mengobati+Bruntusan
Penyebab kulit Bruntusan
  • Kerja setiap hari melewati area proyek. Debunya maha parah. Tidak ada pohon sama sekali (tepuk tangan).
  • Jarak kantor-kosan terbilang sangat jauh. Kalkulasikan lelahnya setiap hari berangkat dan keringat bercucuran kena wajah.
  • Kurang tidur. Benar-benar kurang tidur.
  • Tiap hari bermakeup. Kerja Bule nyaris 6 hari. Enggak ada hari bebas kosmetik. Bahkan hari Minggu menuju gereja pun harus ber-make up.
  • Tentu stress juga mempengaruhi. Belum disejahterakan dengan piknik dan tamasya melihat hamparan hijau padi.
  • Makanan kurang bersih. Maklumin yang ini!

Semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Tiap cuci muka, duugh..., benci banget ini megang-megang "komplotan" bruntusan ini lah. Semuanya bintil yang belum siap dipencet seperti halnya jerawat nasi. Mana keras banget lagi!

Mengobati+Bruntusan
Kondisi kulit wajah yang mengalami bruntusan
Skincare harian Bule itu terpental semua. Tidak ada yang ampuh. Makanya akhirnya Bule stop dan sampailah pada kesimpulan untuk merubah semua brand skincare. Yang awalanya skincare yang me-maintain kulit agar cerah dan mulus berubah menjadi skincare fight for acne.
 


Proses Panjang!


Perhari ini keadaan kulit wajah Bule bisa dibilang OK lah. Belum mulus-mulus banget tapi yah sangat disyukuri. Apa saja yang Bule kerjakan untuk mengatasi bruntusan? Sabar-sabar yah bacanya.
Bule tidak mungkin berhenti bekerja apalagi minta diberi keringanan untuk dikurangi jam kerja. Kalau bisa sih yah syukur. He..he..he

Dan tidak mungkin juga meminta para KUPROY untuk bekerja 3X lipat supaya cepat kelar pengerjaan proyek jalan tol-nya. Maka yang Bule lakukan pertama adalah cari kosan dekat kantor. Bule efisien dalam hal waktu dan debu jahanam sepanjang 20 KM. Otomatis waktu tidur juga lebih panjang karena sampai rumah lebih cepat donk.

Langkah selanjutnya agar mempercepat adalah ke dokter kulit. Muahahhahaa...
Bule enggak bisa mempergunakan skincare yang biasa Bule pakai lagi karena kondisi kulit wajah sudah keburu "sakit" dan enggak punya waktu sebanyak dahulu saat belum bekerja. Sekalian minta pencerahan kenapa kulit wajah begini. Klinik yang Bule pilih saat itu adalah "Youth & Beauty Clinic" di daerah Kemang sana (udah Bule review).

Mengobati+Bruntusan
Proses pembersihan di Youth & Beauty Clinic
Tidak cukup sekali kesana. Bule disponsori sampai 2x treatment (doa yang terjawab nih). Itu juga tidak langsung sembuh karena hanya peeling saja yang berarti hanya di bantu proses pembersihan maksimal. Nah, Bule minta deh obat sama si dokter dan diberikan 1 krim khusus jerawat. Secerca harapan terbukalah!




Perawatan Harian Di Rumah


Mengobati+Bruntusan
Krim jerawat dari Youth + Beauty Clinic

Hampir 1 bulan sudah Bule menggunakan krim jerawat di atas. Hasilnya bisa dibilang cukup OK karena tidak bekerja seperti ketok magic. Bule hanya perlu mengoleskan pada kulit yang bermasalah secara tebal. Paginya akan kempes dan akhirnya bisa di kopek/kelopek gitu bruntusannya.

Namun, rupanya dia akan tumbuh di tempat lain meskipun tidak banyak. Penasaran, akhirnya Bule mengganti toner CORSX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dengan toner yang dulu banget berjaya jaman Bule jerawat, Toner The Body Shop - Tea Tree. Gambling! Karena enggak tahu kalau akan berhasil dan harganya mahal. Udah naik Rp50.000 sejak terakhir kali beli 3-4 tahun lalu.

Mengobati+Bruntusan
The Body Shop - Tea Tree Toner

Dan rupanya hasil sesuai ekspetasi!
Terlihat lebih significant saat dikombo dengan krim dokter tadi. Bruntusan baru tidak datang sebanyak dulu. Eitz..., Bule belum berhenti disana. Bule tambahkan dengan cinta lama kangen lagi yaitu Aztec Secret - Indian Healing Clay. Masker penyedot minyak dan pelumat jerawat maupun komedo juga bekerja emejing banget sebagai triple combo! Bruntusan semakin mudah dipukul mundur.

Masih belum puas, pada bagian dagu dan hidung yang penuh dengan whitehead maupun blackhead Bule hajar dengan menggunakan scrub. Brand yang dipakai adalah St. Yves - apricot scrub yang kekinian dan heitzzz di kalangan sosyilitee!

Mengobati+Bruntusan
Scrub dari apricot

Wanginya enak dan after taste di kulit membuat kulit lebih lembut saat disentuh dan kulit terlihat lebih cerah. Kemungkinan akan beli lagi dengan varian yang lain karena Bule gatel banget mau ganti. Hahahha!

