[Chit - Chat] : Apa sih Perbedaan Eye Primer dan Eye Base itu?

eye+primer,eye+base
Bingung ikh!!


Oh well, ternyata menjadi beauty blogger gak serta merta membuat gw gak melakukan kesalahan, sebenernya simple loh, harus kudu wajib dan musti banyak BACA dan belajar rumusnya. Dari dulu gw selalu mempunyai pertanyaan kenapa itu disebut Eye Primer dan kenapa itu namanya Eye Base, tapi yah bodo amat, sarua wae sepertinya, dan parahnya ada juga blogger ataupun youtubers yang memiliki kesalapahaman seperti gw dan tebak, semuanya dibiarkan begitu saja.

Sampai gw akhirnya [2 tahun tetap tidak mencari tahu, Amazing you!], gw melihat tutorial youtbers Maya Mia yang menggunakan Lime Cream Eyeshdow Helper yang notabene adalah Eye Primer lalu memulaskan juga Bobbi Brown entah nama panjangnya yang adalah Eye Base, heeelooowwww itu napa dibuat layer, pan sama ajah bukan nya yah mba Maya???. Masih adakah seperti gw yang enggan mencari tahu dan hanya mengikuti trend saja sampai akhirnya tahu kalo itu salah, salah satunya meme, apa hayooo cara bacanya??? bukan meme tapi bacanya "mem", nah baru pada tahu kan?? #tetiba-Bangga.

so proud meme
So Proud, hiks~~~

Udah akh ngalor ngidul nya, gw mau membantu meluruskan kesalahpahaman ini kepada kalian yang juga tidak dapat membedakan 2 hal tadi. Pada gw, pengertian kedua hal benda tersebut adalah untuk membuat warna lebih keluar, well itu benar sih tapi ada hal lain yang kalian perlu ketahui lebih dalam, karena kalo lebih lanjut yah ke dokter [haahaha, lucu bangeeettt -____-]

Jelasin Eye Primer dulu deh

[Chit - Chat] : Apa sih Perbedaan Eye Primer dan Eye Base itu?
Eye Primer yang gw bilang Eye Base, arrrrhhh~~~

Sebelum menuliskan di mari, gw sudah melakukan googling kesana kemari sampai akhirnya gw benar benar menghayati perbedaan mereka dan jadi setingkat lebih Pinter, Horeee!!. Baiklah gw jelaskan dulu nih detailnya seperti apa yah. Eye Primer biasanya itu berbentuk cream or emulsion yang ringan dan diaplikasikan pada bagian kelopak mata sebagai lapisan pertama dimana bertujuan untuk menyiapkan kelopak mata untuk pengaplikasian eyeshadow nanti, biasanya warna Eye Primer itu netral bahkan hampir sama seperti warna kulit kelopak mata kita sehingga kadang tidak terlihat/samar kelihatannya, bisa juga dikatakan Eye Primer membantu kelopak mata kalian itu menjadi lebih baik warnanya/terlihat lebih rata dan lebih smooth.

Nah, ini nih point utama nya menurut gw, Eye Primer itu tugasnya adalah pelindung eyeshadow, jadi tipikal kelopak mata yang Oily alias minyakan kayak gw ini biasanya akan menimbulkan masalah kan?. Si Eye Primer dengan ikhlasnya menjadi pelindung si kelopak mata yang oily itu sehingga minyak gak akan mengganggu eyeshadow nantinya, ini lah yang sering mengakibatkan eyeshadow kita pecah/crease atau mulai berkurang intesitas warnanya/fade.

Jadi, dengan menggunakan Eye Primer, eyeshadow kita akan lebih safe dari malapetaka crease maupun fading sehingga tampilan warna eyeshadow kita lebih tahan lama. Kegunaan lebih lanjutnya, karena menghasilakn canvas mata yang smooth, tentunya saja bakalan bikin easy for doing Blending Job, yeepp!. Beberapa Jenis Primer yang gw tahu itu seperti:

  • Urban Decay Primer Potion
  • Too Faced Shadow Insurance
  • E.L.F. Mineral Eyeshadow Primerr
  • NYX Cosmetics HD Eye Shadow Base
  • dan banyak lagi.

Lalu kalo Eye Base?

Jujur, karena namanya base jadinya dia yang dipakai pertama dalam eyemakeup oh ternyata bukan. Jadi si Eye Base memiliki terkstur yang sama seperti Eye Primer yakni cream dan emulsion namun pada kodrat awalnya si Eye Base berguna untuk mendapatkan warna paling terbaik dari eyeshadow, istilahnya bikin warna eyeshadow sebenarnya keluar/more vibrant dan bikin si eyeshadow lebih menempel kayak perangko :)). Lalu kegunaan yang hampir sama seperti Eye Primer yakni bikin surface of your eyelid more smooth and even, oleh karena itu Eye Base memiliki berbagai colorfull range sebagai penunjang warna si eyeshadow tadi.

thats right meme
Yeahhh . . .

