Mengurangi/Memberantas Jerawat

memberantas jerawat
Ilustrasi by aldo
Hai hai, Ohohohhhooho . . 
Mulai ngeblog lagi nih, abis boring bgt dirumah gga da yang bisa dikerjain, sambil nunggu jadwal sidang yah jadi gga da kerjaan degh.

Hari guw mau bahas mengenai Pengalaman gw memberantas jerawat. Hope this can help you figure out your problem girls :P.


Hal yang udah guw rasakan sejak guw SD ampe sekarang, jangan Tanya berapa banyak produk pencuci wajah yang udah guw pake, beserta saran-saran dari orang yang pernah jerawatan juga masker yang kudu guw pake. Yah saking banyak nya guw stress ditambah jerawat tambah banyak. Argghhhhhh . . . . . .

Asli guw minder bgt saat itu, paling banyak pas guw duduk dibangku SMK kelas 1, itu ampe diceletukin wajah yang lagi “panen”, WTF !!

Mending ama cewek ini ama cowok-cowok, asli sakit hati yang amat teramat dalam!!!. Maka guw jadi suka minder gitu.(Okk Stop)

Hhhe jadi curhat dulu nih guw jadinya, kalo diliat dari keluarga gga da satu pun yang memiliki wajah berminyak dan berjerawat kayak guw. Sekarang Puji Tuhan, jerawat guw berangsur ilang (kambuhan juga siiihh tergantung kondisi), tapi walaupun jerawat guw gga sebanyak dan semengerikan dulu, dia tetap meninggalkan jejak diwajah guw seperti noda hitam/ merah tapi yang paling parah adalah bopeng- bopeng halus ( gara- gara kalo ada jerawat nasi guw pencetin biar keluar), Alhasil muka guw kagag rata sama sekali.

Berikut adalah hal-hal yang gw lakukan untuk mengurangi jerawat guw :

Jangan gonta ganti Pembersih !

Dulu suka gonta ganti pembersih wajah yang ada tulisan ‘menghilangkan jerawat’ pasti guw pake yah korban iklan juga sih guw :P, alhasil malah tambah parah, tapi ada juga yang bilang kalo itu emang ngeluarin jerawatnya dulu baru ilang, aajjjeeee gileeee lama bgt dagh sedangkan guw udah tekanan batin (Wkkkkkwwkkk), akhirnya guw gonta ganti, Jangan dilakukan yak !!!. Sekarang guw konsisten menggunakan satu pembersih wajah, yang guw pake sih Pond’s Anti bacterial, eit jangan keseringan nyuci juga yak, bisa bikin kulit kering juga nanti. Ada tips nih buat mencuci muka, kalo kalian mencuci muka, usahakan buat sampai berbusa dulu ditangan baru dipakai buat cuci muka.

Nyokap Gw pernah Bilang, tiap hari bersiin muka tapi tetep aja dimakan tuh makanan !!

Maksudnya apa? Ahhhahaha, maksudnya tuh makanan pemicu timbulnya jerawat booo.
Guw terdiam, bener juga siiihh, abis tenaga gu\w bersiin muka gga taunya masih guw makan juga tuh makanan terlarang. Nih contohnya: cabe/sambel/saos/apapun nyang pedas, menjadi pemicu jerawat karna zat yang menimbulkan pedas berpengaruh diwajah gw, besoknya dah nongol tuh jerawat, gga susah sih buat guw toh guw bukan pecinta makanan pedes, trus cokelat, makanan berminyak (dulu kalo makan gorengan pasti guw peres tuh minyak di tisu biar kurangan).
Trus gu pernah sebulan makan bayam bening tiap hari ampe mual guw ma menunya, tanpa lauk yang bersambal. Oia, minumlah air putih yang banyak, supaya lancar metablolism tubuh kamu, jadi bagus ngeluarin racun-racun ditubuh. Ini beneran ngebantu dari dalam. Ngaruh, ilang banyak tuh jerawat. Coba ajah degh

Konsumsi buah-buahan

Juga konsumsilah buah-buahan, My Mom is Fruit Addicted, jadi hampir setiap hari dicekokin buah buahan ama dia, katanya kalo bisa nih rumah dibikin taman buah sekalian (Ahahahahhaa). Tiap hari ada ajah buah yang dijus ama dia seperti jus wortel, jus tomat, jus melon, jus mangga (My Dad’s favorite), jus papaya (Khusus guw mending dimakan begitu ajah), jus buah naga, jus nanas. Banyak degh, bener-bener membantu metabolism tubuh. Juga bagus untuk kulit kita, jadinya bersih karena vitamin yang kita konsumsi.