Terakhir adalah mengganti foundation dengan yang lebih light seperti BB cream saja. Tidak lupa membubuhi terlebih dahulu dengan sunscreen (bacalah kenapa sunscreen perlu kali).

Mengobati+Bruntusan
Sunscreen sebagai pelindung sinar matahari



Sembuh Total Dari Bruntusan?


Hampir sekali! Namun kekurangan Bule sehingga hasilnya tidak maksimal adalah adalah belum mampu mengatur jam tidur dan kadar stress. Apalagi tahun ini Bule diberikan tantangan baru di kantor yang bikin otak marathon. Asupan makanan yang bikin jarang ngunyah sayur maupun buah-buahan juga ikut jadi supporting things.

Itu tadi pengalaman Bule. Puji Tuhan sudah sangat membaik sekali. Bruntusan di pipi sudah sangat sedikit, di jidat juga sudah. Tidak instan ya, ingat harus commit do those routine things. Sampai benar-benar sembuh!

Itu dia curahan hati terumpah-tumpah dari Bule, semoga bermanfaat buat yang lagi galau banget!
Sampai di tulisan Bule lainnya.
Dan mari kita menghilang lagi dalam... pekerjaan! sigh!!!




Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-Kerja keras mengobati bruntusan!- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "

12 comments:

  1. Hahaha,, akuuuu pun tahun lalu break out terus, akhirnya di-vitacid aja dah..

    ReplyDelete
  2. Wah scrub st. Ives 😍 duh jadi penasaran mau nyobain. Moga scrub cepat abis biar bisa cobain itu. Hihi

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada alasan enggak nyoba, better segera karna sering hilang di pasaran.

      Delete
  3. Bruntusan juga masalahku banget, Bule. Pakai makeup pun tetap aja salah.
    Istilahnya mending ada bekas jerawat deh karena masih bisa ditutupin, daripada muka gradakan.

    Aku juga pelan-pelan cari tau apa penyebabnya. Kalau di kasusku itu intinya adalah kurang air putih. Jadi kulitku suka dehidrasi. Pokoknya kalo kurang minum ketauan deh dari kulit yang bandel, bahkan bisa keputihan segala juga (ini kurang tau pasti sih, tapi aku perhatiin gitu).

    Makanya aku selalu rajin minum air putih sama moisturize terus kulitnya. Gak dikasih waktu buat dia kering. Alhamdulillah gapapa. Cuma kalo lupa dijaga lagi, ya balik lagi bruntusan :'(

    Semangat ya Bule :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, paling bener harus identifikasi sumber masalah dlu, gampng cari solusi jadinya. Walopun kadang takes time macam gw ini. Aslik gw lagi di masa masa desperado.
      Tq banget Lia udah sharing pegalaman dimari :)

      Delete
  4. Aku punya problem bruntusan juga setelah lebaran tahun lalu. Pulang mudik satu muka langsung berasa gradakan untuk pertama kalinya. Stres! Gak ngerti harus pakai skincare apa karena skincare regime yg biasa gak mempan, persis seperti kasus Kak Bule deh.

    Sangking nyerah karena makin lama bintilnya berasa makin gede (calon jerawat), akhirnya aku ke dokter kulit. Hampir 3 bulan waktu itu sembuh tapi ya kulit jadi kering karena pengobatan bahkan menyisakan PIE dan PIH karena bbrapa bruntusan berhasil jadi jerawat huhu.

    Kalau di kasus ku waktu itu skincare yg ku pakai ngasih hasil overmoisturized, kurang diimbangi sama exfoliating. Padahal aku rajin loh tapi mungkin masih kurang. Semangat ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gradakan. Ini sumpah bikin baper tiap selfie, ahahaa
      Dokter blg sih ini kecapean dan stress. Hanya krn kerjaan kantor yang jadi "makanan" tiap hari pastinya akan stress dan micu jerawat lagi, ya. (masa harus resign XD)

      Dan kemarin gw berhasil ketemu salah satu obatnya, balik ke cara alami.

      Dan dari pengalamanmu, memang banyak yang gak dpt diprediksi. Tp untung kita masih usaha rawat, gimana yang gak pernah usaha merawat wajah, ya. Entahlah

      Semangat juga!

      Delete
  5. iyanih makanan yang gak bersih bikin kulit jadi rusak juga ya tapi enak gimana dong apalagi telor gulung kan :( Semangat ya kak semoga gak ada kejadian bruntusan lagi di kemudian hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masa jadi gak bisa menikmati makanan enak. Paling sih lebih kepada pengontrolan jumlahnya aja, mahal biaya dan lelah energi perawatnanya :|

      Delete
  6. sama aku juga rawan banget beruntusan tapi biasanya kalo muka lagi super kering langsung deh pada dateng huhu

    semoga selalu sehat ya kak bule kulit wajahnya
    :)

    elyayaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Testimoni kedua kalo efek hidrasi pada kulit kering bisa nimbulkan bruntusan ya. Kulit memang unik. Maksih udah sharing :)

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!