Makanya kalau kamu menggunakan Eye Base lalu tiba tiba warna eyeshadow gak tahan lama gegara minyak atau mulai crease yah jangan sedih, karena memang Eye Base tidak menolong di situ, namun sekarang beberapa brand sudah support 'primer' juga di dalam nya., ingat NYX JEP milk yang konon katanya dapat membuat eyeshadow more vibrant??, its true but sadly bikin crease di kelopak mata yang oily, ini sih pengalaman pribadi yah, karena kenyataan nya banyak MUA yang suka pakai itu dan baik baik saja. Lalu ini dia beberapa jenis Eye Base yang mungkin kalian tahu:

  • NYX Jumbo Eye Pencil
  • NARS Smudge-proof Eyeshadow Base 
  • MAC paint pots
  • Nyx Cosmetics  Eye Shadow Base
  • Lancôme  Aquatique Waterproof Eyecolour Base

Ada hal lain yang perlu kalian tahu. . .

Mana dahulu yang dipakai? Kalo menengok kepada fungsinya tentu kalian harusnya menggunakan Eye Primer terlebih dahulu baru Eye Base, kan Eye Base cenderung banyak yang pilihan warnanya untuk menciptakan warna eyeshadow yang lebih dalam, namun kalian bisa pilih dengan pilihan yang neutral juga atau sesuai skin tone sehingga bisa dipakai untuk semua warna eyeshadow diatasnya nanti. Ada yang yang tidak perlu menggunakan keduanya, karena balik lagi ke keadaan kulit masing-masing, yang mungkin hanya dengan Eye Primer/Eye Base sudah cukup, ada juga yang langsung mixing kedunya, karena works better on them.

Masalah timbulnya crease pada eyeshadow yang banyak dikeluhkan wanita juga dipengaruhi oleh pemakaian Eye primer/ Eye base kalian lho, kok bisa? iyah, kalo pemakaian lebih dari satu layer Eye Primer/ Eye Base ini yang menimbulkan crease, jadi ada baik nya kalo pakai secukup nya saja dalam satu kali pulasan, terus kualitas eyeshadow juga mempengaruhi lho, memang eyeshadow murah dengan Eye Primer bakalan bikin warna pop dan keluar, tapi kualitas dari eyeshadow bisa saja mengakibatkan timbulnya crease. Terus sisanya yah itu tadi, kelopak mata yang berminyak emang PE-ER banget deh. 

Udahan nih postnya, gimana dapat pencerahan??? Mari kepada kesimpulan kita:

Eye Primer:
  • Lapisan pertama pada Eye Makeup
  • Membuat permukaan kulit jadi lebih even and smooth
  • Membuat lebih mudah melakukan blending pada mata
  • Menghasilkan warna yang lebih baik dari warna asli eyeshadow
  • Membantu menghalangi minyak yang mengakibatkan timbul nya Crease 

Eye Base:
  • Membuat warna Eyeshadow menjadi jauh lebih Vibrant
  • Membuat permukaan kulit jadi lebih even and smooth.
  • Membuat lebih mudah melakukan blending pada mata 
 
Concealer jadi Eye Primer/Eye Base kan bisa?

Kalo nanya ama gw yah jawaban nya bisa banget, sering lho liat youtubers pakai concealer buat ganti Eye Primer tapi kan gak selalu akan bekerja buat mata semua orang, untuk gw dulu kurang begitu cakep hasilnya, makanya ada baiknya nabung dari sekarang buat beli Eye Primer  yang bagus sekalian kayak UD Potion, atau Eye Base macam Mac Pot, gemeshhh liat hasilnya cakep di youtoubers :)).

Akhir kata yang bisa gw sampaikan adalah, banyak-banyak googling saja tentang Eye Primer atau Eye Base yang nantinya akan kalian beli, banyak yang murah dan bagus lho, jadi paling penting banyak baca baca biar gak salah beli yeeeee.
Ok bebs..., saatnya bobok dan good nitee epribadehhh . .





