[Chit-Chat]: Urutan Perawatan Wajah apa ajah sih?


Urutan+Perawatan+Wajah
Apa saja sih Perawatan Kulit Wajah itu?

Entah  dari mana awal nya pembicaraan kala itu, namun tiba tiba timbul pertanyaan seorang kawan, Dia bertanya dengan raut wajah "agak serius" kira-kira seperti ini:

"Dimulai dari mana seharusnya menggunakan Skincare ?"


Tatapan nya menyiratkan keingitahuan, gw berpikir itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan namun ternyata menjadi susah saat menjawab pertanyaan kawan itu. Saat gw memberikan aba-aba untuk menjawab dengan lengkap, si kawan dengan polos membuka smartphone canggih miliknya dan membuka aplikasi recorder, hanya untuk mendapatkan jawaban yang nantinya bisa dia ulang dan dipahami dengan cara nya sendiri. Kikuk, serta terbata-bata saat menjawab kala itu, well seperti yang kalian tahu, membicarakan skincare topic dengan teman yang sudah mulai menggunakan nya saja kadang masih sulit karena skincare bukan sesuatu yang mudahnya seperti makeup untuk dapat bergonta-ganti, perbedaan karetekristik wajah salah satunya, lalu bagaimana mencoba membicarakan kepada kawan yang ternyata masih "awam" tersebut?

Ok, inilah hal yang menginspirasikan ketikan gw kali ini, gw rasa masih banyak perempuan disana yang bingung mulai dari mana saja perawatan wajah itu, seperti:

  • Apa saja tahapan skincare itu?
  • Skincare apa yang bagus untuk kulit wajah saya?

Setidaknya itulah beberapa pertanyaan yang sering kali di googling teman kepada teman yang dianggapnya "lebih tahu". Melalui tulisan gw kali ini, gw bakalan mengajak kalian juga yang baru saja tertarik dengan "drama" baru dalam merawat kulit wajah ini, ini hanya pembahasan kulit saja, next nya jika sangat tertarik bisa googling kembali di alam Internet raya.

Pertama, pastikan tahu jenis kulit wajah.


mengenali+jenis+kulit+wajah
Kenali dahulu jenis kulit mu

Sudah tahu jenis kulit kalian? Ini hal pertama yang penting untuk dapat memilah jenis skincare apa yang cocok untuk keadaaa kulit wajah. Gw sendiri gampang banget mengetahui jenis wajah gw, jenis yang gw miliki adalah " Wajah berminyak cenderung berjerawat". Namun, dengan perawatan yang benar, kini jerawat bukan lagi masalah untuk gw, dan Makeup bukanlah topeng bagi gw, jadi biasakan lah dimulai dari dasar makeup itu sendiri yakni KULIT WAJAH yang SEHAT. Ada cara mudah untuk mengetahui jenis kalian yang berhasil gw kutip langsung dari sumber di Note Facebook yang menamakan teknik "Tes cermin".

TES CERMIN,CARA SEDERHANA KENALI JENIS KULIT

MENGETAHUI jenis kulit dapat memberikan perawatan tepat bagi kulit Anda. Lakukan tes sederhana ini agar Anda dapat mengenali jenis kulit Anda. Mengenal jenis kulit sendiri adalah hal penting untuk diketahui.

Idealnya untuk menentukan jenis kulit, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Namun, ada cara sederhana untuk menemukan jenis kulit Anda sendiri di rumah. Alatnya pun sederhana, Anda cukup menyediakan sebuah cermin yang seukuran dengan wajah.

Sebelum melakukan tes ini, ada beberapa hal yang harus Anda hindari:
  • Jangan berada di ruangan AC, setidaknya 1,5 jam sebelum melakukan tes. Udara di ruangan AC dapat membuat kulit kering dan mempengaruhi hasil tes.
  • Jangan mencuci wajah satu jam sebelum melakukan tes.
  • Jangan pergi keluar rumah atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari satu setengah jam sebelum melakukan tes.

Berikut ini adalah cara melakukan tes cermin, seperti yang dilansir Boldsky.

Tempelkan wajah Anda dengan menggunakan cermin yang bersih. Pastikan hidung, dahi, dan dagu berada pada satu garis lurus. Setelah itu, tekan pipi pada cermin dengan membalikkan wajah dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Pada dasarnya, Anda harus memastikan setiap bagian dari wajah menempel dengan cermin.

Cara membaca hasil tes
  • Kulit berminyak
Bila terdapat bekas minyak di cermin, pada area T wajah dan pipi, maka wajah Anda berminyak. Ciri-ciri lainnya, pori-pori wajah yang besar dan wajah yang mengkilap.

  • Kulit kering
Bila tidak terdapat bekas minyak di cermin, kecuali bekas bulu pada wajah, maka kulit Anda kering.

  • Kulit kombinasi
Bila bekas minyak hanya terdapat pada area T wajah (hidung dan dahi), maka kulit Anda masuk kategori tipe campuran. Jenis kulit ini merupakan tipe yang paling normal dimiliki banyak orang. Area T pada wajah selalu lebih berminyak daripada bagian lain, karena di sanalah kelenjar minyak terbanyak. Pipi Anda akan kering, sedangkan hidung dan dahi lebih berminyak.

  • Kulit sensitif
Tipe kulit ini sulit dikenali dengan tes cermin. Kulit sensitif bisa jadi berminyak ataupun kering. Untuk itu, tekanlah wajah pada cermin dengan cukup lama. Bila Anda merasakan perih, maka jenis kulit Anda sensitif. Kulit jenis ini tidak cocok dengan sebagian besar kosmetik.

