[Chit-Chat] : Kita ngomongin Jenis Kuas Wajah yuk!


[Chit-Chat] : Kita ngomongin Jenis Kuas Wajah yuk!
Kuas wajah?

Hai kali ini gw kali ini mau ngajakin buat Gibahin Kuas, lebih dapet Ilmu nya dan bikin Hepi, yaa kaannn, ya donggg, pastinya kann, Ok Stop!

Kuas buat makeup itu jenisnya terbilang banyak, malah nambah lagi bentuk dari waktu ke waktu, kalo Pemula yang mau Banget belajar tentang Makeup, lebih disarankan beli Kuas Makeup 1 Set yang sudah lengkap, terdiri dari Kuas untuk Wajah dan Kuas untuk Mata. Biar gak pusing nantinya, tapi kalo belum ada duitnya yah nabung, kumpul-kumpul. Brand Kuas gw juga gado-gado hasil nabung beli dulu, istilahnya nyicil.

Nah kalo diriku mengupas semua Kuas Makeup, bisa bisa ini tulisan jadi Buku Autobiograpi Kuas dan jari jari jadi keriting macam mi, maka dari itu tulisan kali ini hanya gw batasi mengenai Jenis Kuas Untuk Wajah / Essential Face Brush. Biarlah ini jadi curcolan yang bersifat Sharing apa yang gw ketahui selama ini, So gak menutup kejadian yang baca bakalan komen lebih Pinter dari gw, sok atuh kalo situ lebih tahu, ahaayyy~~~

Kuas Wajah apaan aja sech?

Nah, jumlah kuas wajah itu masih kalah sedikit dengan Kuas mata yang "Alaiyum Gambreng!", kuas wajah bisa dihitung pakai jari, yakni:
  1. Kuas Foundation/ Alas bedak [ Ini tergantung dengan Jenis Foundation nya juga],   
  2. Kuas Powder/ Bedak, 
  3. Kuas Blush On/ Perona Pipi, nah makin kesini nambah lagi nih yang mungkin gak begitu familiar kalo kalian baru saja baru mau memulai Mengenal Makeup, yakni 
  4. Kuas Concealer
  5. Kuas Countour [Countour ini berguna untuk membuat Wajah lebih 3D di Photo, Contour terdiri dari Shading dan Highlight], dan terakhir yang Optional,
  6. Kuas Bronzer
  7. ada yang mau nambahin??

Walaupun banyak jenisnya, kuas wajah itu MultiFungsi, soalnya tergantung area wajah yang mana dan tekstur produk nya, jadi gak menutupi kegunaan kuas saling menutupi, Contoh: Kuas buat Bedak bisa buat Blush On, atau Kuas Blush On bisa buat Bronzer, karena bentuknya sebenarnya hampir hampir mirip. Sebelum lanjut mari kita bahas terlebih dahulu Bahan Pembuatan Kuas itu ada 2, apa saja? (dikutip dari: http://b-cq.blogspot.co.id/)

Syntethic Bristle (Biasanya disebut sintetik, dan ini buatan manusia). Ciri- Cirinya:
  • Biasanya terbuat dari nylon (pada umumnya) dan taklon.
  • Penampakan mengkilat
  • Warna kuasnya bisa beraneka ragam
  • Perawatannya mudah karena tidak menyerap air oleh sebab itu cocok untuk Make up cair seperti Foundation atau cream seperti concealer
  • Relatif lebih lembut  Tapi semakin lembut semakin mahal.

Natural Bristle (Terbuat dari bulu binatang. Bisa terbuat dari tupai, marmut, kuda, kambing dan babi. Untuk bulu babi, biasanya untuk sikat alis atau mascara brush.) Ciri dari natural bristle, yaitu:
  • Penampakannya tidak mengkilap, lebih redup.
  • Warnanya biasanya natural cokelat, abu, putih atau hitam
  • Mudah menyerap pigmen, sehingga perwatannya sulit. namun ini yang membuat Make Up Artist menyenanginya sebab warna eyeshadow dapat keluar dengan maksimal.
  • Lebih murah

Sebenarnya, ada keuntungan lain menggunakan brush berbahan sintetik, yaitu hypoallergenic. Karena untuk mereka yang kulitnya sensitif, menggunakan brush dari bulu binatang bisa mencetuskan alergi. Nah, sekarang gw kupas kuas buat wajah yee . . .