Make up, Why Not?

Sejak kuliah guw mulai kenal make-up, dulu sih gga berbedak gpp, tapi skg mana bisa kalo gga berbedak. Biasakan mencuci entah seminggu atau 2 minggu sekali alat make up kalian seperti brush/kuas bedak.

Muka guw berminyak bgt jadi 2 jam ajah udah mulai ilang tuh bedak, mulai dari loose powder, compact gga da yang mempan!

Tentu ajah kita perlu touch up lagi kan, tapi muka yang berminyak tentu udah buat wajah gga enak, makanya guw selalu make Kertas Minyak sebelum touch up lagi, bahkan ga perlu touch up bedak lagi, wajah kalian udah pasti keliatan Matte degh.


Don't be lazy, please 

Setelah pulang beraktuvitas jangan malas membersihkan muka yak, cuci dengan Facial Wash, lanjutkan dengan susu pembersih dan penyegarnya yang cocock untuk wajah berminyak, disini guw dah tahunan make Viva. Cocok dan murah bgt lagi .Setelahnya baru guw lanjutin make cream pemutih, bebas brand mana ajah.


Make your DIY masker

Kalo lagi libur ato senggang mendingan gunakan masker. Banyak jenis masker yang gw udah coba, dan sampe sekarang masih guw pake. Contohnya:
  • Masker Mentimun. Nih Link cara pembuatannya, Efeknya ngedemin muka, idih fresaah bgt kalo kalian pake degh, guw nyaris rutin makenya tiap sore ato tiap pulang kuliah biat wajah guw refresh lagi. Dulu sih guw pernah dibilang make masker tomat yag diparut, tapi saying gga cocok ama guw, kulit guw gatel. Tergantung kulit kali yak!
  • Masker lemon dicampur dengan madu. Nih Link cara pembuatannya, guw udah mulai rutin make sekarang karna jeruk lemon lumayan mahal buat jajan guw jaman SMK, kalo kuliah sekarang sih udah bisa kebeli (Hiksss). Dulu sih jaman SMK guw make Jeruk Nipis tapi astago nagoooo, perih Gila dimuka, ampe guw tonjok tuh tembok alhasil tangan dan wajah guw jadi sakit (Koplak), gga ada semenit langsung guw bersiin tuh jeruk nipis, emenk si lagi merah-merah nya tuh muka, tapi guw dah kepalang malu di ejek mulu di sekolah (ala mak jan). Nih Masker dapat mengikis kulit mati diwajah sehingga membuat wajah lebih cerah juga membunuh bakteri diwajah juga mngurangi minyak. Terbukti dapat mengurangi jerawat di wajah guw.
  • Masker Pisang, Nih Link cara pembuatannya, Ini baru baru guw pake, menurut sumber yang guw baca di internet, ini ampuh menghilngkan jerawat dan membuat wajah mulus. Tapi hasilnya baru kelihatan nanti kali yah, yang penting adalah pemakaian rutin lho. 
     
  • Masker Putih telur+Madu
Dulu guw make karena yang guw baca setumpuk khasiatnya buat wajah oily plus jerawatan kayak guw, sayang baunya gga nahan bikin guw pengen muntah, gga berlangsung lama guw make nih masker. Tapi buat kalian yang tahan, guw saranin make nih masker, selain buat ngecilin pori-pori juga bisa menghaluskan wajah. Recommended lah

Steril sterill

Terakhir adalah cucilah tangan sebelum menyentuh wajah kalian, asli guw untuk yang satu ini selalu, jangan ngebersiin muka kalo tangan masih kotor, harus steril.


Be patient

Oia supaya gga bopeng jangan pencet-pencet jerawat kalian. Sabar ampe ilang tapi kalo jerawatnya kayak nasi, kayaknya gga bakalan ilang kalo gga dipencet :P.