Source :https://www.facebook.com/KesehatanDiMulaiDariDiriSendiri/posts/362612173796014


Gampang yah cara menemukan jenis kulitnya. Sekarang jenis skincare apa nih yang cocok untuk kulit kalian?. Kalian bisa temukan jenis perawatan yang cocok menyesuaikan jenis wajah kalian, begitu banyak informasi nanti akan kalian temukan. Lalu apa gunanya tulisan ini jika ujung-ujung nya gw suruh googling kembali? karena wajah gw berminyak tadi, tidaklah mungkin gw men- suggest kalian untuk menggunakan jenis skincare yang gw pakai, kan?.

Namun informasi yang akan gw berikan adalah tahapan-tahapan atau bahasa gampangnya Urutan Penggunaan Skincare itu seperti apa?. Urutan yang gw pakai akan lebih kepada gaya orang Asia menggunakan skincare ketibang gaya Western karena selain kita orang Asia [pastinya], kita juga lebih familiar dengan rempah-rempah yang terkandung dalam kandungan skincare tsb juga urutan nya yang jauh lebih panjang membuat "Dampak" pada kulit lebih baik. Gak Percaya?? Coba lihat keadaan kulit gw 2.5 tahun yang lalu.
wajah+berjerawat
Bare Face di pertangahan tahun 2013

Inilah gw yang mengalami jerawat, sayang nya ini bukan bagian jerawat "terbaik" yang gw miliki. Ada bagian terbaik di tahun 2008-2009, dimana bagian jerawat gw mempunyai koloni terbanyak saat itu, sampai memanjangkan di daerah sekitar leher. Handphone yang gw miliki saat itu tidak memiliki "alat selfie" lagian mana ada yang mau berphoto dengan jerawatnya dulu. Jerawat sudah menjadi keseharian gw kala itu, mana merajuk untuk ke dokter kulit gak pernah ditanggapi, jadilah gw kebas dengan "guyonan" kawan saat itu. 

Tapi justru disitu gw belajar "survive" sama jerawat karena gw jadi "rajin" belajar dan browsing mengenai keadaan wajah berminyak, pantangan bagi jenis kulit berjerawat, produk yang cocok dan masker masker alami untuk kulit berminyak, gw menjadi lebih paham mengenai skincare dan akhirnya menghambakan diri dengan skincare sampai sekarang, no no Dokter Kulit!, terlepas dari pembicaraan negatif tentang dokter kulit saat itu, gw dengan lapang hati melakoni "proses" TRIAL-ERROR dengan berbagai produk dipasaran kala itu, ya namanya anak kuliah belum bisa "pup" duit, jadi skincare yang gw beli pasti yang terjangkau dulu buat anak sekolah, dan jangan lupa banyak browsing kuncinya.

Hasilnya . . .

 
skincare+routine_effect
Keadaan wajah yang semakin membaik

Dan ini keadaan wajah gw 2016 ini, much better. Setelah melalui perjalanan puluhan jenis skincare yang pernah gw coba, akhirnya gw punya beberapa produk andalan dan kebiasaan yang masih gw lakukan untuk merawat kulit wajah. Sedikit termotivasi??  akhh . . , bagus lah. Karena untuk memulai sesuatu harus di niati, dan paling penting ada GOAL nya.

Perlu diperhatikan yah, gw gak ngomongin skincare andalan gw atau apa saja yang gw pakai, karena Brand yang gw pakai belum tentu cocok dengan kalian. So just sit and relax, dont forget prepare some snack beside you along with your drink, and have a good position to read :))

Untuk Skincare, gw berkiblat ke ASIAN
 
Seperti yang tadi gw bilang, tahapan yang akan gw share ini merajuk kepada penggunaan oleh orang asia, lho?. Mank gaya western berbeda yah?. Iyah berbeda sekali, orang western cenderung lebih singkat dalam rutinitas skincare nya ketibang orang asia. Penelitian gw yang sotoy ini, dikarenakan orang asia itu KAYA akan rempah-rempah sehingga sudah dipergunakan oleh leluhur kita untuk merawat kulit wajah sedari kecil dan tentu warisan turun temurun dan berubah seiring teknologi, makanya orang asia lebih concern perawatan wajah ketibang Makeup.


"TAHAPAN SKINCARE DAILY"

  • Step ke-1 yaitu Cleansing.

Makeup+Remover
berbagai merk Makeup Remover

Cleansing adalah proses pembersihan wajah. Contohnya adalah dengan menggunakan Makeup Remover atau mungkin Cleansing Oil atau Cleansing Milk. Yang disebutkan sama saja fungsinya, sama sama membersihkan Makeup [jika kamu memakai Makeup seharian] atau membersihkan wajah jika kamu seharian beraktifitas seharian diluar. Kegunaannya membersihkan kotoran seperti debu, polusi, makeup agar kulit jauh lebih mudah bersih saat di cuci nantinya.
-Baca lebih lanjut review produk di : Wardah EyeXpert dan Wardah Makeup Remover.


  • Masih Cleanse yaitu Cleansing tahap 2

Facial+Foam,Facial+Wash
berbagai merk sabun cuci muka

Cleansing tahap kedua yaitu mencuci wajah dengan sabun yang bisa digunakan ke wajah seperti facial wash atau facial foam. Ada Kojiesan dan Dove White bar diatas yang bisa digunakan untuk badan dan wajah, jadi pastikan jangan sabun badan untuk wajah yah. Sabun badan cenderung lebih keras jikalau digunakan untuk kulit wajah.