Source :
http://www.beautyhows.com/eye/eye-makeup/eyeshadow/eyeshadow-base-tips-best-brands-and-how-to-apply-eye-shadow-base/
http://www.slashedbeauty.com/difference-between-eyeshadow-primer-base/
https://ashleybeautyblog.wordpress.com/2013/01/10/differences-between-eyeshadow-bases-and-primers/



Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Chit - Chat] : Apa sih Perbedaan Eye Primer dan Eye Base itu?- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


25 comments:

  1. Iya sering bingung tuh sama 2 produk itu. Bedanya dimana? Bhahahakkk... Makasih lho udah kasih pencerahan. Jadi ga bego-bego amat sekarang 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, penasaran banget apa beda nya, nanti dibilang sama ketauan salahnya, malu maluin deh gw -__-
      Sama sama, bisa bsa mencerahkan XD

      Delete
  2. Waaa, makasi banget pencerahannya. Sekarang tau yang mana harus di beli duluan. Muehehehe.


    iamvinaeska.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssipp, beli apa nih jadinya ?? #kepo #lho
      wkwkwk XD

      Delete
  3. Wahh lengkap banget Rifka haha.
    Aku juga kalo pake jarang double2, rempong :p

    Baru tahu juga ternyata beda, awalnya pikir juga sama wkwkwk
    Nice post ^_^

    Gratefulbeauty Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyah luci, ini gw bingung, ampe googling kemana mana.
      jadi mending dijadikan Post sajalahh :D.

      Sipp :))

      Delete
  4. Jadi udah ya? Pake concealer ajalah yaaaaa.. Hahahahahhaha. Ringkesssss

    ReplyDelete
  5. wahh, terimakasih pencerahannya Mbak, akhirnya jadi tahu perbedaan kedua hal itu :)

    ReplyDelete
  6. kak Rifkaa! informatif sekalii
    aku baru tau huhu thanks kaak<3

    ohiya kak followback blog aku yaah :D hihi

    Rona Permata // beautyveller.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Eh..aku ceritanya beli semacam crayon buat mata. Tapi ya ampun warnanya lembut banget sampe gak keliatan. Gak taunya tiba2 ada lunturannya ngalir pas wudhu. Aneh banget. Pingin nanya itu apa ya sebenernya? Dikasi temen dari arab sih katanya. Jadi gak pernah kupake deh. Kapan2 aku kasi liat kamu ya bentuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. luntur semuanya gitu kah??
      tapi bisa jadi karena ke gosok kuat mba pas wudhu.
      hmmmm . . penasaran juga itu apaan yak XD

      Delete
  8. "oooooh yaaaah.. that's right" *sungekeman dulu sama ses rifka* teriamaksih atas pencerahannya.. jadi La Tulipe and NYX JEP Milk yang gw punya saat ini disebut "Eye Base"

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. *salim balik sesepuh dine XD
      siaaappp mba, gw juga bingungan, sekalian ajah bikin tulisan . .
      hahahhaa, gak punya eye primer berarti . . .

      Delete
  9. waaaa, thank you infonya maaak, jadi melek deh mata eike skrg XD

    The Journey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiippp mak Winda
      Wkwkwkwk~~~, merem yak mak selama ini ?? XD XD

      Delete
  10. uh-ho, eike juga baru ngerti kalau eye primer dan eye base itu BEDA XDD Selama ini aku pakai UD, tapi entah kenapa kalau eyeshadownya pakai CS mah tetep aja crease XD tapi kalau pakai UD electric cakep2 aja, jadi bener katamu, eyeshadownya juga mempengaruhi XD

    ReplyDelete
  11. nah kan mak, gw juga bingung dari dulu malah . . .
    Ikhh, UD Electric nya mau banget gw, bukan nya warna warni najong yak mak?? #lupa-ingat, ayo donkkk di repiewww, gw gak pernah kao repiew.
    iyahh, itu pengalaman orang yang pakai eyeshadow murah dan mahal, gw juga baru ngeh kalo kualitas eyeshadow mempngaruhi. hahahaaa

    ReplyDelete
  12. hai mba Rika,

    Salam kenal, terima kasih info perbedaannya, jujur baru tau karena selama ini hanya pakai eyebase dari nyx yang putih..nah saya baru tau awal tahun ini kalau pakai eyebase nyx, which is saya sdh pakai hampir 2 th belakangan, untuk sehari-hari seperti ke kantor / arisan / jalan2 saya hanya menggunakan eyebase+bedak+eyeliner tyt pada saat difoto arisan kelopak mata saya cling putih bgt padahal saya oles tipis2 jadi saya memutuskan sdh tidak pakai lagi utk sehari-hari kecuali saat ada pesta yang mengharuskan saya menggunakan eyeshadow, oh ya muka saya jenis berminyak.

    Berarti kasus saya untuk sehari-hari tanpa eyeshadow harusnya eye primer yah yg digunakan + bedak + eyeliner?

    Karena sdh tidak pakai eyebase lagi mmg warna eyeliner cepat memudar

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mbak rifka,,,,
    Makasih mbak rifka penjelasannya gamblang bgt,,, soalnya aku jg ga bingung antara eye primer dan eye base,,,, hehehehe
    Sukses terus yaa mbak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap nba Widya, makasih buat doanya, heheheh :))

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!