Chit-Chat: Pengalaman Bule datang ke Parenting Talkshow menjadi one Step Ahead Mum

parenting+talkshow+tentang+anak
Office to Office Parenting Show

Ok judul nya ini bikin yang baca mengerenyitkan dahi..
Tapi sejujurnya saat talkshow Bule merasa more prepared for that moment. Selain parenting Bule juga mendapatkan ilmu tentang menabung untuk masa depan yah seperti uang sekolah anak, apalagi jika ingin menyekolahkan sampai S1 bahkan S2 yang bagus.

Arghhh~~~, Bule kebuka pemikirannya untuk membuat perencanaan masa depan. Ok gak berlama-lama basa-basi nya, Bule coba simpulkan ilmu mengenai parenting yang Bule dapatkan, semoga membantu untuk kalian yang calon ibu atau sudah menjadi ibu :)).


Talkshow 
“One Step Ahead Mom”
 Bursa Efek Indonesia, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53


Pembicara Pertama.

tumbuh+kembang+anak
Presentasi oleh Ibu Bernie

dr. Bernie Endyarni, Spa (k), MPH, Pakar Tumbuh Kembang Anak ini menjadi pembuka talkshow nya, disini ilmu yang beliau bagikan lebih kepada kesehatan, tumbuh kembang si anak yang perlu dipantau agar dapat mengetahui kebutuhan dan stimulus yang tepat. Yang perlu diperhatikan juga dalam pemberian asupan anak, yaitu memastikan anak sudah mendapatkan nutrisi yang seimbang. Pemberian nutrisi yang baik akan berdampak positif pada kesehatan, perkembangan otak, daya tahan tubuh dan pertumbuhan anak, sehingga anak dapat memaksimalkan potensi dengan baik.

tumbuh+kembang+anak
Hal-hal yang dipantau dari anak

Lanjutnya hal-hal yang berkembang dari anak yang perlu dipantau seperti Personal Social (kemampuan bersosialisasi), Fine motor (seperti hal kita mengetik pada smartphone kita), Gross motor (seperti tindakan pada anak sedang menendang, mengambil bola dll) dan Language (bahasa reseptif & bahasa ekspresif). 

Kebutuhan dasar tumbuh kembang anak terdiri dari:
  • Fisis Biologis berhubungan dengan asupan nutrisi nya, kebersihan lingkungan , pengobatan, olahraga dan bermain.
  • Kasih sayang, rasa nyaman dan aman yang diberikan oleh orang tua, merasa dilindungi.
  • Stimulasi, lebih kepada sensorik, motorik, emosi, kognitif, mandiri dan kepimpinan nya

Bule juga baru tahu mengenai pemberian makan pada Bayi dimana usia dibawah 6 bulan hanyalah ASI saja, usia diatas 6 bulan ASI dan Makanan pendamping ASI. Usia 1-2 tahun sudah bisa makan makanan keluarga.


Masuk ke psikologi anak

Prenstasi+Psikologi+Anak
Prenstasi Psikologi Anak

Dalam rangka merencanakan masa depan anak, salah satu aspek penting yang perlu dilakukan oleh para ibu terlebih dahulu adalah mengidentifikasi potensi si anak, dimana dikenal dengan adanya 8 Tipe Kecerdasan Majemuk dan Intrapersonal. Biasanya saat anak masuk sekolah akan ada psikotes yang lebih mengarah kepada kecerdasan intelektual anak, kecerdasan majemuk justru kurang mendapatkan perhatian.

psikologi+anak
Slideshow mengenai pola tingkah laku anak

Karena pada dasarnya setiap anak itu cerdas, tinggal bagaimana orang tua, guru, dan masyarakat pada umumnya mencari cari untuk mengenali, menghargai serta mengembangkan bakat nya. Gaya belajar anak juga mempengaruhi ternyata, jadi ada anak yang tertarik kalo belajar dengan melihat benda secara langsung, ada yang harus sambil diperagakan, dengan begitu penyerapan nya akan lebih baik.

Jadi ini ditekankan pada orang tua untuk jeli membaca potensi dan kebiasaan anak agar ia dapat mengenali potensi dan minat nya serta yang paling penting adalah support orang tua untuk minat anak, sering kan anak yang jago mengambar kurang mendapat perhatian seperti pujian ketimbang anak yang jago matematika. Padahal pekerjaan sekarang dan 10 mendatang bisa jadi dibutuhkan orang-orang kreatif.