-Baca lebih lanjut review produk di: Kojiesan Skin Lightening Soap | Dove White Bar


  • Step ke-2 yaitu Toning

Toner+untuk+wajah+berminyak
berbagai merk Toner

Toning berfungsi untuk mempersiapkan kulit dengan skincare selanjutnya, apa yang yang dilakukan oleh Toner agar kulit siap? Toner adalah cairan dengan konsistensi hampir seperti air yang membersihkan kulit wajah sampai ke dalam pori-pori dan menghapus kelebihan minyak dipori-pori, menyeimbangkan Ph dan menyegarkan kulit wajah. Orang Korea menyebut Toner dengan nama Toner/Water, sedangkan Jepang dengan nama Lotion [Kalo bingung, seruput lagi teh hangatnya :D).

Toner+dari+SKII+Astalift
berbagai merk Toner versi Jepang

Ini versi jepang nya, jadi orang jepang menyebutkan toner dengan nama Lotion. Sedangkan lotion di anggapan kita adalah cairan yang jauh lebih pekat konsistensinya seperti cream yang cair. Diatas beberapa contohnya, mungkin beberapa sudah hapal dengan brand SKII yah. Jadi kalo mau cari tulisan  toner nya si SKII kalian gak akan ketemu, nah jadi cari yang belakang embel lotion, itulah toner si SKII.

-Baca lebih lanjut review produk di : Hada Labo Gokujyun Lotion


  • Step ke - 3 yaitu Treatment

Treatment+Skincare
berbagai merk Treatment

Treatment adalah bagian dimana si produk memiliki kegunaan lebih yang menjadi "kunci" kecantikan kulit wajah kita. Treatment disini ada si Essence lalu di susul penggunaan Serum dan terakhir adalah ampoule, panjang yah?? itulah skincare :))

Lho kok di gambar gak ditulis Ampoule? karena di indonesia jarang sekali skincare jenis ini, ini lebih populer di Korea, jadi gw hanya membahas yang lebih umum, tapi sebenranya essence juga kurang populer di Indonesia tapi masih lebih sering dipakai daripada Ampoule. Untuk Serum umumnya menggunakan pipet untuk menjaga kebersihan nya dan biasanya berguna untuk melawan garis halus, bekas jerawat dan mencerahkan kulit karena mampu menyerap ke dalam lapisan kulit.

Essence dipakai terlebih dahulu ketibang Serum, karena umumnya konsistensinya masih lebih cair ketibang serum. Apakah wajib pakai kedua-duanya?? jawabannya adalah relatif, karena balik lagi ke personal nya, mau pakai keduanya atau salah satunya saja. Untuk gw si serum nya saja sudah cukup.

-Baca lebih lanjut review produk di : O.S.T Vitamin C Serum


  • Step ke-4 yaitu Moisturizer

Pelembab+wajah,moisturizer
Berbagai jenis Cream

Moisturizer ini artinya pelembab, bahkan kulit berminyak pun butuh pelembab yang tinggal disesuaikan dengan jenis kulit saja. Kegunaan pelembab adalah mengunci kelembaban kulit wajah kita sehingga berasa lebih lembab dan kenyal. Moisturiser disini adalah Emulsion dan Cream, nah pasti penggunaan Cream lebih umum yah ketibang si Emulsion, dan lagi selain sebagai pelembab, cream mempunyai fungsi lain biasanya mencerahakan, memutihkan, mengencangkan kulit wajah.

  • Step ke-5 yaitu Special Treatment

Gel Scar,Lip+Balm,Eye+Cream
berbagai merk Special Treatmnet

Kenapa special? karena biasanya hanya ditotolkan pada bagian yang diperlukan saja di sekitar wajah yang mengalami "Masalah", tidak seperti skincare lain yang penggunaannya di seluruh wajah. Contohnya adalah Eyecream, Acne Spot Cream dan Lipbalm. Untuk Eyecream gw rasa untuk umur 25-an sudah wajib menggunakan benda satu ini karena sudah tidak mungkin lagi ada wanita yang memiliki mata yang tidak berkerut, berkantung mata dan hitam. Tampilan area mata yang berkantung, hitam dan berkerut akan mempengaruhi pendapat orang mengenai umur kita, wanita kan sensi banget kalo "ngomongin umur", so dont let them judge your number.

Sedangkan untuk kalian yang punya bekas jerawat atau flek, nah biasanya ada banyak beredar semacam cream atau gel buat menyembuhkan area tersebut.

-Baca lebih lanjut review produk di :| VitaCreme B12 Lip and Eye Cream


Dah selesai itu doank buat Daily nya, lelah yah bacanya?? atau udah takut mikirin duit nya yang akan keluar??. Tenang saja, all of them value of your money. Nah kalo itu untuk penggunaan tiap hari yang pastinya lebih baik dilakukan tiap malam karena penelitian membuktikan bahwa skincare yang digunakan pada malam hari akan "menyerap" skincare lebih baik dan berakibat memaksimalkan fungsi skincare tersebut. Untuk skincare mingguan juga penting banget jika kamu ingin wajah yang jauh lebih baik lagi.


"TAHAPAN SKINCARE WEEKLY"

  • Masker
Jenis+Jenis+Masker
berbagai jenis Masker

Masker pasti semua wanita pernah menggunakan masker, entah yang alami atau yang praktis, Masker merupakan skincare yang paling digandrungi oleh wanita bahkan lebih sering dipakai daripada daily skincare yang gw bahas diatas, karena selain praktis, Masker sudah menjadi warisan kecantikan turun-temurun dari dulu, ada baiknya menggunakan nya 2-3 kali seminggu atau sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah kalian, gw sendiri salah seorang banci masker lho, dan gw bangga menyebut gw "masker junkie" terutama yang "Organik" dan pernah buat post tersendiri tentang apa itu masker.

