(PART 1) BAKTERI BAIK ALIAS PROBIOTIK ITU SEBENARNYA APA?

apa itu Probiotik?

Mari
menutup tahun ini dengan kebaikan. Makanya namanya Bakteri baik.
Kenapa nih, tetiba angkat topik mengenai Bakteri baik alias Probiotik..??

Ok, kita mundur dulu beberapa dekade..eitsss.., beberapa bulan sebelumnya deh ya. Tepatnya dibulan Mei/Juni tempat kerja Bulei dikenalkan sebuah brand kesehatan. Dimana kandungan yang ada didalamnya adalah Probiotik. Buat orang awam seperti Bule, Probiotik ta pikir "sejenis" suplemen kesehatan seperti suplemen kesehatan lainnya yang banyak di pasar, apalagi sejak pandemi semakin banyak iklan suplemen berseliweran. Namun, begitu melihat produknya dan dijelaskan lebih detail Bulei seperti "dibukakan" sesuatu yang baru. Sesuatu yang akan me-lead Bulei kepada hal-hal anyar. Nah, lho....

Setelah berbulan-bulan menggali mengenai Probiotik (bukan brandnya saja, ya) tapi kandungannya si Probiotik. Hal ini mendorong Bulei untuk banyak menonton tayangan youtube yang kebanyakan berasal dari kanal luar negeri. Dimana pakar kesehatan luar negeri tersebut mulai dari universitas, seminar kedokteran/kesehatan dan lainnya yang menyebutkan bahwa Probiotik adalah "The Future Medicine" karena begitu banyak manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi Probiotik. Penasaran?

Kedepan, Bulei akan sering menulis mengenai Probiotik, soalnya belum banyak tulisan yang merangkum dan menerangkan secara detail. Kita sama-sama belajar dan berbagi ya. Karena Bulei tidak mau apa yang Bulei pelajari selama berbulan-bulan lamanya ini hanya mengendap "dihati" dan otak. Padahal ini bisa saja menjadi jawaban untuk mereka yang "sedang mencari" jawaban terutama perihal kesehatan.


APA SEBENARNYA PROBIOTIK ITU?


Kalau dulu Bulei membaca pengertian sekedarnya, mereka mengatakan pengertian mudah dari Probiotik adalah bakteri baik. Padahal, ada pengertian yang jauh lebih dalam lagi yang kita harus ketahui. Berikut beberapa istilah yang perlu kalian ketahui supaya nanti mudah terhubung mengenai Probiotik seperti:

  • Mikroorganisme/Mikroba
Mikroba adalah makhluk hidup seperti halnya manusia namun Mikroba berukuran sangat kecil (mikro). Jika manusia memiliki 30-40 trilliun sel, nah, mikroba kebanyakan memiliki satu sel (sel tunggal) walaupun ada juga yang lebih dari satu sel, ya. Jenis-jenis Mikroba adalah: Bakteri, Virus, Protozoa, Jamur, Ragi dsb.

  • Mikrobiota
Mikrobiota itu sebutan untuk komunitas mikroba. Contoh: Mikrobiota Usus artinya kumpulan mikroba yang ada di usus, Mikrobiota Kulit artinya komunitas mikroba di kulit. Dalam komunitas mikrobiota digolongkan 2 menjadi 2 sifat: Menguntungkan dan Merugikan. Mudah diingat, ya

  • Probiotik
Probiotik adalah jenis mikroba yang bersifat menguntungkan bagi inang/host dimana ia tinggal. Dimana, jika komunitas mikroba (mikrobiota) Probiotik ini hidup, maka banyak efek/manfaat kesehatan yang didapatkan. Karena sifat menguntungkan banyak ditemukan pada jenis bakteri, maka dari itu sering disingkat menjadi "Bakteri Baik"-- Probiotik adalah Bakteri Baik."

  • Patogen
Dan ini adalah kebalikan dari Probiotik itu sendiri, sifatnya adalah merugikan karena meracuni dan membuat sakit inang/host yang ia tempati. Patogen sendiri mulai sering terdengar saat pandemi Covid-19 karena yang bersifat merusak memang lebih banyak datang dari virus, diikuti bakteri jahat, jamur dst.

Ok, sampai disini sudah mulai mengerti apa itu Probiotik ya dan kawan-kawannya, ya.


APAKAH MANFAAT PROBIOTIK UNTUK KESEHATAN?


Manfaat mengkonsumsi Probiotik bagi usus
Manfaat Probiotik bagi kesehatan

Banyak bingit! Namun mari Bulei ajak dulu kalian mengerti bagaimana caranya agar kita secara maksimal dapat "mengeruk" keuntungan dari Probiotik ini. Pertama, perlu diketahui bahwa sistem pencernaan kita atau lebih spesifik "Usus" ternyata menjadi tonggak hidup manusia. Kenapa? Usus dapat diumpamakan seperti kantong logistik, maka dari kantong logistik inilah semua organ-organ tubuh dapat hidup dan berfungsi dengan normal. 

