[MOTD] Makeup untuk WISUDA (baca: wess..udah)

Terima kasih untuk jasa kalian selama saya menyusun skripshit . . .

Akh gokil banget!
Jadi keingetan dulu banget. Malah beberapa kali neguk kopi dalam sehari biar bisa melek mantengin notebook guna nyelesaiin aplikasi- tugas akhir Bule dulu. Tau dah kemana itu hasil karya Bule sekarang. Hahaha....

Oia.., sekilas inpo. Minggu dini hari sampai dengan tulisan ini Bule buat, cuaca masih didukung mendung kelabu. Beruntung enggak banjir di depan jalan. Tapi yang bikin nelangsa adalah rembesan di kosan. Hanya daripada terpaku hal-hal sedih. Bule putar otak sambil akhirnya "keingetan" belum ada tulisan di bulan Februari ini! Which is ini lebih gokil #sesegukan

Jadi bulan February ini bulan penting karena bulan ini ada yang lulus kuliah. Puji Tuhan!
Hampir 2 minggu lalu, Bule bantuin adek Bule dalam hal make up-in dia. Inget wisuda dulu, 2 kali wisuda di bangku kuliah, Bule juga enggak sewa MUA. Semua pakai tools sendiri. Sederhana banget tapi yang penting jadi sarjana dah.

Wisuda itu seperti apa sih, le?


Must be Lots of photos!!!!
Foto sana sini, kalian akan jadi banci foto sehari. Entah kalian live nanti di IG/FB atau curi-curi selfie saat rektor sedang pidato. Foto bareng temen dan terakhir sama keluarga yang datang. Pas pulang adalah waktunya memilih nih, mana yang bakalan gw "pamerin" di media sosial. Maka kuncinya ada di kulit wajah. Kulit wajah haruslah flawless. Hasil akhir tergantung selera. Mau Glowing atau Matte finish. "Ngomong sih gampang, prakteknya?"


Ok, sama kek pertandingan, make up juga perlu latihan!

Karena adik Bule memiliki warna kulit dan bentuk wajah yang berbeda, ini bikin Bule kesulitan mengaplikasikan make up yang Bule punya untuk masuk ke adik Bule. Ok, Bule akan coba rangkum, untuk kamu yang berencana menekan budget atau ingin make up sendiri saat WISUDA nanti, mungkin tips ini cucok buat kamu.

1. Kenali kondisi kulit
Apakah kamu berjerawat, sensitif, alergi? Nah hati-hati yah, bisa jadi kamu enggak bisa di make up atau harus pakai alat make up yang super bersih. Ada juga katanya yang harus berbahan organik. Untunglah adik Bule gak sebegini ribetnya. Kalau berjerawat, usahakan untuk menuntaskan jerawatnya dahulu. Mulai dari makanan atau pengobatan dengan skincare.

2. Jenis kulit dan Warna Kulit
Mudah minyakan, kering abis, atau kulit kombinasi macam martabak cokelat keju?
Ini berguna untuk pemilihan alas bedak alias foundation supaya kamu juga nyaman selama prosesi. Untuk warna carilah warna kulit kamu. 1 tingkat lebih terang akan lebih baik. Kalau sama kek warna kulit kamu sama ajah boong. Enggak berasa aura festive-nya!

3. Untuk NON-Hijab hati hati dengan kontur
Anak 12 tahun ajah udah tahu kontur apa sejak ada IG#LOL
Namun melihat beauty guru tidak semudah puk..puk..puk..diwajah. Salah-salah nanti belang dan kotor. Skip adalah cara terbaik. Tenang ajah, tanpa kontur, wajah kalian juga terlihat cantik, kok.

4. Make Up mata on point
Kalau belum fasih bermain eyeshadow, coba main warna aman dan matte saja. Namun Bule sarankan warna shimmer karena lebih cocok, menambah suasana meriah dan happy saat WISUDA.