Dan membahas Masker Alami untuk kulit berjerawat juga disini

-Baca lebih lanjut review produk di : Redkank Masker | The Bath Box | Ovale Bedak Dingin | Himalaya Neem Mask  | Moist Green Tea  | Timeless Truth  | Homeopathy Sinergistic   | Nature Leaves  | Annie's Way  | KISS Whitening Collagen | Hello Care  |Innisfree Jeju Sudachi | Vivelle | Nuface | Ovale Yam Bean | Mustika Ratu Bengkuang |   |

  • Exfoliator

berbagia+jenis+Peeling+Scrubbing
berbagia jenis Peeling/Scrubbing

Exfoliation/ pengelupasan kulit adalah salah satu tahap perawatan yang penting untuk mendapatkan kulit wajah mulus dan awet muda. Tujuan dari proses pengelupasan sel kulit mati ini adalah memberikan tempat bagi lapisan kulit baru untuk muncul ke permukaan. Exfoliation juga berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan asupan nutrisi ke kulit wajah.

Kenapa sih perlu banget exfoliation wajah? kan udah pakai skincare tiap hari? Iyah bener banget tapi kalo kamu tipikal doyan ber-makeup dan memiliki wajah berminyak, maka gw sangat sarankan melakukan exfoliation biar gak gampang jerawatan. Terus jika kamu sudah menginjak usia di atas 30 tahun dimana proses regenerasi sel kulit secara alami mulai melambat dan perlu mendapat bantuan dari luar. Nah kan, penting kan yak?. Gw pernah membuat pembahasan sendiri mengenai Peeling dan Scrubbing disini

-Baca lebih lanjut review produk di :Inez Peel Of Mask | The Bath Box | Moist ScrubMizone Refresh Time


Udah itu ajah kok Weekly Skincare nya. Nah ada 1 lagi nih, janji kok cuman 1 ajah, jangan tutup browser nya dulu donk . . . ., karena ini wajib banget kalian tahu. Yepp Ini Sunblock yang menjadi Rutinitas Skincare Pagi hari.

  • Sunblock

Sunblock+Sunscreen
berbagia merk Sunblock

Di Amerika sana, kesadaran menggunakan Sunblock atau Sunscreen jauh lebih besar ketibang negara Indonesia padahal negara kita di lewati oleh garis khayal Khatulistiwa, kok bisa? Simple, karena kulit Indonesia di dominasi oleh kulit sawo matang yang memiliki pigmentasi lebih baik daripada mereka yang memiliki kulit putih, ini menguntungkan karena dengan begitu "bahaya" sinar matahari tidak separah yang berkulit fair. Namun dewasa ini, kulit putih sudah menjadi "kewajiban" di negara kita, semakin putih semakin cantik dan memikat, ya kan???

Boleh saja, tidak ada yang melarang untuk "berganti" warna, tapi justru perawatan kulit putih itu jauh lebih sulit, karena noda sedikit saja akan mudah di "cermati" pada mereka yang memiliki kulit putih, apalagi kalo berjerawat, wah kicauan sampai bulan!. Tapi penggunaan Suncreen adalah kewajiban lho!. Cahaya Matahari start jam 10 sudah berbeda, sudah membahayakan sekali apalagi Ultarviolet-A yang mampu menembus jaringan kulit terdalam dan mengakibatkan lebih besarnya serangan kanker kulit atau flek. Bahkan sekarang ada Ultaviolet C yang jauh berbahaya dari UVA dan UVB . Maka cegah efek radiasi nya dengan penggunaan Suncreen 10-15 menit sebelum keluar rumah, dan ulangi penggunaan nya jika berkeringat.

Untuk kulit sawo matang gunakan yang ber SPF 20 sudah cukup, namun jika berkulit putih harus diatas itu dan pastikan ada embel-embel PA ++ nya, ini adalah indikasi "tameng" terhadap UVA, semakin banyak "plus" nya semakin baik. Gw pernah bikin tulisan tersendiri mengenai penting nya penggunaan Skincare/Sunblock sedini mungkin disini.

-Baca lebih lanjut review produk di : Eau Thermale Avene | Marina


Tuh udahan nih post nya, gw yang nulis juga pegel nih, mungkin besok ke tukang pijit dah, hahhaa~~~
Tapi yang penting gw sudah salurkan pengetahuan gw ke kalian, yang gw harap banget kalian termotivasi dan bersemangat untuk melakukan perawatan kulit wajah sedini mungkin, karena wajah mu mengalihkan dunia lain XD XD.

Ok, mari kita rangkum tahapan Skincare yang digunakan pagi maupun malam:

Pagi : 
=> Facial Foam
=> Toner 
=> Sunblock
=> Moisturiser (optional, kulit kering sih wajib)
=> Makeup

Malam:
=> Cleansing Milk/Oil/Makeup Remover (jika menggunakan Makeup) 
=> Facial Wash 
=> Toner 
=> Essence (optional
=> Serum 
=> Ampoule (optional
=> Cream 
=> Cream Mata (Wajib!) 
=> Special Treatment (Optional, kalo wajah berjerawat atau ada flek) 
=> Bobo (Penting!)

=> 2-3 kali lakukan Peeling/Scrubbing dilanjutkan dengan Masker.
 


You Decided guys :))



Good News!
 
Kalau kalian sudah termotivasi dan mau mencari Skincare, main deh ke www.sociolla.com, itu Online Shop yang menjual berbagai brand kecantikan mulai dari Makeup dan Skincare juga, terus biar BELANJA nya HEMAT kalian pakai aja Code Voucher RIFKA50 nanti di potong 50.000 setiap pembelanjaan 200.000 Lho!. Lumayan kan yah XD, yukk serbuuu!!!