Dulu kita pikir jantung atau otak yang menjadi primadona, namun nampaknya keliru. Jantung sebagai pemompa darah yang membawa nutrisi ternyata menunggu usus memecah makanan menjadi nutrisi dulu baru bisa diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Dan otak, otak mana bisa dipakai berfikir kalau perut kosong, kan? Jadi, kekeliruan ini yang harus diluruskan. Pusat kehidupan manusia ada di Usus. 

Enggak percaya? Nih denger apa kata Hipokrates yang diakui sebagai "Bapak Kedokteran"

Pernyataan Hipokrates All Disease Begins in the Gut
All Disease Begins in the Gut by Hipokrates

"All disease begins in the Gut" berarti semua penyakit dimulai dari usus. Kenapa jadi usus yang disalahkan? Balik ke pernyataan Bulei yang awal, itu semua karena ususlah organ dengan tanggung-jawab terbesar untuk mengedarkan "bahan logistik" berupa nutrisi/hormon dll ke seluruh tubuh. Jika usus bermasalah, maka bermasalah-lah seluruh tubuhmu. Bisa dibilang usus adalah pusat kendali tubuh.

Perkataan Hipokrates akhirnya dapat dibuktikan dengan kemajuan teknologi di kedokteran.
Sebentar..., apa hubungannya antara Usus dan Probiotik? Nah, ini dia benang merahnya. Faktanya, di dalam tubuh kamu..iya kamu... ada sekitar milyaran hingga triliyunan mikroba yang hidup

Berasa enggak? Ada yang uget-uget di perut?

Nah, saking banyaknya mikroba ini sampai-sampai jumlahnya mengalahkan jumlah sel manusia itu sendiri. Perbandingannya adalah 1 sel manusia : 10 mikroba. Sampai-sampai ada joke/lelucon yang berkata " Manusia itu lebih mikroba daripada manusia - We're more microbes than human"

Milyaran mikroba ini hidup tersebar di tubuh kamu seperti: di kulit kamu, di ginjal kamu, di mulut kamu, di hati kamu, di area kewanitaan kamu dan juga tentunya di usus. Nah, bagian menariknya, usus merupakan tempat penampungan mikroba terbesar. Persentasenya sampai 90% mikroba ada di usus, atau bisa kita sebut dengan Mikrobiota Usus! 


Mikrobiota Usus
Mikroba yang terdapat di dalam usus

Btw, mikrobiota usus ini kalau ditimbang beratnya sampai 2kg, lho!

"Iihh.... serem..."
"Apakah tidak berbahaya kalau mikrobiota sebanyak ini 'tertimbun di usus'?" 
"Apakah kita harus minum cairan pemutih, disinfekctant atau sabun supaya mikroba/kuman ini mati?!"

"Jangan guis..... jangan dimatiin....!!"

Ok, kenapa Mikrobiota usus ini menjadi penting?! Karena antara manusia dan mikrobiota usus ini memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Makanan yang dimakan manusia, masuk ke usus akan dikonsumsi oleh Mikrobiota Usus, Mikrobiota Usus mengubah makanan tersebut menjadi nutrisi berharga dan keuntungan lainnya.

Nah, kita coba mundur sedikit, ya. Pada mikrobiota usus juga terdapat 2 kategori sifat mikroba yaitu: Probiotik (Menguntungkan) dan Patogenic (Merugikan). Agar dapat bekerja secara sempurna dan paripurna dibutuhkan dominasi Probiotik ketibang Patogenic. Persentasenya adalah 80% dan 20%. Inilah yang disebut dengan "Keseimbangan Mikrobiota"

Jadi konsep kesimbangan mikrobiota bukan 50:50, ya tapi persentase Probiotik harus jauh lebih dominan!
Dengan persentase Probiotik yang tinggi, makan Patogen tidak dapat berbuat apa-apa. Seperti pencuri yang dikelilingi oleh polisi, akhirnya terpenjara dan mati kutu.

Apa yang dimaksud keseimbangan Mikroba
Pengertian keseimbangan Mikroba


"Lho kenapa gak Probiotiknya 100%? "
"Boleh saja sih kalau bisa, karena itu nampaknya hanya terjadi dalam mimpi dan angan-angan, hahaha..."

Karena untuk mencapai 80% Probiotik di dalam usus saja membutuhkan banyak sekali "pengorbanan". Gak percaya? Nanti Bulei bahas lebih lanjut, ya. 

Nah, kalau pada tubuh manusia sudah terdapat kesimbangan mikrobiota maka, Probiotik lebih leluase bekerja secara sukarela untuk mendatangkan manfaat. Sepertinya untuk menuliskan manfaat Probiotik itu tidak akan muat pada satu tulisan saja. Namun, secara garis besar manfaat dari yang didapatkan dari Probiotik adalah:
  1. Probiotik akan memelihara sistem pencernaan (mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus sampai rektum)
  2. Probiotik akan memperkaya nutrisi makanan
  3. Probiotik akan melakukan proses Detoksifikasi
  4. Probiotik akan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 
  5. Probiotik berfungsi sebagai Anti-Depresan
  6. Probiotik dapat membunuh Patogen penyebab penyakit
  7. Dan masih banyak lagi.....
Hebat, ya Probiotik ini manfaatnya!
Tapi kalau dipikir-pikir darimana sih awal mulanya Probiotik bisa tiba-tiba berada di tubuh manusia? 