1. Kuas Bedak/ Powder Brush

Kuas+Bedak,Powder+brush
Jenis-Jenis Kuas Bedak

Kuas Bedak adalah yang Kuas dengan Ukuran Paling BESAR plus LEBAR dibandingkan kuas yang lain, kegunaan menggunakan Kuas Bedak Ketibang Sponge adalah Bedak yang di baurkan ke wajah akan lebih Halus dan merata, ukuran nya yang besar mempersingkat waktu pengaplikasian ke seluruh wajah. Bentuknya biasanya tebal, terlihat penuh dan makin melebar ke arah atas, seperti bunga. Kuas Kabuki adalah yang paling besar ukuran nya, Kabuki Brush ini di adaptasi dari kuas yang biasa dipakai oleh orang Jepang pada Festival Kabuki.

Kuas Bedak kepunyaan gw:

Kuas+Bedak+Masami+Shouko
Kuas Bedak Masami Shouko

Nah, ini contoh yang gw punya, kuas dari Masami Shuko, sebenarnya ini bisa buat Blush On juga tapi sayang karena masih lebar (dari tampak samping maupun dari atas), maka untuk penggunaan Blush On akan terlalu banyak "mengambil" warna dan pembauran terlalu lebar nanti diwajah.


2. Kuas Alas Bedak/Foundation Brush

Jenis+Jenis+Kuas+Foundation
Jenis-Jenis Kuas Foundation

Foundation atau alas bedak itu biasanya  berbentuk Cream, Mousse dan Liquid, walaupun ada Foundation bentuk Powder [sebenarnya menurut Opini pribadi, foundation berbentuk powder sama saja seperti memakai bedak wajah bukan memakai foundation]. Kuas Foundation itu bulunya pasti lebih padat dimana jarak antara bulu rapat sekali, dan ukuran nya lebih kecil 2-3 kali ukuran Powder Brush seperti Flat Angle Top Brush, Flat Top [perhatikan ilustrasi di atas].

Namun ada juga yang paling sering dipakai yakni yang berbentuk Pipih dan Ramping yakni "Flat Foundation Brush", jenis ini memiliki kekuatan Coverage yang baik. Sedangkan untuk jenis kuas Stipple Brush itu jarak antara bulunya lebih jarang-jarang, dan yang paling baru dan sedang nge-Tren yakni Toothpaste Brush, bentuknya seperti sikat gigi atau seperti semir namun dengan bulu yang sama dengan kuas Foundation lainnya, jenis ini di populerkan[mungkin] oleh Kylie Jenner dalam video bersama kawan nya.

Biasanya jenis kuas yang cocok dengan makeup cair itu adalah yang Syntethic Bristle, karena jenis ini tidak menyerap banyak yang berbahan cair, sehingga menghemat penggunaan Foundation kalian. 

Kuas Foundation kepunyaan gw:

Kuas+Foundation+Cerro+Queen
Kuas Foundation Cerro Queen

Yang gw punya dari Cerro Qreen, beberapa dari kalian pastinya tahu kan, karena Cerro Qreen ini terkenal diantara MUA. Dulu gw beli pas lagi awal belajar makeup, si Cerro Qreen ini kuas nya enak dan bulu nya tidak menyakiti wajah, namun jarang gw pakai karena menurut gw kurang cepat ajah dalam pembauran Foundation nya namun penggunaan kuas foundation jenis ini lebih bagus dalam hal Coverage/penutupan area wajah, sehingga hasil yang diciptakan lebih Flawless


Kuas Foundation - Stipple dari ELF
Kuas Foundation - Stipple dari ELF

Nah, ini beli pas lagi booming nya jenis Stipple, dan gw lebih suka pakai ini karena lebih cepat pembauran nya di wajah. Hasil akhir menggunakan brush ini seperti AirBrush, atau lebih tepat nya seperti dooting pada wajah, sehingga hasilnnya lebih smooth. Ketemu Stipple Brush yang murah dari merk ELF, tapi ada juga yang tidak menyukai menggunakan jenis kuas ini karena menghasilkan garis/strikes pada wajah. Gw sih engga, yang penting blending nya saja yang lebih kuat lagi.