Sekian deh tulisan gw kali ini, semoga membantu yah. Kalian bisa browing mengenai produk-produk yang ingin kalian coba dan tentu perlu gw bilang kalo nanti gagal jangan patah semangat yah, karena mencari Skincare itu seperti mencari Soulmate, serius ini gw . . . . \
bye byeee~~~~



Tulisan ini bersifat OPINI, PENDAPAT, PENGALAMAN PRIBADI, Bisa/Tidaknya dijadikan REFERENSI tergantung PENILAIAN INDIVIDU masing-masing, Bijaklah dalam menilai sesuatu. Postingan: "-[Chit-Chat]: Urutan Perawatan Wajah apa ajah sih?- " adalah MILIK BULEIPOTAN.COM. Hindari tindakan Plagiarism!. Jika MENGUTIP  TULISAN/GAMBAR MOHON DILAMPIRKAN BULEIPOTAN.COM (´▽`)-c<‾_‾).


69 comments:

  1. Nice post... tapi emang loh, skincare routine yang berlayer itu hasilnya kelihatan beda di wajah.. aku baru belakangan ini skincare routine nya pakai yang berlayer itu.. sebelumnya cuma yang simple ala western itu. kulitku acne scars nya parah dan pori2 nya gede banget, tekstur kulitnya juga gak rata.. sekarang sudah agak mendingan setelah skincare routinenya ganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Rani :D . .
      nah, tulisan motivasi lagi nih, emang capek mba kalo berlayer tapi hasilnya Worthed banget yah :)),
      mekapan jadi simple banget mba.
      yessss, makasih mba udah sharing. hihihi

      Delete
  2. WAW! postingan step by step skin care nya lengkap euy!
    sama,aku juga lebih suka gaya Asia buat skin care krn, lagi2, kulitku juga sama berminyak & demen jerawatan. makanya harus ekstra dlm perawatannya yaa.
    di poto bare face keliatan kalau prjuangan buat bikin kulit tambah cantik udah berhasil ya kak. pingin juga bsa kyak gitu, tp ak masih brmasalah buat ngilangin bekas jerawat yg merah2, huhuu. lbh susah dr ngilangin jerawatnya. ada rekomendasi produk yg bagus kah buat bekas jerawat?
    thank you.
    saycintya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp, biar gak stengah2x info nya :))
      Betul, harus ekstra kan hasilnya kita2x juga yang nikmati nanti.
      iyah, buat gw sih udah berhasil tinggal usaha makin kinclongin nya ajah #kibas duit XD

      itu makanya kenapa diriku suka Masker dan peeling karena AMPUH buat bekas jerawat, cobak deh

      Delete
  3. lengkap nih! makasih sharingnya kakak dan salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. Waa.. Bermanfaat bangeett.. Aku juga masih bingung tahapan2nya dan untuk apa, haha. Thanks yaa sharingnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai isti :))
      sama-sama deehhh, senang bisa berguna juga buat dirimu . . .

      Delete
  5. Gue kok malah fokus ke foto2 produknya ya liat glam glow,astalift mata gue ber binar binar haha step skincare kita sama toss !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah ~~~~
      di gw si glam glow yang Item itu Puanas parah . . . .
      Sippp . . Tos (tos pake foundi este XD )

      Delete
  6. waah urutannya bnyak jg ternyatah, saya nih suka sembrono :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo udah tahu yuk mulai di cicil skincare nya :))
      biar makin kinclong kulit nya . . .

      Delete
  7. Saya paling cuma pakai dua macam aja untuk perawatan, pembersih muka sama cream pagi dan malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, mama juga kayak gini juga stepnya, tapi masker nya kuat banget .
      alhasil masih bersih kulitnya cuman jadinya kerutan nya gak brkurang karena konsentrasi di pemutih ajah.

      Delete
  8. Lagi mau mulai tapi udah lupa lagiii hihii, ini postingan lengkap bgt mbaaa.. Trims yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ayok semangat layer-in skincarenya, hahahahaha
      sami-samin :))

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Hai kaka.. Akhirnya keluar juga postingannya.. Hhi tteh gelisnya.. Membantu banget buat yg masih awam untuk skincarenya.. Apalagi buat aku.. Udah harus ready nih .. Mudah"an cocoksss.. Aku masih penasaran dong ka sma bb cream + bedak yang kaka pake apa ya?? Thank's ya teteh kalo ada di bandung udah di susul ke bekasi da biar enak kalo di TKP.. πŸ˜πŸ˜ŠπŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, fyuuuuhhh ngetiknya XD

      Iyah sam sama riri, moga semangat dan giat nemplokin skincare nya yg panjang ini yah,hhahaa

      Bb cream, gw gonta ganti de, tp so far yang lokal cocok ama Emina, Marina
      Kalo yang luar pake thefaceshop.

      Untuk bedak, gw rekomen wardah, itu lebih halus dan lumyan awet.

      Hahhaa, yaudah pindah sini donk XD

      Delete
  11. Semangka.. Nah malesnya sama repotnya itu yang jadi musuh dalam selimut hhi.. Aamiin mudah"an bisa kaya kaka ya.. Lagi ngerekap mana yg pertama harus di beli ini jadi bingung semuanya bgus ..Ngeeengg ngeeengg ngubeek watsons.. Pokoknya ka rifka so thankyou so much 😊😍😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin, toh buat investasi nanti juga :))
      pelan pelan ajah dek, jangan langsung komplit, lagian kan belom cocok juga kan yah.

      sama-sama :D #hugsss

      Delete
  12. Rif, kalau dari artikel2 yang aku baca, skin care Asian banyak itu karena pengaruh Korea. Di sana budaya merawat kulit lebih tinggi ketimbang negara lain bahkan masih di Asia sendiri. Makanya orang Korea mukanya bagus2, terlepas dari oplas dan cosmetic procedure lainnya yaa ^^

    Kalau di western, budayanya emang nggak ada karena di sana semua-mua serba cepat dan praktis. Ini aja kan mereka masih baru mulai apply cara Korean atau Asian ke skin care line beberapa brand western. Cuma ya nggak langsung bisa diterima karena stepnya banyak dan western kurang suka yang nggak praktis. Just like meh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya di bagian treatment yang ada ampule ama essencenya gw tulis dari Korea, karena hanya ada disana ajah.

