[Chit-Chat]: Penting merawat organ intim saat menstruasi!

review+betadine+feminine+hygiene+indonesia

"Aduh sakit.., lw kerjain sendiri ajah lah!"

Sahut adek Bule saat diminta tolong buat pergi ke warung. Anaknya sampe guling-guling bak ayam diatas tepung- lalu tinggal goreng.

"Maksudnya, seperti apa sih sakitnya?"

Tiap haid selama ini, selalu mulus bagai jalan tol cipularang. Tidak pernah drop sakit yang membuat harus terbaring uring-uringan di kasur. Tapi Itu dulu- kelewat dulu banget pas remaja. Dewasa ini, beberapa kali sih itu sakit datang berkunjung.

Begitu tau sakitnya itu...  "Dahsyatnya...bila dibandingkan dengan senyumanmu~~". Errr...
Bule akhirnya manggut paham. Syukurlah "sakit haid" bukan menjadi kebiasaan tiap "bulan" datang berkunjung. Saat itu juga, Bule jadi belajar mengenal empati pada perempuan yang sedang haid dan memiliki bad mood karena selain harus bekerja mereka juga harus belajar seni "menahan rasa sakit". Ada yang bisa (biasanya jadi pendiem) ada yang enggak bisa (biasanya jadi sensitif). Wahai pria, terimalah mereka beserta kelemahan ini. Itu!

Meskipun tidak sakit, jangan anggap "SELOW" kebersihan ms. V saat mengalami haid!

review+betadine+feminine+hygiene+indonesia
Angka normal keasaman pada Vagina

Pelajaran mengenal alat reproduksi muncul saat Bule SMP. Karena digabung anak cowok, Bule jadi malu saat guru menjelaskan melalui gambar di papan tulis. Ilmu sih, tapi karena masih anak-anak, para "bocah" lelaki pasti ngeledek, lucu dan malu rasanya.  Makanya Bule "setengah hati" belajar karena "keburu" enggak nyaman duluan. Jadi "setua" ini baru baca-baca serta aware dengan organ reproduksi sendiri (maklum mau nikah, kan #ahahahaa-ketawa-kencang). Kalian jangan sampai melewatkan pelajaran penting ini. Bule coba jelasin apa yang sudah Bule baca, semoga dapat dimengerti. #Benerin-dasi

Mulai dari si Ms.V
Vagina atau bisa kalian bilang Ms. V adalah saluran/penghubung (macam jembatan) yang menghubungkan rahim) didalam tubuh dengan bagian luar alat reproduksi atau disebut vulva. Vagina juga saluran untuk mengalirkan darah serta lendir saat haid.

Di saat kalian lahir menjadi dedek gemes, disitulah mikroorganisme vagina hadir. Mikroorganisme itu seperti bakteri tapi ini bakterinya baik- salah satunya adalah si Lakto Bacillus. Lakto Bacillus akan menetap di saluran Vagina. Dia akan menjadi pengatur pertumbuhan flora di Vagina agar normal. Jadi dia akan mengatur tingkat keasaman di saluran vagina di angka normal angka pH 3.8-4. Sampai sini, ngacung yang bingung!

Krik..krik...
"Ok, Lanjut nih yah, awas interupsi"

Karena hal itulah, kamu tidak perlu menggunakan pembersih atau sabun kewanitaan- dikarenakan kehadiran Lakto Bacillus. Itu adalah kewajibannya. Tapi nih ya, saat menstruasi datang (Red Days). Darah yang keluar bisa meningkatkan jumlah bakteri buruk di Vagina, soalnya tingkat keasaman dan kelembaban meningkat! Ini enggak bagus. Ditambah lagi, lendir pembatas di leher rahim menghilang. Bakteri-bakteri yang ada di Vulva (area terluar alat reproduksi) bisa mengakses ke bagian reproduksi dalam. Ini yang bisa mengakibatkan infeksi dan gangguan kesehatan vagina.

"Tahu darimana ada infeksi?"


Gejala awalnya seperti gatal, rasa terbakar, iritasi, bau enggak sedap dan keputihan yang tidak biasa (keputihan normal adalah keputihan yang berwarna putih atau bening– tidak lebih dari 1 minggu merupakan tanda bahwa vagina dalam kondisi sehat).

Setelah tahu fakta ini. Ayo ingat-ingat apakah kalian pernah mengalaminya?
Jangan sampai sih yah. Meskipun belum pernah mengalami hal itu (entahlah, Bule belum pernah mengalami keluhan se-gengges itu). Setelah tahu, Bule menjadi lebih aware dengan keseimbangan pH. Soalnya selain masih single, Bule khawatir jika Bule terlalu "selow" nanti malah menyesal kemudian hari.