3. Concealer Brush/Kuas Concealer

Kuas+Concealer
Jenis-Jenis Kuas Concealer

Concealer itu hampir sama seperti foundation cuman biasanya lebih pekat diman bertujuan untuk menutupi "kekurangan" diwajah seperti flek atau bekas jerawat dan kantung mata, intinya apapun yang tidak mampu diselesaikan oleh Foundation, makanya teksturnya juga mirip mirip, itulah juga kenapa kuasnya juga mirip-mirip Foundation hanya lebih kecil ajah selebar kuku jari tangan. Lebih bagus memang yang bentuk nya pipih, karena hasilnya lebih rapih dan flawless, noda lebih mantab tertutupi, sedangkan yang pointed brush seperti "Small Rounded Top Brush" lebih bagus untuk bagian yang sulit di jangkau seperti kemerahan di daerah hidung. Beberapa orang lebih menyukai melakukan "totol" dengan jari tangan mereka lalu dengan cepat di blend, gw sih jarang pakai concealer. Lebih kepada malas :))

Kuas Concelaer kepunyaan gw:


Kuas+Concealer+dari+Ecotools
Kuas Concealer dari Ecotools

Untuk Concelaer gw punya dari brand Ecotools, ukuran nya kecil dan tangkai nya pendek. Oh iya, jenis brush ini juga bisa buat pengaplikasikan eyeshadow berjenis Cream lho.

Kuas+kecil+multifungsi+dari+Jessup
Kuas kecil multifungsi dari Jessup

Satu lagi nih, bentuk kuas concealer lain yang bentuknya lebih "mbulat", biar lebih gampang dotting acne scar ataupun flek nya, jenis kuas ini multi fungsi banget, tergantung kebutuhan kalian. Datang dari brand Jessup Brush, brush ini tergolong murah untuk tiap set nya namun kualitasnya gak murahan, bagus malah.


4. Kuas Blush On/Blush Brush

Jenis+Kuas+Blush
Jenis-Jenis Kuas Blush

Gw ambil yang umum ajah contoh kuas untuk aplikasi blush yang seperti yang diatas. Bentuk  Angled Blush Brush jadi inceran gw, kenapa? karena bentuknya yang mengikuti kontur pipi, bakalan mempermudah kita mengaplikasikan Blush, mulai dari pipi dan agak memanjang kebelakang, sedangakan yang default dipakai yang Blush Brush ini bentuknya "mbulat" gitu biasanya biar lebih berkonsentrasi pada "apple cheek" dengan gerakan memutar lalu agak disapu kebelakang.

Kuas Blush kepunyaan gw:

Kuas+Blush+dari+ELF
Kuas Blush dari ELF

Lagi-lagi gw beli yang ELF, abisan lagi sale akhir tahun cuman bayar 65.000 aja saat itu. Bentuknya ini lebih pipih namun melebar, tapi gak lebar amat kok, ukuran nya pas untuk memulaskan warna Blush On di pipi.


5. Kuas Higlighter/Highlighter Blush

Jenis+Kuas+Highighter
Jenis-Jenis Kuas Highighter

Highlight pada wajah biasanya pada area batang hidung, tulang pipi, dahi, dan dagu, fungsinya agar area tsb terlihat lebih tinggi/ lebih naik dari kenyataanya di photo. Maka kuasnya lebih baik yang ujung nya Pointed gitu biar lebih mudah melakukan Tap-Tap di bagian yang akan di highlight. Fan Brush ternyata juga bisa dipakai buat Highlight karena akan menciptakan bauran yang rapih namun tipis.
Kuas Highlighter kepunyaan gw:

Kuas+highlighter+dari+ELF
Kuas highlighter dari ELF

Gw punya yang Small Tappered Brush, ini emang gak sama seperti contoh yang gw berikan, namun karena kuas ini lebih kecil lagi dari Blush Brush ELF yang gw sebutkan diatas dan gw juga trial and error pakai kuas ini, ternyata bisa juga digunakan untuk mengaplikasin highlighter, dan juga bisa buat mengaplikasikan bedak dibawah mata dan sudut mata karena bentuknya juga yang lebih "mbulat" bersudut.