      Beberapa sumber yang gw baca ada Jepang juga, terus pas tahun kemaren gw Workshop Atalift, nah rentetan skincare mereka juga panjang nind, ampe capek gw liat nya. Makanya gw tulis Asian ajah deh biar adil #Lho~~ XD

      Bisaa jadi yah, orang bulek sana emang males dalam arti apa yang FAST yang laku, tapi trnya gegara pengaruh Korean, skincare panjang ulala bisa masuk (kebutkti dengan mereka beli skincare alal alal sana)

      AYo nindy, pake rentetan panjang ini XD XD

      Delete
  13. Lengkaaap!! makasih lo mba aku nya dapet sesuatu yang baru #plaaak ya kalo perawatan wajah mah kudu konsisten huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin deh klo nambah ilmu perskinkeraaan nya :)).
      Iyah kudu mesti wajib konsisten, yuuuukkkk

      Delete
  14. Hai rifka..
    Ini aku rima dari grup Sociolla di Line.. ^^

    Folback ya :)
    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  15. kalo andalan gue yang penting kudu bersihin muka tiap pagi dan malam. Kalo pake serum/moisturizer sebelum bobo, suka lupa hahaha. abisan seneng membiarkan kulit lebih bernafas gitu *duilee... anyway, postingannya oke nih. jadi self reminder buat tahapan perawatan :)

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, yang paling penting tahap pembersihan nya mba.
      kadang kalo kecapean gw juga suka skip beberpa step treatment bahkan cuman ampe toning dah tidur.
      Iyah, tapi sebenarnya sih muka lagi dikasih makan itu mba, kalo bernafas lebih kepada OFF penggunaa Makeup.

      bgicyuu lahh, sippp..
      jangan bosan main yah XD

      Delete
  16. Makasii kakak sharingnya..
    .membantu banget kak..

    ReplyDelete
  17. Ka rifkaaa... Aku engga pernah bosen deh baca post kaka..
    Ka sekarang aku galau kemarin udah fixs sma yang kaka slalu post.. Tapi sekarang galau antara KEIHL's atau TBS hiks".. Di serum juga bingung antara keihl's atau ost.. Bagusnya yang mana ya ka ya duh .. Lalu aku mau tanya lagi untuk cuci muka sama krim siang malamnya kaka pake apa.. Kasihh tau yyaaa 😊😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiksss, gw terharu baca komen nya disini :')
      Makasih yah dah support by baca trus, hahaaayyy
      Kalo serum, aku rekomen OST soalnya Khiels kan belum pernah nyoba gimana efeknya di wajah, kalo OST emang kebukti bagus.

      Cuci muka, gw pkai sabun batangan dove atau Kojiesan ajah, hhhee
      kalo Krim, gw suka gonta-ganti de, tapi terkahir gw loyal 3 kali berturut-turut beli Skin Lab Vitamin C . Intinya kalo SKincare, masih loyak ke Korean deh :))

      Delete
  18. Hhiii kan tekstur kulit kaka sama.. Jadi pasti bakalan ikutin trus biar cantik kaya kaka.. Hoho makasiih teteh gelisnya.. Buat semuanya.. 😊😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp walo berminyak bisa beda lho hasilnya,
      cuman semoga lebih baik dan cocok yah setlah rutin penggunaan.
      Hahaha, duhhh terbang dah di panggil geulis :))

      Delete
  19. Mudah"han hasilnya sama kaya kaka Aamiin.. Berharap bangett.. Hhi emang geulis teteh.. Pokoknya mah fans lah ya.. 😹😻

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin . . . amin . . ., moga lebih baik yah.
      Jangan putus asa kalo gagal, coba terus :))
      ahahahaha, maksih yahhh #maluuu-tersipuhhh :')

      Delete
  20. Ka rifka.. Kasians banget ya ngubek watsons kebanyakan produknya tulisan jpg ama korea.. Kan ora mudeng.. Trus udah gttu brandnya juga gak pernah liat.. Nginget namanya aja susah.. Kasian banget aku yang di carinya gak ada πŸ˜ΏπŸ˜” hiks hiks.. Saran dong ka untuk untuk yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan nya udah dikasih label indonesia yah?
      biasanya sih gitu dek, krna itu kn import.
      Hahhahaa ..

      kebanyakn yang gw pakai itu beli di Onlen Shop, di toko kayak gitu jarang ada dan cenderung agak mihil. Kamu mau cari apa emang nya?. coba nanti dibantu rekomend shop atau alternatif produk :))

      Delete
  21. Yang kaka saranin label indo udah ka.. Nanti biar skalian krim ksini he.. Niatnya sih tadi nyari si OST, etude , TBS siapa atau ada .. Eh gak ada.. Trus cuma ada bioderma.. Avene .vichy, dr.whu, dr.morita, sofina, misha, kate, neutrogena, kassui gttu dan yg lainnya lupa..kalo beli online disini ribet karna gak punya kartu hiks hiks.. Liat masker buat mata disini bnyak bnget produknya.. Jadi inget ka rifka deh hhi

    ReplyDelete
  22. Yang kaka saranin label indo udah ka.. Nanti biar skalian krim ksini he.. Niatnya sih tadi nyari si OST, etude , TBS siapa atau ada .. Eh gak ada.. Trus cuma ada bioderma.. Avene .vichy, dr.whu, dr.morita, sofina, misha, kate, neutrogena, kassui gttu dan yg lainnya lupa..kalo beli online disini ribet karna gak punya kartu hiks hiks.. Liat masker buat mata disini bnyak bnget produknya.. Jadi inget ka rifka deh hhi.. Boleh bget ka tuh alternatif yg lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee, klo OST,Etude.emang masih Onlen kebanyaka, Tbs udah punua toko sendiri biasanya, coba deh cek toko terdekat daerah kamu.
      Oh belom punya yah, heheh, struggle banget deh emang itu.
      Kalo kamu mau bisa nyoba kojiesan, hada labo, loreal gitu, krna gampang dicari, tp jujur itu aku gak rekomen krna belom coba dan si cream kojiesan gak cocok sama gw.

