Resep Smoothies Sehat - Penurun Berat Badan (Minggu 1)

smoothies untuk kulit yang sehat

Wah, Bule eksperimen makanan lagi, guys!
Jadi setelah bosan atau lebih tepatnya sudah tidak mengkonsumsi Overnight Oatmeals lagi, Bulei mulai switch makanan "aneh" lain.

Biar gak nyeleweng nih pemikiran kalian, Bulei stop konsumsi Overnight Oatmeals sejak Bulei sudah WFH. Awalnya Bulei konsumsi Overnight Oatmeals agar mempermudah keseharian sarapan Bulei di kantor. Tinggal ambil dan makan di kantor. Namun, sejak di rumah, sepertinya tidak termotivasi lagi membuat makanan ringkas seperti itu.

Cara-mudah-membuat-overnight-oatmeals
Overnight Oatmeals buatan Bulei. Cek resepnya disini

Alasan Bule mau mengkonsumsi Smoothies adalah:

  1. Menurunkan berat badan secara santai
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak gampang sakit
  3. Ingin banget memberikan tubuh makanan yang sehat
  4. Keadaan saat Covid-19 yang membuat berhati-hati jajan di luar
  5. Optimasi skincare supaya makin optimal skincare yang dipakai.

Jadi Bulei suatu ketika stuck dengan keadaan fisik Bulei seperti kenapa Bulei rajin olahraga khususnya bagian perut atau ABS malah gak ada peningkatan significant. ABS -nya sih ada, tapi itu kalau kita tahan perut, kalau kita biarkan perut normal (tidak ditahan), kok bulat, ya. Bingung gak tuh?!

Setelah meditasi, perenungan, dan evaluasi 7 bulan purnama ternyata Bule masih tidak cerdas dan bijaksana dalam konsumsi makanan sehari-hari apalagi sejak di rumah. Merasa sudah cardio yang berat maka muncul mindset untuk sesuka hati makan apapun dan kapanpun. Makan buah sangat jarang, konsumsi kopi instan 2 kali sehari (gula tinggi), malam nyemil cemilan yang tidak terkontrol walaupun jarang. Akibatnya tidak ada progress yang terlihat.

Kenapa gak balik Keto ajah kayak dulu?

Awalnya ingin begitu, namun sepertinya tidak termotivasi untuk masak-masak seperti itu dan mencari makanan pengganti yang agak ribet. Belum lagi bakalan menjadi boros karena harus drag suami untuk ikut karena kalau dibedakan (Bulei Keto, Dia enggak Keto) bakalan boros. Kurang bijaksana nampaknya. Maka akhir Bulei ingat kalau tahun 2016 dulu, Bulei pernah cobaiin membuat Smoothies dan cukup bearable.

Belum lagi simple karena jadinya Bule bisa konsisten mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam satu Glekk! Buah dan sayuran sangat tinggi nutrisi dan protein, hal luarbiasa bukan? Cuman sayang banget, karena rasanya gak seenak rendang, keripik kentang atau nastar jadi jarang dimakan. Wkwkwkkw!

Apa yang diperhatikan dalam membuat Smoothies?

Smoothies termasuk pilihan yang radikal. Karena kalian akan makan sayur mentah. Hahahhaha.
Buat pemula bakalan jadi mimpi buruk. Rasanya bakalan gimana tuh? Eewwhhh~~~
Lalu bentuk smoothies-nya juga gak mengundang selera. Bisa konsisten gak, ya?

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah Mencari Motivasi. Motivasi Bulei adalah hidup sehat, badan OK, kulit wajah OK dan turun berat badan. Maka Bulei secara persistant melakukannya. Untuk awal-awal, Bulei banyak menggunakan yang "manis-manis" supaya enak ditelan, lebih banyak porsi buah daripada sayur dan minumnya agak ogah-ogahan.

Namun menjelang minggu ke-3, Bule mulai berani mengurangi porsi "manis-manis" (kurma khususnya), menambah sayuran lebih dari 2 jenis dan ditegak dengan antusias. Wkowkowko!

Yang perlu kalian tahu saat membuat Smoothies:

  • Sayuran sama sekali tidak terasa kalau kalian blender dengan buah-buahan. Percaya deh khususnya Bayam dan Kale (super greens-bagus buat pencernaan). Sayuran yang terasa itu adalah Seledri. Kalian blacklist ajah seledri kalau gak kuat. Tapi percayalah, seledri itu manfaatnya banyak.
  • Bulei mengkonsumsi Smoothies kebanyakan di malam hari penggati makan malam, sisanya bisa buat sarapan.
  • Tidak ada cheating day kecuai terpaksa tidak bisa buat karena ada keperluan lain. Karena yang harus ada di mindset kalian adalah bukan Diet yang menyiksa tapi membangun Habit yang akhirnya menjadi Lifestyle. Yang artinya kalian gak bisa enggak konsumsi Smoothies dalam hidup kalian.
  • Bule masih bisa makan mie, bihun, gorengan, cookies, dan minum es kopi susu lho. Jadi gak ada halangan sama sekali. Hanya saja porsinya yang dikontrol supaya tidak Calories Surplus (kenaikan kalori). Kan seharusnya kita mengkonsumsi Smoothies untuk mengurangi kalori namun tetap kenyang.
  • Supaya segar dan dingin, gunakan es batu saat membuat atau gunakan saja buah yang dibekukan (frozen fruits).
  • Tetap diimbangi olahraga Cardio maupun angkat beban agar maksimun dalam penurunan berat badan.