6. Kuas Shading/Shading Brush

Jenis+Jenis+Kuas+Shading
Jenis-Jenis Kuas Shading

Kebalikan dari kuas Highlighter, ini kuas berguna untuk menyapukan warna yang lebih gelap 2-3 tingkat dari warna asli kulit, yang berguna menyamarkan bentuk yang tidak begitu ingin terlihat. Bentuknya sih kebanyakan yang pipih atau ramping.

Kuas Shading dari Masami Shouko
Kuas Shading dari Masami Shouko

Kuas Shading kepunyaan gw:

Dibilang kuas shading juga bukan sih, tapi bisa gw akali buat shading hidung gw kadang-kadang. Gw gak banyak berkomentar untuk kuas gw ini, karena jarang gw pakai.


6. Kuas Bronzer/Bronzer Brush

Jenis-Jenis Kuas Bronzer
Jenis-Jenis Kuas Bronzer

Orang bule suka banget berjemur untuk mendapatkan kulit bronze/cokelat keemasan. Akhirnya mereka juga menciptakan kosmetik untuk menciptakan warna bronze buatan diwajah mereka, agar terasa benar-benar seperti "tercium matahari". Kuasnya sih macam macam, karena bronzer lebih kepada bubuk/powder, jadi menggunakan kuas bedak juga bisa, atau kuas Rounded Bronzer Brush diatas juga cucok karena bentuknya yang rapat maka lebih cepat mendapatkan warna dari si bronzer.

bronzer brush
Kuas Bronzer dari Masami Shouko

Kuas Bronzer kepunyaan gw:

Ini punya gw, gw sih jarang pakai brozer, karena gw gak suka warna kecium matahari tadi, lebih suka glowing jadi lebih doyan pakai highlighter ajah buat makeup. Oia kuas 1 ini dari Masami Shouko lagi lho.


Saya bingung, bisakah saya lari ke hutan saja??

Jangan sist, jangan ke hutan rimba, tapi ke hutan maya ajah alis Internet. Makanya dari awal gw bilang, beli ajah yang 1 set khusus untuk wajah [atau mau yang ada kuas matanya juga], menghindari dari cedera otak ringan karena kebingunan saking antusias nya mau belajar makeup. Jadi sejak style Countouring Booming, banyak sekali dijual paketan kuas untuk wajah, salah satunya seperti ini:

Sculpt and Blend Set Brush
1 set kuas wajah


WE DONE !

Hal baru apa yang kalian tahu sekarang? banyak??
atau ada hal yang ingin kalian tanyakan atau kalian koreksi, boleh saja. Drop you nice comment sist or "gan".

you give to me...


Good News!

Kalau kalian sudah termotivasi dan mau mulai membeli Kuas incaran kalian, main deh ke www.sociolla.com, itu Online Shop yang menjual berbagai brand kecantikan mulai dari Makeup dan Skincare juga, terus biar BELANJA nya HEMAT kalian pakai aja Code Voucher RIFKA50 nanti di potong 50.000 setiap pembelanjaan 200.000 Lho!. Lumayan, kuas dapet, Diskon juga dapet.


Sekian obrolan kali ini, sekali lagi gw bilang, semoga bermanfaat dan Gong Xi :))




Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Chit-Chat] : Kita ngomongin Jenis Kuas Wajah yuk!- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


16 comments:

  1. Aaaah banyaknyaa... paling aku mah buat blush on aja hehe. Nice post ^^ jafi tau perbedaan brush hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi walo banyak, bisa saling menggantikan kok fungsinya.
      Hohooo~~~

      Delete
  2. Baru tau kalau kuas itu banyak macamnya. Gak pernah makai juga sih, kecuali dirias oleh perias hehe.