      Kamu msh mahasiswa yah? Boleh coba garnier atau ponds, acnes dll yg ada di supermarket, dlu gw pake itu wktu mahasiswa dan so far cocok.

      Delete
  23. Ka rifka.. aku balik lagi ceritanya baru pnya modal haha..
    aku udah cari si etude house yang malgem smoothernya.. tapi kenapa pda gk ada ya.. adany yang edisi kit.. kaka dlu beli dmn minta linknya hhe.. untuk serum OST yang di anjurkan C20 apa yang C21,5 nya ka.. Hayati pusiing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, punya modal XD
      iyah nih malgem dirikua udah habis, carinya di tokopedia de, banyak kok yang jual. Cuman pematauan kemaren, harganya mahal bgt [160 an0, OS yang biasa jual belom ada (130an).

      jadi masih nunggu dia restok, tapi belum nanya juga kapan restok #lagibokek, kalau mau alternatif, bisa coba toner yang lain lho, kayak Nivea gitu.

      Nah, gw pakai yang c20 dulu, gak tahu yang c21.5 gimana, tapi gw ajah udah bagus kok yang C20, hehehe

      Delete
  24. Oh iya ka OST C20 sma REd Serum.. bedanya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dek, dari kandungan nya ajah udah beda.
      C20 konsentrasi vit.c kan yah, jadi lebih kepada mencerahkan, tapi buat jerawat juga Ok.
      si RED Serum lebih kepada bikin moist dan tekstur wajah.

      Delete
  25. Ka aku nemu tuh si etude.. tapi harus PO 2-3 minggu.. harganya 155..
    Maksud ka rifka yang 130rb itu OST C20 .. aiih kenapa mereka bilang OST C20 harganya 270 ka ke aku..mahal bener..
    Nah untuk si skinlab yg edisi vitamin itu buat siang hari apa mlm hari ka..
    Saran dong ka buat scrubing atau pelling selain di gambar ada gak ? Hhe aku nanya udh kaya wartawan aja yya.. maafkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mahal sih itu dek apalagi itu PO yah.
      gw biasanya beli Malgem yang Ready ada 130an de di Toped, tapi samhow sekrang langka, hikssss :(.
      sekarang sambil nunggu pake toner apa ajah dlu, kayak yang dari Nivea tuh, okeh juga.

      Hehehe, OST emang segitu de harganya.
      Kalo gw skinlab pake malam ajah biar irit, bisa 2 bulan lebih lho kalo pake malam ajah.

      Peeling mundisari atau kerang dari mustika ratu ada tuh dek, mayan deh, tapi bentuk nya bubuk :)

      Delete
  26. Mba rifkaa,
    diriku ingin bertanya kepada dirimu, masih suka pake OST serum C20-nya sampe sekarang ya? Boleh rekomen ndak, belinya di mana? Di postingan yang dulu saat pertama kali coba kan preloved, dirimu restocknya beli di mana kah?
    lagi ngubek2 online shop nih aku, tp kicer juga nyari yang mana yg terpercaya..
    Mohon pencerahannya ya kakak *u*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah engga mba, sudah pindah hati ke RED SERUM dari skinlab.
      belinya waktu itu di RUIE.co cuman udah gak available lagi web nya.
      coba deh beli di elevenia, soalnya aku beli RED SERUM ku disana, kali ajah ada atau di Hellsora, terecaya kok :)

      Delete
    2. sippp.
      sedang meluncur ke TKPeh. trimakasii siis o(^∀^*)o

      Delete
  27. Halo kak rifka, infonya jelas banget. Aku baru tau walaupun pakenya cleanser, bukan cleansing milk harus tetep pake toner hehe. Trus mau tanya kak,kalo pake bb cream yang udah ada spfnya apa masih perlu pake sunblock sebelumnya? Makasiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika masih pakai cleansing milk juga gpp, mungkin kalau kulit kering bakalan bikin moist, atau kalau make up nya berat bakalan lebih afdol pakai milk cleanser.
      Dulu aku pakainya begtu juga, cuman lama-lama gak praktis. hehehee

      kalo sudah ada sepertinya gak perlu, cuman kalo aku kebiasaan pakai apalagi kalo mtaharinya terik banget.

      Delete
  28. Hai mba, mau tanya, itu skinlife facial foamnya di mba ngaruh banyak ga ya? Kebetulan masalahku tinggal acne scars, jerawat kadang ada waktu pms aja. Kalo pake skinlife ngaruh ga ya ke acne scars nya? Thank you mba^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. So far untuknke acne scar gak begitu, paling yg nyata itu seperti hasil di kulit bersih namun tetap lembab. Wangi nya pun enak.

      Kalo mau ngurangin acne scar, kamu rajin Peeling ajah seminggu sekali..

      Delete
  29. Yaampun... ini adalah postingan yang selama ini ku cari *menangis haru*
    Makasih banyak ya ka Bule :D

    -yang baru belajar skincare

    N.B. : ka buat post tentang makeup simple untuk pemula dong hehehe makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, jodoh nya berarti di mari yah XD
      Sama sama Naomi.