Bulei sudah mulai dari minggu terakhir di bulan Puasa lalu, hanya karena masih ragu jadi Bulei tidak dokumentasikan. Begitu masuk minggu kedua, kok Bulei konsisten, "wah harus didokumentasikan nih!" Bulei pikir. Dan sekarang sudah masuk Minggu ke 4 Bule mengkonsumsi Smoothies maka Bulei mau share kepada kalian, manatahu bermanfaat.

Pilihan Sayuran untuk Smoothies

resep mudah membuat smoothies
Pilihan sayuran untuk Smoothies

Selain mudah dicari, rasa jenis sayuran ini bakalan samar begitu di-blender, kecuali seledri ya. Usahakan yang organik/hidroponik supaya lebih terasa gizinya.

Pilihan Buah-buahan untuk Smoothies

resep mudah membuat smoothies
Pilihan buah-buahan untuk Smoothies

Pisang adalah buah wajib dalam Smoothies karena membuat tekstur lebih kental alias creamy. Gunakan 1 atau setengah bagian. Jenis pisangnya yang cavendish atau sunpride atau ambon putih gitu. Lalu nanas juga OK, rasanya dominan, boleh dibanyakin biar lebih enak. Pir memiliki banyak air jadi main pintar ajah komposisinya.

Pilihan Cairan/Liquid untuk Smoothies

resep mudah membuat smoothies
Pilihan cairan untuk Smoothies

Usahakan cari yang Unsweetened atau tanpa pemanis. Supaya kalori kalian tidak bengkak. Pakai air putih juga bisa ya.

Pilihan Protein, Lemak, Perisa, dan Fiber untuk Smoothies

 

resep mudah membuat smoothies
Protein. Lemak, Perisa, dan Fiber

Jangan takut dengan lemak. Ini yang membuat kalian merasa kenyang, biar gak "gatel" ngemil. Untuk porsi pakai secukupnya. Chia seed juga perlu banget supaya mengikat air di tubuh agar perut lebih full. Awal-awal silakan tambahkan madu atau kurma supaya ada rasa manis. Namun kalau dirasa buah-buahan beku sendiri sudah manis yah jangan dikasih lagi, kecuali buahnya masam.


resep mudah membuat smoothies
Tips dalam membuat Smoothies

Untuk memblender memang agak tricky. Urutan dari bawah adalah yang mudah diblender dulu, untuk yang keras (wortel, seledri, tomat dll) potong kecil-kecil dahulu supaya cepat halus saat diblender.

Sudah siap? Disini kita akan membuat 1-2 porsi atau sekitar 1 mason jar (450 ml)


resep mudah membuat smoothies
komposisi bahan-bahan Smoothies



Ini dia resep 7 hari Smoothies-nya!


Day 1


resep mudah membuat smoothies

Karena Bulei menggunakan coconut water yang original (ada pemanisnya), jadi sudah manis diawal. Ini tidak perlu kurma sama sekali. Rasanya enak. Air kelapa kental, rasa nanas berasa- dan rasa sayuran sangat tipis.

Day 2


resep mudah membuat smoothies

Jus jeruknya sudah manis diawal, jadinya malah segar-segar asem (asem kiwi, dan jeruk). Seledri sendiri jadi samar banget rasanya. Enak banget deh.

Day 3


resep mudah membuat smoothies

Karena tidak ada pelumat (pisang atau alpukat) jadi agak cair, seledrinya terasa namun aman sih soalnya ada si nanas madu jadinya bikin manis.

Day 4


resep mudah membuat smoothies

Ini rasanya aman banget, soalnya sayurannya Kale doank, jadi yang berasa buah-buahan dan rasa air kelapanya donk.

Day 5


resep mudah membuat smoothies

Setelah yang sayuran ijo-ijo sekarang agak bewarna. Kita pakai tomat dan wortel biar mata sehat. Berhubung stroberi yang Bulei beli ini masam, wortel brastagi-nya kurang manis, dan pisangnya kurang manis, jadi cemplungin kurma ajah maks.2 buah
- Notes: cicipi buah-buah dulu supaya tahu apakah cukup manis buat diblender.

Day 6


resep mudah membuat smoothies

Hasilnya creamy dan tebel banget karena alpukat dan pisang. Nanasnya bikin samar si seledri. Ini gak begitu manis, ya. Pas banget!

Day 7


resep mudah membuat smoothies

Bule beli air perasaan lemon biar ada Vitamin C-nya gitu dan gak ribet buat meras. Ini juga hasilnya kental sekali. Rasa seledri agak samar karena pisangnya cukup matang jadinya malah manis.


Yes!


Bagaimana hasilnya Bulei setelah dirimu konsumsi? Bule akan bahas di postingan selanjutnya supaya enggak panjang, ya.

Akhir kata, semoga tulisan Bulei kali ini bermanfaat buat kalian semua yang masih struggling dan berdamai dengan Sayuran-Buah, yak!

Sampai jumpa ditulisan selanjutnya :D


Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-Resep Smoothies Sehat - Penurun Berat Badan (MInggu 1)- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "

2 comments:

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!