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalo perias emang kudu punya.
      sippp, moga bermanfaat :))

      Delete
  3. Mak, gw baru tau ada yg dari bulu tupai, marmut gitu. Itu harganya gila kali ya, secara ngerjainnya susah banget. Btw ini tulisan bermanfaat banget nih, banyak yg bingung hrs beli kuas yg mana sangkin banyaknya pilihan. Thanks for sharing yaaaa.

    ReplyDelete
  4. sama van, ternyta bulu hewan nya banyak yahk . .
    Entah lah, kita pan tahunya mulus yang mahal ama branded :))
    siappp vaannn

    ReplyDelete
  5. Pokoknya gue vote untuk synthetic bristle!

    Bukannya kenapa-kenapa, selain kuatir bulunya dari binatang yang diharamkan oleh agama yang eike anut, rempong juga ngerawatnya. Pernah baca di salah satu postingan blogger luar kalo dia nyuci brush-nya pake shampoo untuk doggy. Eeer, kebayang dong eike bakalan di-bully orang rumah kalo mendadak beli shampoo doggy (secara gak punya peliharaan apa-apa). wkwkwkw...

    Lagian, brush synthetic bristle jauh lebih murah. *dasar emak pelit*

    Talkativetya - Beauty and Beyond

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, iyah yah, kalo ada tetangga yang main liat ada sampo doggy ama sampo kuda (yakkali punya mane tail)

      Gw jarang liat mana asli apa sintetik mak, yang murce dan di hype orang ajah yang gw beli. ahahahahaha

      Delete
  6. Kalo ngomongin brush kayaknya banyak banget. Post ini komplit bgt karena aku baru punya foundation brush, powder blush, sama blush brush.
    Thanks for sharing ya kak^^

    Http://kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyh, makanya gak dulu buat kuas mata, bisa bisa jadi mata kuliah tambahan, hahahah
      Makasih, semoga bermanfaat, dn jangan lupa nambahin lagi koleksi nya, hhahahaa :D

      Delete
  7. Aku sukanya yang sintetis, entah kenapa ngeri aja gitu beli yang bulu hewan XDDD

    Dulu waktu pertama belajar make up, demen banget kumpulin semua macam brush, masi inget jaman RT lagi booming aku ngeborong semua brushnya gak bersisa XDDD ah sesuatu sekali~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw mak, mana yang di rekomendasikan dan lembut tp kalo baca dr hewan dkk yang menyedihkan, ikut sedih sih :(

      ho oh, lw beli banyak dn jual saat gw masih kere, akhh sial~~
      aduhhh kangen kali gw ama lw mak, kemaneee ajeeehhh???

      Delete
    2. Eike juga kangen, eike lagi liburan kemarenan ntu, ngerayain palentain sama ultah anak yang bebarengan XD

      Eh btw ya buk, kalau menurut dirimu yang udah jago di dunia perlenongan, enakan pakai brush atau pakai sponge? Secara liat di youtube yak, kebanyakan kok setelah pakai brush terus pakai sponge lagi, buang2 duit deh **diriku tergoda juga untuk beli sponge akhirnya uhuhuhu**

      Delete
    3. ahahahaa, long wiken kabur kemana buuukkk??? . .

      gw masih belom jago mak, wong belum nyoba perbedaan sponge macam biuti blender. Cuman kalo doyan yang smooth kayak buat rapihin dempulan fondi ama concealer better pakai ityuuu [menutut hasil analisa ngana liat youtubers], gw juga mo beli, entah kapan duit nya turun XD XD

      Delete
    4. Hokkaido hihihi~

      Eike sih udah beli biuti blender, tapi mau pakai kok sayang ya bok XD secara kecil mungil gitu mahal banget, takut rusak, nanti nangis sambil garuk2 pohon XDDD;; Akhirnya sampai sekarang cuma nemplok di lemari XDD;;

      Delete
    5. Wuuttt? HOKAIDO?
      Aseekkkk aneettt,akohhh kapan yahh. Wkwkwk
      Aduh jgn di pajang ajah donk makk, sini kasih gw, gw sihh tega tega ajah, wkwkjwjw

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!