Akhirnya meskipun belum terkena gejala demikian, Bule menjaga kebersihan organ intim Bule. Hal simple yang bisa kalian lakukan adalah cebok yang bersih dan keringkan dengan tisu!

review+betadine+feminine+hygiene+indonesia
Aku bahagia jika tisue Diskon!

Dana belanja tisu sudah Bule besarkan. Di rumah, Bule pasti stok tissue toilet. Bule enggak beli yang murah karena daya serapnya tidak maksimal malah jadi cenderung boros pemakaianya. Mahal sedikit asal kering, ingat jangan sampai lembab, harus benar-benar kering yak.

Bahkan ada artikel yang menuliskan menggunakan celana dalam jangan lama-lama. 3-4 jam sekali perlu diganti untuk meminimalisir kelembaban, mungkin akibat keringat juga. Kalau 12 jam berada diluar bisa ganti 4x kali. Demi apa? Demi menjaga keseimbangan pH! Terdengar konyol tapi ini benar. Cuma yah, Bule belum melakukannya sih. Mungkin nanti. Sementara cara paling simple yang Bule lakukan yah, pakai celana dalam berbahan katun karena menyerap keringat alias gak bikin gerah. Kedua, balik lagi, setelah pipis dan BAB pastikan di lap sampai kering.

1 hal baru lagi. Memang penggunaan sabun pembersih kewanitaan tidak perlu dipakai sehari-hari kecuali saat haid. Bule rasa setelah membaca fakta diatas, ada baiknya untuk dicoba. Yay or Nay gak sih menurut kalian? Enggak salah mencoba. Masa perawatan wajah setengah sawah ada, tapi perawatan hakiki yang membuatnya menjadi wanita gak ada :P

Kemarin pergi ke apotik terdekat.
Bule yang berbekal pengetahuan diatas, mencari sabun kebersihan wanita. Kesempatan kali ini Bule akan mencoba brand Betadine.

"Bukan Oi!- Bukan Betadine yang buat luka pas jatuh itu. Bukan, plis gaes jangan kudet lah" nada sombong.
"Ahaha. Ampun DJ!"

Warnanya pink. Kenapa enggak biru? enggak perlu dibahas deh warna favorite :P. Yang penting itu kegunaanya. Bule pure pakai ini pas haid kemarin saja. Tidak ada gangguan selama pemakaian. Testimoninya? lanjut baca yah.

review+betadine+feminine+hygiene+indonesia
Brand : Betadine
Sub brand: BETADINE® FEMINIME HYGIENE
Ukuran: 60 ml
Harga: IDR 32.500 (di Apotek)
Pengenalan: Antiseptik kewanitaan untuk mencegah dan mengatasi iritasi ringan, gatal, keputihan dan bau tidak sedap karena bakteri dan jamur. Digunakan saat resiko infeksi meningkat seperti saat menstruasi.

Diantara pilihan di rak apotek. Warnanya sudah mentereng sendiri. Tanpa box namun diberikan segel berbahan plastik tipis di sekeliling kepala botol. Body sendiri terbuat dari plastik.
Bule haid itu berlangsung 3 hari saja. Singkat banget, lebih cepat daripda bikin KTP. Hahah, ngaco! Hari ke 4-7 hanyalah sisa tetesan saja. Sebel sih, dikira sudah beres eh gak tahunya masih bercak-bercak. Total 6 hari Bule pakai secara terus-menerus lalu stop. Ukuran 60 ml sudah lebih dari cukup untuk pemakaian 1 kali periode haid. Intesitas pemakaian 2X 1 hari. Saat ini, Betadine Feminine Hygiene Bule sudah sisa sedikit.

review+betadine+feminine+hygiene+indonesia
Keterangan pada kemasan BETADINE FEMINIME HYGIENE 60ML
Betadine memiliki kandungan Povidone Iodine sebanyak 10% saja dalam komposisi keseluruhan. Kegunaanya?
Povidone Iodine- Dikenal sebagai betadine adalah salah satu senyawa kimia yang digunakan dalam pembuatan antiseptik. Sebagai antiseptik, povidone iodine dapat digunakan untuk membersihkan serta mencegah infeksi pada luka di kulit hingga vagina. -Via aldodokter

Diklaim telah terbukti secara efektif membunuh kuman (bakteri, jamur, dan virus) penyebab keputihan, gatal, iritasi, dan bau tak sedap. Ewhhh~~

Testimoni saat pemakaian
review+betadine+feminine+hygiene+indonesia
Testimoni pemakaian BETADINE FEMINIME HYGIENE 60ML

Ukurannya lebih besar dari telapak tangan. Setelah ditelisik, gambar diatas rupanya busa bagian dalam tutup botol yang lepas, hahaha~

Aromanya dan warnanya emang plek-plek mirip dengan Betadine obat luka. Konsistensi cairanya itu encer seperti air. Biasanya Bule pakai saat mandi, biar enggak ribet juga saat cebok. Ini bukan sabun yah melainkan Antiseptik kewanitaan.

review+betadine+feminine+hygiene+indonesia
Cara pakai
Caranya:
Siram ke bagian organ intim kalian paling luar. Diamkan setidaknya 1 menit. Lalu dengan air bersih, bilaslah. Gampangkan cara pakainya??