Begitulah duka nya muka yang berjerawat.
Nah itulah pengalaman guw dengan wajah yang berjerawat, Kuncinya sih konsisten dalam memakainya dan jangan menyerah, kalo ada duit lebih sihhh mending kedokter kulit tapi kalo engga yak acara alami gga da salah dicoba kan.



Semoga Membantu yakkk . .

Salam little Monster.





Comment, Sharing or Question, monggo^^. Sekian postingan: Mengurangi/Memberantas Jerawat. Jika mengutip isi tulisan mohon di lampirkan link buleipotan.blogspot.com yah . .







12 comments:

  1. hmm, klo gw sih pulang ngantor ngaso dulu langsung cuci muka pake hadalabo yg face wash nya, terus pas mau tidur pake moisturizer hadalabo juga. hasilnya sih lmayan wajah jdi lebih bersih dan cerah. and bonusnya juga jerawat gw yg kecil2 pada minggat. aneh juga sih, pdahal judulnya whitening tapi bisa bantai jerawat.

    andidjuanda.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus lah, berarti udah ketemu Skincare andalan. Waktu itu nyoba tapu gak sabaran, alhasil gw simpen dirumah degh :P

      Delete
  2. mas saya juga punya masalah nih dengan jerawat nasi , di wajah tepatnya dibagian pipi sebelah kanan banyak banget :'( dan sepertinya juga mulai ada sedikit dibagian pipi sebelah kiri ,,, yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menghilangkan jerawat nasi karena katanyan gk boleh di pegang apalagi dipencet dan apabila dibiarkan sepertinya tidak ada tanda tanda akan hilang , mohon bantuannya dan share pengalamannya ya mas karena saya bingung :( , , terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiksss, emang tulisan daku keliatan maskulin bingit yah dikira mas-mas #serut-tembok.
      iyah bener banget kalo udh jerawat kayak gitu emang serba salah, kalo dipencet jadi bolong, kalo engga malah gak akan perubahan tetap seperti itu (pengalaman).
      jlan paling baik adalah mencegah sih ma, mulai dari makanan, keberishan kulit wajah :).

      kalo mulai berjerawat, harus mulai lebih intesn berishkan mukanya jangan sampai megeras jd jerawat nasi lagi,

      Moga menolong :)

      Delete
    2. Aku ngakak banget ini bacanya disangka mas2 hahahaha.. Bahasanya Bule masih alay gini :)))
      Btw makasih ya sist tipsnya, lagi jerawatan euy huhu dan nemu tulisan ini pas nyari review soal masker putih telor wkwk

      Delete
    3. mungkin karena gw ganteng kali yah, wuakakaka~
      krna alay adalah proses #bule-teguh
      semoga berguna yah tips :))

      Delete
  3. Kayanya tips maskeran pake timun kudu gw coba nih. Selain bahannya affordable, bikinnya juga simple. Thank's yah :)

    ReplyDelete
  4. Gw udh sebulanan rutin pake masker tomat + makan buah tomatnya tp mnrt gw gd perubahan... hiksss

    Cara apa lg ya yg harus gw cb utk hilangin bekas jerawat yg super duper banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas yah?
      coba peeling or scrubbing, masker pemutih wajah dan skincare yang khusus mencerahkan, itu pas buat yang mau ngurangi bekas jerawat :))

      Delete
  5. Gw udh sbulanan rutin pake masker tomat + makan buah tomatnya tp ttp gd perubahan hikss

    Cara apa lg ya yg hrs gw lakuin utk ngilangin bekas jrwt yg super dupet banyaaak

    ReplyDelete
  6. Aku udah stres bgt mikirin jerawat nih. Aku ngak gunta ganti pembersih. Rajin minum air puth. Yg susah itu jaga pola makan. Duh, di sekolah, jajanan gorengan semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw pernah loh bikin keputusan berani dengan puasa makan gorengan, sambal, kacang, cokelat.
      dan hanya makan sayur Bayam sebulan dengan nasi dan lauk yang gak mengadung 4 diatas, hahaha
      berkurang loh waktu sekolah~~~

      Delete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!