      Wah keknya udh prnah buat deh, tp judul nya mekap buat anak.kuliahan

      Delete
  30. Kalo memakai skincare di pagi hari terus pakai makeup. Setelah pakai moisturiser boleh pakai primer gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, sesuaikan saja dengan kebutuhan :))

      Delete
  31. kalo siang urutannya gimana aja ka? apa cuman cuci muka doang?

    ReplyDelete
  32. kalo siang urutannya gimana aja ,kak? apa cuman cuci muka doang? :)

    ReplyDelete
  33. Salam kenal mbak Rifka, aku akhir2 ini lg searching ttg skincare yg benar, dan dari semua yg uda aku baca itu punya mbak lho yg paling bisa bikin aku paham, makasih banget..
    Tapi ada bbrp hal yg pgn aku tanyakan nih mbak.
    1. Peeling dan scrubbing itu dipake dua2nya (berurutan) atau pilih salah satu?
    2. Klo pas jdwalnya skincare mingguan itu enaknya wkt nya kpn mbak, pas malam mau istirahat digabungin sama skincare rutin malam, misal habis masker lgsg dilanjut ke cleansing dst? atau sore hari trus hbs masker lgsg biarin aja wajahnya? atau gmn?
    3. Trus klo untuk mslh kulit kering apa jg perlu treatment yg: essence, serum, ampuole?
    4. Eye cream sama eye mask bedanya apa? Dua2nya dipake? Klo eye cream yg setiap hari nya dan eye mask tiap minggunya, begitukah?
    Kayaknya msh ada sih prtnyaan yg td trlintas tp blm ketulis, tp keburu lupa haha.. yauda itu aja dulu deh mbak, mohon pencerahannya yaaah ^^

    ReplyDelete
  34. Salam kenal mbak Rifka, aku akhir2 ini lg searching ttg skincare yg benar, dan dari semua yg uda aku baca itu punya mbak lho yg paling bisa bikin aku paham, makasih banget..
    Tapi ada bbrp hal yg pgn aku tanyakan nih mbak.
    1. Peeling dan scrubbing itu dipake dua2nya (berurutan) atau pilih salah satu?
    2. Klo pas jdwalnya skincare mingguan itu enaknya wkt nya kpn mbak, pas malam mau istirahat digabungin sama skincare rutin malam, misal habis masker lgsg dilanjut ke cleansing dst? atau sore hari trus hbs masker lgsg biarin aja wajahnya? atau gmn?
    3. Trus klo untuk mslh kulit kering apa jg perlu treatment yg: essence, serum, ampuole?
    4. Eye cream sama eye mask bedanya apa? Dua2nya dipake? Klo eye cream yg setiap hari nya dan eye mask tiap minggunya, begitukah?
    Kayaknya msh ada sih prtnyaan yg td trlintas tp blm ketulis, tp keburu lupa haha.. yauda itu aja dulu deh mbak, mohon pencerahannya yaaah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Nelly,
      wah senang bisa bermanfaat tulisan nya, hohohoo
      Diriku bantu jawab sesuai pengalaman ku yah mba:

      1. Sesuai kebutuhan mba, soalnya kalau scrubbing kan seperti peeling, yang membantu pengelupasan, bedanya kenapa disebut scrubbing karena ada butiran kasar. Untuk scrubbing harus lebih jarang, untuk facial foam yang ada scrub pun harus jarang dipakai.

      Apa harus keduanya? tidak perlu mba. Pilih salah satu saja, atau pakai nya gonta-ganti juga boleh, Maksimal 3-4 kali saja seminggu.
      Kalau jadwal mba peeling senin, rabu, jumat, minggu maka
      Peeling senin dan Jumat; Scrubbing Rabu Minggu.

      2. Kalau saya bisanya pagi/siang mba, karna kalau malam jadi kepanjangan jika ditiban ritual skincare malam hari. Jadi abis ritual mingguan di siang hari, wajah saya di biarin ajah bernapas. Nah baru pas malam deh saya kasih ritual skincare harian :)

      3. Justru yang kering yang lebih butuh ketibang yang berminyak mba, jadi saran saya wajib pakai, tapi karna terlalu banyak, bisa coba serum dulu saja, karena ini paling ampuh dan banyak dipasaran. Kalau mau bagus lagi boleh tambahkan essence dan ampoule setelah kulit cocok dengan serum.
      4. Betul mba, Mata itu yang paling susah dirawat dan hasilya paling lama muncul, jadi eye cream barang wajib. dan Eye mask optional, kalau mba budget nya ada, silakan di rutinkan penggunaan eye mask nya 2-3 perminggu. hehehe

      Semoga membantu yah mba :))

      Delete
  35. Post nya membantu banget kak seneng akhirnya nemu ginian :)
    mau tanya kak, kalau aloe vera gel dipake nya urutan mana ya kak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aloe vera gel diriku belum pernah pake. itu bukan masker kah ?

      Delete
  36. wahhh, artikelnya bermanfaat banget mbak. pas yang aku cari. Habis kena jerawat yang lumayan bikin frustasi, kayt dokter karena stres mau nikah.
    bisa di coba perawatannya, apalagi saya yang tak pandai bermake up

    ReplyDelete
  37. Akhirnya nemu yang lengkap, ive been searching everywhere! hahaha kak tanya dong, aku ada krim hay*ana gold cocoo nah itu dipakai setelah serum kan? tapi aku juga ada sunscreen dan foundation, urutan yang benar pakai apa dulu ya kalau boleh tau? thank you before :)

    ReplyDelete

Centang Kolom Notify Me, Kamu akan mengetahui Komen Balasan Bule.
Komen Jangan Spamming dan Taruh Link Jualan.
That's The Rules!