Saat dipakai tidak ada reaksi apa-apa. Benar-benar seperti air biasa saja. Setelah pemakaian pun tidak ada perasaan semacam kesat atau apapun. Biasa saja! Antiseptik kewanitaan ini sekali Bule tekankan hanya dipakai di saat tertentu saja, semisal saat haid. Tahu sendiri yah demi kebersihan, ada perlunya pembersih khusus.

Lalu bagaimana kalau mengalami gatal, keputihan tidak normal namun tidak saat Haid?
Tentu saja dapat kamu pakai. Untuk pengobatan kamu bisa pakai 2x sehari selama 5 hari tanpa terputus. Jika dirasa belum menuntaskan masalah, mending langsung cuusss.. ke dokter. Jangan anggap sepele akh~


Apa saja tips agar menjaga pH vagina supaya tidak infeksi?
Caranya enggak sulit trnyata. Gampang! gampang-gampang- susah! hahaa...

  • Bersihkan organ intim dengan air hangat, tanpa sabun atau produk khusus, tiap kali mandi. Hindari sabun dengan bahan kimia yang keras dan yang mengandung parfum. Terus kalau bilas alias cebok- pastikan arahnya dari depan ke belakang yah. Biar bakteri yang ada di anus gak pindah ke depan.
  • Terus kalau lagi haid, ojolali ganti pembalut beberapa jam. Khususnya pas 3 hari pertama yang lagi deras macam air terjun Niagara!
  • Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun. Hindari juga pakaian dalam yang terlalu ketat teralu lama yah. Nanti "itunya" gerah.
  • Segera ganti pakaian dalam atau celana jika pakaian tersebut basah atau saat Anda berkeringat.

Semoga tulisan kali ini bisa bantu beberapa pertanyaan kalian yah. Jangan lupa baca-baca. Makin banyak baca bakalan makin "kenyang" ilmu. Jika mau curcol dan sharing tips nya boleh banget. Terutama dari ibu-ibu buat single kek akoh!


Ciaoo..
Met jumpa di tulisan selanjutnya :))




Referensi tulisan:
https://web.facebook.com/notes/dr-oz-indonesia/dr-oz-indonesia-perilaku-tidak-sehat-pada-vagina-resikonya/219199178231412/?_rdr
http://www.softilmu.com/2015/05/Fungsi-Alat-Reproduksi-Kelamin-Wanita-adalah.html
http://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/06/481/1507774/hindari-infeksi-saat-menstruasi-dengan-cara-ini



Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Chit-Chat]: Penting merawat organ intim saat menstruasi!- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism! Tulisan ini dilindungi oleh CopyScape. Jika MENGUTIP TULISAN/GAMBAR,  MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).  "


8 comments:

  1. Tengkyu tipsnya mbak, wah iya nih kalau di rumah ganti2 CD berkali2 buat jaga kelembaban ya. thx

    ReplyDelete
  2. kebetulan aku lagi mengalami yg namanya banyak keputihan kayaknya mau haid, bisa nih dibeli xD

    beautybyliana.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal keputihannya normal gpp kok. Wajr kalo perempuan keputihan. Asal jangan sampai yang abnormal. Tapi kalau haid wajib emang dibersihkan lebih lagi :)

      Delete
  3. Duhhh Bule. Baru kali ini gw doyan banget baca reviewan nya Betadine feminim. soalnya penjelasannya bule asik banget, pake tips segala macem.

    Eh kita samaan Bul. gw juga kalo mens cuma 2-3 hari, sisanya bercak2 gitu. Total ya 6 hari bersih. aku ga pernah pake pembersih kewanitaan segala macem sebenernya Bul. Takut aja >.< eh tp kayanya ahis baca post ini, terus baca soal antiseptik betadine, terus baca soal masa haid yg rawan.. kayanya abis ini cuss ke apotek.

    Makasih pencerahan dan ratjun nya yah Buleeeeeee


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, thanks sherly XD
      Gw kira gw ajah yang paling cepet selesainya, ahahaha~~

      Cusss, langsng pakai

      Delete
  4. Mak Bul..aku mau tanya, make itu nggak buat daerah V kita kering?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw gak ngerasa apa apa kok mak. Semua biasa saja~~ #malah-gw-nyanyik XD

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!