Setelah tahu potensi anak, gimana milih sekolah nya?

memilih+sekolah+anak
Presntasi dari Ibu Damayanti

Setelah mengidentifikasi potensi anak, selanjutnya ilmu yang Bule dapat yakni langkah selanjutnya ialah melakukan perencanaan, memberikannya pendidikan yang tepat, jadi menjadi ibu itu juga harus ekstra lebih aware lagi dengan jeli mempersiapkan sekolah yang tepat bagi anak, memberikan pendampingan di sekolah hingga menyesuaikkan dengan gaya belajar anak.

Jangan memaksakan anak untuk sekolah atau mengambil major yang dia sendiri tidak suka, dampingi juga anak karena kadang anak juga masih bisa kebingungan dengan entah jurusan atau sekolah apa yang cocok baginya.

Bule juga diberitahu, ada sekolah yang bagus secara akademis, namun ada juga yang bagus secara proses pengajaran nya, karena jujur ajah sih, kalau normalnya orang tua pasti mencari yang bagus secara akademik, namun kan tiap anak daya tangkap dan imajinasi atau mungkin kcerdasan nya berbeda, disini pemahaman nya adalah jangan memaksakan kehendak dalam arti cita-cita orang tua terhadap anak. Susah yah . . .

Tips+memilih+sekolah+anak+terbaik
Pertimbangan dalam memilih sekolah yang cocok dengan kebutuhan anak

Perhitungan jarak, lingkungan bahkan bisa eskul juga jadi perhitungan, coba saja kalau nanti Bule punya anak yang ingin jago main sepak bola, tentu eskul sekolah jadi pilihan juga agar pengembangan bakat nya ikut berkembang selain akademiknya.


Nah, duit nya nya nih yang disiapin...

perencanaan+keuangan+pendidikan
Presentasi perencanaan anak oleh Ibu Ligwina

Tips terakhir adalah duit..duit..duit..., semua nya butuh uang, mau sekolah anak yang bagus akademisnya butuh uang, sekalipun kita bisa mendorong anak agar mendapatkan beasiswa namun tetap tanggung jawab penuh orang tua untuk membiayai nya, kan?

Jadi, angka menuju gelar S1 sekarang bisa berbeda di tahun 2020 nanti nanti, yang bisa mencapai puluhan juta mulai dari SD- S1 nya saja, nah lho..., harus bekerja seperti apa tuh? iyah kalau anak 1, kalau anak 3-4 gimana lagi nabung nya?.  

So, pilihan nya antara menabung atau investasi. Masing-masing memliki konsekuaensi nya sendiri, jadi manapun pilihan kita nanti untuk menyiapkan dana keluarga terutama pendidikan, harus dimulai dari sekarang.

Gak lama Bule diberikan slide show perhitungan yang bikin perut tetiba 'kembung' melihat angka diatas puluhan juta, namun ini lah asyik nya mengikuti Talkshow seperti ini, hal-hal yang tidak Bule biasa dengar, ilmu yang tidak Bule dapat di keseharian Bule, gamblang dibeberkan disini untuk calon para ibu.


Ibu dibalik kesuksesan anak Hebat..

Revo+Junior+Masterchef
Ibu Astrid membeberkan kisah Revo menemukan minat nya

Kisah Astrid Suryatenggara, Ibu dari 6 besar Junior Masterchef, Revo. Kisah yang ia beberkan yang bisa Bule tangkap tentang seorang ibu memberikan kekuatan terbesar dalam mendorong anak untuk menemukan minat nya, serta percaya kepada kemampuan anak yang bisa jadi hanyalah ketertarikan 'sesaat'.

Revo sendiri diakui mulai dari umur 8 tahun sudah memiliki minat dengan kegiatan memasak, hobi dia dan sang ibu yang doyan sekali dengan wisata kuliner tapi gak suka masak. See? minat Revo ini bukan bakat turunan ayah maupun ibunya sama sekali, tapi dukungan penuh yang ia dapat bisa membawanya percaya diri mengikuti Junior Masterchef.

Akhh....., Bule udah besar, udah dewasa.., udah gak dimasa seperti anak yang kudu di support mulu, dalam arti Bule udah tua, kudu mikirin hal macam ini nih buat masa depan,
Thanks dah udah bisa datang ke acara parenting seperti ini, ilmu yang dibawa pulang banyak banget.

Terima kasih buat Nutrilon Royal OSA, makasih buat pengalaman dan ilmu nya hari itu. Sekian deh tulisan "rada berat" hari ini dari Bule.
See you next chit-chat yah :))


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-Chit-Chat: Pengalaman Bule datang ke Parenting Talkshow menjadi one Step Ahead Mum- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


0 Commentar:

Post a comment

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!