Good Question, folks!


DARIMANA ASAL PROBIOTIK DALAM TUBUH MANUSIA?


Probiotik sudah ada saat bayi di dalam kandungan ibu
Probiotik sudah ada sejak kita masih di dalam kandungan

Yup... pernyataan di atas benar adanya.
Jadi, saat mama kamu mengandung, beliau sudah mewariskan "type-type" mikroba kepada kamu. Ditambah lagi jika bayi dilahirkan secara normal tanpa C-section maka bayi akan secara langsung terpapar dengan mikroba jalur lahir (jalur Vaginal). 

Belum lagi, saat mama kamu memberikan ASI sebenarnya juga terdapat banyak probiotik pada ASI, lho. Jadi, SELAMAT! Kamu sudah banyak memiliki mikroba diawal mula kehidupanmu. Itulah mengapa seiring pertambahan usia, jumlah mikroba akan terus bertambah. 

Pekerjaan yang harus dipikirkan adalah bagaimana agar bayi ini memiliki Keseimbangan Mikroba tadi, yaitu dominasi Probiotik pada sistem pencernaan bayi. Studi membuktikan, anak yang kurang Probiotik/tidak ada kesimbangan mikroba(Dysbiosis) maka rentan sekali terkena alergi, sakit seperti asma dan kekurangan gizi, kenapa? coba baca poin 2 di manfaat probiotik. 

Get it?!


APA YANG TERJADI JIKA PATOGEN YANG DOMINAN?


Hahhhaaa, ibarat pencuri itulah Patogen. Ia mencuri kualitas hidupmu dengan merusaknya. Patogen ini akan mengkonsumsi nutrisi yang harusnya untuk dirimu dan bukan hanya itu saja, Patogen akan mengubahnya menjadi racun. Bayangkan jika racun ini diserap oleh sel-sel ususmu, sel sehat menjadi sakit, racun tadi juga diedarkan ke seluruh tubuh dan akan menginfeksi organ sehat sehingga akan terjadi peradangan/inflamasi.

Pentingnya Menjaga kesehatan usus
Pelihara kesehatan ususmu dengan mengkonsumsi Probiotik


Kalau sudah terjadi peradangan/inflamasi, tentunya peradangan ini akan meninggalkan cedera/jejas/injury. Tanda-tanda peradangan seperti merah, bengkak, panas dan nyeri. Contoh peradangan yang diakibatkan oleh patogen adalah tukak lambung(luka lambung) yang berentetan menjadi maag, gerd, pendarahan lambung dsb. Rasa nyeri dan sakitnya bukan main, kan?

Kehadiran Patogen juga akan membuat permasalahan pada area imunitas manusia. Yang menyebabkan penyakit Auto-Imun, Alergi dan Low-Imun. Nah, lho makin panjang. hehehe

Dan perkataan Hipokrates tadi akhirnya dapat kita mengerti mengapa semua penyakit di mulai di Usus. Usus memegang peranan penting karena 90% Mikroba hidup di usus dan mikroba yang menentukan kualitas hidupmu. Jika dominan Probiotik akan menguntungkan, jika dominan Patogenic akan merugikan!

Satu fakta lagi, sistem kekebalan tubuh (imun) ternyata 70% terletak di usus! (hubungkan dengan manfaat probiotik di poin 4. Jadi paham...??)


OK, SEKARANG KITA HARUS BERBUAT APA?


Pola hidup yang sehat
Pola hidup yang sehat dan seimbang

Mulailah dari pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat ini akan memelihara Probiotik di Usus dan Usus sehat akan memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan(Holistik). Perlu diperhatikan juga, ada hal-hal yang dapat membunuh Probiotikmu dengan instan seperti:
  1. Residu pestisida pada buah dan sayuran
  2. Minum antibiotik
  3. Stress
  4. Kurang tidur
  5. Makanan yang tidak bergizi seimbang (Protein, Lemak, & Karbohidrat)
  6. Malas gerak/ tidak berolahraga
  7. Pertambahan usia (ini sih kodrat, ya)

Nah, manakah dari list diatas yang harus kalian perbaiki? Banyak? Bertobatlah kalian. Hhahaha (minta di smackdown).

Ok, supaya enggak menjelimet bacanya, next kita akan bahas dimana bisa mendapatkan Probiotik, kandungan Probiotik dan manfaat Probiotik lebih mendalam, ya. 

Bulei usaikan dulu (ceh..ilehhh) disini supaya kalian proses dulu hal-hal diatas. 
Bulei open sekali untuk diskusi, ya. 

Makasih semuanya :D

FYI: Tahukah kamu, tanda kalau banyak patogen ditubuhmu adalah kentut bau, pup bau dan nafas bau. Karena patogen sifatnya adalah pembusukan. Nah, coba deh dicek dan ricek. Hhhehe


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-(Part 1) Bakteri Baik alias Probiotik itu sebenarnya apa?- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "


0 Commentar:

Post a Comment

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!