5. Lipstik
Pasti kalian punya stock lipstik matte, kan? Cari yang formulanya tidak mengering, karena kemungkinan besar selama acara WISUDA kalian akan kekurangan banyak cairan tubuh. Bibir kering adalah tanda awalnya, jadi gunakan lipbalm sebelum ditiban lipstik. Cuman, paling mujarab adalah cari lipstik matte yang formulanya PAS dibibir kamu!

6. Bulu mata itu harus!
Belilah bulu mata untuk menunjang penampilan eyemakeup kamu. Garing rasanya kalau terlewatkan!
Tapi ada baiknya dicoba dulu sebelum dipakai di hari H. Tulang pada bulu mata palsu kadang ada yang enggak bikin nyaman, macam ketusuk gitu. Daripada gengges terus kamu copot ditengah acara, mending tanya temen deh mana yang rekomended!

7. Jangan lupa persiapakan tisu dan blotting paper
Bisa-bisa kalian berkeringat atau kelenjar minyak berlebihan, ada baiknya berjaga-jaga supaya cairan tsb tidak merusak makeup dan hasil photo kalian!



Tutorial Make Up WISUDA

Berikut adalah trial makeup wisuda Bule untuk adik Bule. Disini Bule agak improvisasi dengan enggak mengaplikasikan eyeshadow yang bershimmer, sebagai gantinya Bule berikan eyeliner bewarna. Mungkin next akan Bule buat yang lebih festive lagi.



Hasil akhirnya:

Hasil+akhir+Make+Up+WISUDA
Hasil akhir Make Up WISUDA

"Gimana menurut ngana sekalian?"

Ini pure pengalaman Bule yang dibagikan kepada kalian. Gak mau ambil pusing?
Minta aja jasa MUA. Tapi sedikit saran, sebelum memutuskan mengambil jasa si MUA, pastikan make up atau portofolio MUA berkenan dihati alias pas sesuai selera.

Soalnya WISUDA ini momen penting! Bule pernah lihat ada wisudawati yang baru tengah hari, foundation-nya udah retak. Enggak paham kenapa bisa begitu, semoga enggak kejadian sama kalian yah. Akhir kata, sekian dari Bule. Doakan Bule bisa normal kembali menulis dan berbagi ilmu per-make up-an dengan kalian. Dedek yang udah lulus, cemangat cari kerjanya yah!!!

Salam 4 jari!
fyi: jempolnya lagi buat ngupil.


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[MOTD] Makeup untuk WISUDA (baca: wess..udah)- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "


12 comments:

  1. hihihi. mirip banget adekmu sama kamu *salah fokus. cantik banget makeupnya. dulu aku wisuda juga makeup sendiri

    www.nellanelwan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nano nano. Ada yg blg mirip ada yg blg enggak. Hahaha.

      Lebih hemat yahhh

      Delete
  2. Tahun 2010 wisuda pas bulan puasa. Kelar sahur langsung ke salon, untuk makeup mbak salonnya ngga medok. Ngga asik banget wisudaan pas lagi puasa, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak enaknya kenapa? Agak lemes yah? Hehhehe

      Delete
  3. Kak Bule, lengkap banget deh! Udah baca tuntas tinggal tunggu kapan wisuda biar bisa praktekin dandanannya wakakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak berlatih yah biar makin mahir. Hihihii

      Delete
  4. hihi jadi inget dulu pas wisuda yg makeupin jg adek sndri XD biar bisa rikues dan dibawelin ini itu XD klo pake mua g enak klo mau bawel >3<
    ak suka liner birunya yg cetar, bikin wajah terutama mata keliatan seger ^^.

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebolak donk ama gw yah. Hihihii.
      Betul persaudaraan mengalahkan segalanya #apasihGw

      Delete
  5. Waktu aq wisuda dulu aq belum bisa make up, jadi make up seadanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahha, jangan sedih. Gw pas D3 malah ala....malu-maluin ajah XD

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!